Jangan Terburu-buru Berinvestasi, Pahami Tips Investasi untuk Pemula ini

0 173

Punya keinginan untuk berinvestasi? Investasi dapat membingungkan, terutama bagi pemula. Sebelum memulai masuk ke dunia investasi, kenali dulu tips investasi untuk pemula.

Mendapatkan beberapa tips dasar, akan sangat membantu bagi investor pemula dalam membuat pilihan informasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda ketika berinvestasi dan memiliki peran besar adalah bagaimana cara Anda berinvestasi.

Sebelum Anda benar-benar berinvestasi, maka tips investasi untuk pemula ini patut dipahami terlebih dahulu.

1. Tidak ada aturan yang baku dalam berinvestasi

Ini hal pertama yang harus dipahami bagi para investor pemula. Bahwa, tidak ada aturan yang baku untuk berinvestasi.

Tak ada jaminan yang pasti bahwa investasi Anda akan selalu aman dan menguntungkan. Dan, tidak ada cara yang sempurna untuk berinvestasi. Akan selalu ada sisi risiko yang harus dihadapi.

2. Buatlah pilihan-pilihan yang mendetail

Sama seperti ketika Anda hendak membeli buah semangka, Anda tentu tidak ingin hanya melihat sisi luarnya saja bukan? Anda harus tahu bagaimana rasa buah semangka tersebut.

Sama seperti ketika Anda hendak berinvestasi. Sebelum berinvestasi dalam cara apapun, yang Anda benar-benar harus pahami adalah bagaimana investasi Anda akan bekerja dan semua rincian transaksi.

Jangan hanya tergiur dari imbal hasil yang ditawarkan tanpa mengetahui dengan detail seperti apa sistem investasi tersebut bekerja, bagaimana rincian transaksi dalam investasi tersebut, dan lain sebagainya.

3. Buat rencana sederhana berinvestasi

Ini dilakukan untuk menentukan tujuan dan kebutuhan Anda. Anda akan sangat terbantu untuk menentukan tujuan dari berinvestasi itu sendiri dan berapa banyak uang yang dibutuhkan dan dihasilkan dalam berinvestasi.

Ketiga tips investasi untuk pemula tersebut merupakan tips yang berlaku secara umum. Akan tetapi, banyak orang yang berinvestasi di pasar yang serba cepat dan dinamis, yaitu pasar saham.

Mengikut tips investasi untuk pemula di atas adalah awal yang baik. Tetapi, tips berikut akan lebih membantu para investor pemula yang tertarik berinvestasi di pasar saham.

1. Lihatlah nilai saham bukan harga

Saham dengan harga rendah mungkin rendah karena suatu alasan. Lihatlah gambarannya secara menyeluruh. Lihat mengapa harga rendah dan jika ada kemungkinan itu akan naik.

2. Periksa kekayaan / keuntungan bersih perusahaan

Ini adalah laba setelah pajak dibagi dengan keuntungan bersih. Hal ini penting untuk melihat tren pertumbuhan laba atas keuntungan bersih.

Tips singkat investasi untuk pemula
Tips singkat investasi untuk pemula

3. Sebarkan risiko investasi Anda

Anda tidak harus menempatkan semua uang di saham berisiko tinggi. Coba beberapa risiko yang lebih rendah dan beberapa risiko yang lebih tinggi.

Ini adalah cara terbaik untuk melindungi uang Anda.

4. Pahami dasar-dasar harga saham

Harga bergerak naik atau turun tergantung pada proyeksi masa depan dan beberapa faktor lainnya. Pahami kenapa harga tersebut bisa turun atau naik.

Lihat faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pergerakan harga saham tersebut.

Keempat tips tersebut merupakan awal bagi para investor pemula yang ingin memulai berinvestasi di pasar saham.

Tidak peduli jenis investasi apa yang akan dilakukan, pengetahuan akan menjadi kunci keberhasilan.

Di atas hanya daftar tips singkat sebagai awal untuk memahami investasi untuk pemula dan bagaimana memaksimalkan laba. Terus belajar dan berusaha.

Loading...
Tinggalkan komentar