Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.177
-0.35%
Rp15.585
-0.07%
Rp17.898
-0.54%
Rp131
-0.24%
Rp9.560
-0.16%
Rp3.780
-0.34%
Rp2.002
-0.13%
Rp10.337
-0.17%
Rp10.713
-0.31%
Rp14.192
-0.06%
Rp8.875
+0.01%

Cara Berhemat dan Menabung yang Tepat

0 147

Salah satu alasan utama seseorang membuat anggaran keuangan pribadi adalah untuk membangun keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran. Alasan lain yang tak kalah penting adalah untuk menghemat uang. Berikut cara berhemat dan menabung yang tepat sesuai anggaran.

Alasan tersebut yang memungkinkan bagi Anda untuk membangun persiapan terhadap anggaran keuangan Anda. Hal ini juga membuka jalan bagi Anda untuk mulai berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik.

Lalu, bagaimana cara berhemat dan menabung dengan jumlah yang tepat untuk anggaran?

Setidaknya, beberapa langkah cara berhemat dan menabung dengan tepat ini bisa Anda lakukan.

Langkah 1: Buat Anggaran

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menuliskan semua penghasilan bulanan Anda yang stabil dan juga semua pengeluaran. Ini mulai dari pembayaran bulanan cicilan rumah hingga seberapa banyak Anda belanja kebutuhan sehari-hari.

Akan jauh lebih baik jika Anda mencatat untuk beberapa bulan, minimal masukkan tiga bulan terakhir. Enam bulan atau setahun penuh bisa memberikan wawasan keuangan lebih baik lagi.

Ide dasar dari langkah ini adalah melakukan penilaian realistis terhadap pendapatan dan pengeluaran sebagaimana adanya. Jangan khawatir jika angkanya jelek atau tidak nyaman. Satu-satunya tujuan dari langkah ini adalah membuat baseline. Ini hanya titik awal untuk membangun anggaran Anda.

Membuat anggaran bisa menjadi sulit dan merepotkan, tetapi ada aplikasi anggaran keuangan yang dapat membantu Anda melakukan hal ini dalam hitungan menit. Dengan menghubungkan akun pengeluaran dan pendapatan Anda ke aplikasi, analisis dapat dilakukan untuk Anda.

Langkah 2: Analisis Belanja Anda

Langkah selanjutnya untuk cara berhemat dan menabung yang tepat adalah dengan meringkas pola pengeluaran Anda. Bisa dilakukan dengan cara manual atau menggunakan aplikasi. Buat kategori pengeluaran seperti pembayaran cicilan rumah, tagihan mobil, utilitas, hiburan, dan belanja bulanan.

Mengatur pengeluaran Anda ke dalam kategori-kategori memiliki dua tujuan penting:

  • Anda melihat dengan tepat ke mana perginya uang tersebut setiap bulannya.
  • Ini dapat memungkinkan bagi Anda untuk melakukan penyesuaian.

Setelah mengetahui berapa pengeluaran bulanan dalam setiap kategori pengeluaran, kelompokkan pengeluaran Anda ke dalam tiga kategori:

  • Biaya tetap yang diperlukan. Ini termasuk biaya hidup dasar, seperti sewa, asuransi kesehatan, dan pembayaran utang.
  • Biaya variabel yang diperlukan. Ini adalah barang yang Anda butuhkan, tetapi bervariasi jumlahnya. Ini termasuk bahan makanan, bensin, dan beberapa utilitas.
  • Biaya opsional. Kategori luas ini mencakup semua hal lain dan diinginkan, tetapi tidak terlalu dibutuhkan. Hiburan dan makan di luar adalah dua contoh utama.

Tidak banyak yang bisa dilakukan tentang biaya tetap yang diperlukan. Tetapi Anda dapat melalukan penyesuaian untuk mengurangi biaya variabel yang diperlukan secara bertahap. Misalnya, Anda dapat menetapkan sasaran untuk memotong tagihan belanjaan Anda hingga 20 persen, dan utilitas Anda sebesar 10 persen.

Agar bisa berhemat dan menabung yaitu dengan cara menyesuaikan biaya opsional. Karena ini sifatnya memang opsional, Anda benar-benar dapat memotongnya menjadi nol, tanpa merusak standar hidup Anda yang mendasar.

Anda tidak perlu memotong pengeluaran dalam kategori ini sebesar 100 persen. Tetapi, pengurangan 50 persen akan membebaskan sejumlah besar uang untuk dapat berhemat dan menabung dengan cara terbaik.

Tujuan utama pengkategorian dan analisis pengeluaran adalah untuk mengidentifikasi area-area yang dapat dikurangi demi penghematan.

Langkah 3: Tetapkan Sasaran Menabung

Tetapkan jumlah target untuk penghematan. Misalnya, Anda mungkin ingin memiliki biaya hidup tiga bulan ke depan yang dimasukkan dalam dana darurat. Jika Anda membutuhkan 5 juta per bulan untuk menutupi pengeluaran, Anda perlu 15 juta untuk mengisi dana tersebut. Itu adalah tujuan penghematan / menabung –– Anda dapat menetapkan yang lain nanti.

Lalu, buatlah rencana yang wajar untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya, Anda dapat memutuskan akan menghemat sejumlah uang rata setiap bulannya. Jika Anda menghemat 500 ribu per bulan dalam anggaran, Anda akan mencapai target tabungan dalam 30 bulan.

Metode alternatif adalah menggunakan persentase dari penghasilan Anda. Jika penghasilan bersih Anda adalah 3 juta per bulan, dan Anda menghemat 10 persen (300 ribu), Anda akan mencapai target dalam 50 bulan.

Langkah 4: Ketahui Kapan Anda Terlalu Keras Mencapai Target

Anda mungkin menetapkan tujuan tinggi di awal, dengan gagasan untuk mengganti waktu yang hilang. Ini mungkin bukan ide yang bagus. Jika Anda belum menghemat hingga saat ini, itu akan memakan waktu sebelum muncul secara alami.

Hal terbaik adalah mulai dengan tujuan tabungan yang bisa dilakukan. Misalnya, jika menyimpan 10 persen dari penghasilan cukup mudah, lakukan hal tersebut. Anda dapat meningkatkannya dari waktu ke waktu, seiring peningkatan penghasilan dan Anda menjadi lebih baik dalam memotong pengeluaran.

Dalam keadaan ideal, anggaran Anda merupakan komitmen seumur hidup. Yang tidak sempurna akan bekerja lebih baik daripada yang sempurna yang memaksa Anda menyerah lebih awal.

Langkah 5: Mengetahui Saat Anda Tidak Cukup Keras Mencapainya

Salah satu masalah yang melekat dalam menetapkan tujuan keuangan adalah kebutuhan untuk melihat hasil. Pada Langkah 4, disarankan untuk memulai dengan menghemat 10 persen dari penghasilan atau sejumlah angka lain yang sesuai kondisi keuangan Anda. Tak perlu khawatir ketika Anda baru memulai, tetapi itu harus meningkat seiring Anda berjalan. Jika tidak, rencana penghematan Anda bisa tergelincir.

Misalnya, jika Anda menetapkan sasaran 20 juta dalam dana darurat, menggunakan 10 persen dari penghasilan dan satu tahun kemudian hanya memiliki 10 juta, Anda dapat memutuskan bahwa strategi penganggaran / tabungan tidak berfungsi.

Begitu banyak penganggaran dan tabungan bersifat psikologis. Penganggaran seperti sedang menjalani diet, dan akan lebih mudah untuk melanjutkan jika Anda menunjukkan kemajuan yang stabil.

Jika Anda tidak puas dengan kemajuan yang dibuat sejauh ini, Anda mungkin harus meningkatkan usaha. Itu adalah bagian dari konsistensi melakukan penghematan.

Penganggaran dan tabungan adalah tentang menyesuaikan diri secara psikologis seperti halnya mengendalikan uang. Menemukan keseimbangan yang tepat antara hasil dan tingkat kenyamanan merupakan inti dari keseluruhan proses.

Mulailah dari yang kecil, tingkatkan tabungan secara bertahap dan Anda akan menemukan keseimbangan itu. Setelah melakukannya, penganggaran dan tabungan akan mulai datang secara alami, dan Anda akan mulai memetik hasil dari kondisi keuangan yang membaik.

Loading...
Sumber www.thebalance.com