Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.223
-0%
Rp15.780
+0.01%
Rp17.282
-0.01%
Rp134
-0%
Rp9.643
0%
Rp3.792
-0.01%
Rp2.019
0%
Rp10.273
-0%
Rp10.714
-0%
Rp14.538
0%
Rp9.144
0%

Ingin Investasi Emas Perhiasan? Ini Tipsnya!

0 176

Anda ingin membeli emas perhiasan? Maka, pertimbangkan dengan baik sebelum membelinya, apakah ingin membeli emas perhiasan dengan tujuan untuk investasi atau sekedar sebagai hiasan. Ini beberapa tips investasi emas perhiasan.

Jika ingin digunakan untuk perhiasan sehari-hari, maka emas perhiasan tak perlu memerlukan tips tertentu. Tetapi, jika ingin digunakan sebagai bentuk investasi, maka diperlukan perhatian khusus dalam mengelolanya.

Investasi emas perhiasan menjadi salah satu pilihan yang mudah bagi para ibu rumah tangga, yang ingin hendak berinvestasi tetapi tak terlalu paham bentuk investasi lainnya.

Jika ingin investasi emas perhiasan, salah satu yang perlu diperhatikan dengan baik adalah belilah perhiasan emas dalam kondisi polosan atau tidak menggunakan permata.

Mengapa memilih yang polosan?

Alasannya adalah ketika Anda membeli perhiasan emas permata, maka jika permata tersebut ada goresan, rusak, harganya akan turun dari harga pasar.

Sedangkan, jika Anda membeli perhiasan emas polosan, maka asalkan Anda memiliki kuitansi atau sertifikat pembelian, hampir sebagian besar toko emas akan membelinya kembali dengan harga sesuai pasaran.

Tentu saja, jika tujuan Anda murni untuk investasi, maka akan jauh lebih baik dengan membeli emas batangan daripada emas perhiasan. Karena biaya jual yang jauh lebih rendah dibandingan emas perhiasan.

Tetapi, karena Anda ingin kemudahan dalam berinvestasi, emas perhiasan juga bisa menjadi opsi yang bagus.

Apakah nota pembelian dalam pembelian emas perhiasan itu penting? Jawabnya Ya jika tujuan Anda membeli emas perhiasan untuk investasi dan dijual kembali di masa depan.

Tips investasi emas perhiasan
Tips investasi emas perhiasan

Kenapa butuh nota pembelian? Karena tak semua penjual toko emas memiliki keahlian mumpuni dalam menentukan kadar emas. Biasanya, hanya bisa menentukan emas asli atau bukan. Untuk menentukan kadarnya, dibutuhkan teknologi.

Jadi, nota pembelian sangat penting, karena di nota tersebut tertera kadar emas perhiasan Anda. Pembeli dan penjual sama-sama tidak rugi. Akan jauh lebih baik, jika Anda menjualnya kembali ke toko emas tempat dulu membelinya.

Selain itu, ada beberapa tips berikut ini yang perlu dipertimbangkan dalam investasi emas perhiasan.

  1. Sebelum melakukan investasi emas perhiasan, pertimbangkan dengan baik anggaran investasi Anda. Gunakan khusus anggaran investasi, bukan uang dapur.
  2. Cek terlebih dahulu harga emas setiap harinya. Belilah emas ketika harga sedang rendah dan jual kembali ketika harga sudah merangkak naik.
  3. Jika ingin membeli emas perhiasan, belilah perhiasan yang sudah benar-benar bersih. Dalam artian, terkadang ada toko emas yang menjual emas yang masih berpori (berwarna hijau). Ini tandanya emas tersebut belum dicuci dengan benar, masih ada sisa obat. Jika dipakai di kulit, akan terjadi alergi.
  4. Terkhusus bagi Anda yang ingin membeli emas perhiasan yang ada permatanya, mohon dijaga dengan baik permata jangan sampai tergores atau cuil. Karena, jika hal itu terjadi, pada saat menjualnya harga akan lebih rendah dari harga pasar.
  5. Untuk Anda yang membeli emas berupa kalung atau gelang, belilah yang menggunakan kunci buatan mesin, yaitu seperti huruf “S”. Kalau buatan tangan manusia, bentuk kunci biasanya ditekan-tekan dan sering rusak.
  6. Jika ingin berinvestasi dalam waktu lama, simpan emas perhiasan tersebut dengan baik.

Itulah beberapa tips yang perlu dipertimbangkan saat Anda ingin investasi emas perhiasan. Ada tips lainnya yang bermanfaat? Berbagi yuk disini.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.