Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp13.971
-0.21%
Rp15.677
-0.23%
Rp17.355
-0.19%
Rp129
-0.18%
Rp9.780
+0.21%
Rp3.726
-0.2%
Rp2.031
-0.19%
Rp10.255
+0.12%
Rp10.691
+0.01%
Rp14.125
-0.04%
Rp9.389
-0.32%

Lima Hal Tentang Kartu Kredit yang Perlu Kamu Tahu

0 79

Kartu kredit atau kartu pembayaran kini popularitasnya mengungguli produk pembayaran nontunai saat ini.  Meski pun untuk memilikinya tak semudah seperti memiliki kartu debit atau kartu ATM lantaran persyaratannya yang lebih ketat, meski dibilang juga tidak sulit.

Selain tidak sesulit dahulu, kini mendapatkan kartu kredit juga bisa dilakukan secara online. Kartu kredit online ini memudahkan kamu dalam memberikan  aplikasi dan tidak menghabiskan waktu dan biaya. Kamu bahkan bisa melakukan aplikasi untuk mendapatkan kartu kredit online ke beberapa bank sekaligus. Menarik bukan? Selama kamu bisa memenuhi semua syarat maka kartu kredit online bisa kamu dapatkan.

Mungkin kamu sempat berpikir, kenapa begitu banyak orang yang ingin memiliki kartu kredit, apakah karena kemudahannya, promonya? hanya karena lebih prestisius? Yang pasti apa pun alasannya kamu tetap harus berhati-hati menggunakan kartu kredit. Jangan sampai kartu kredit itu akan menjadi masalah akibat kamu tidak mampu membayarnya.

Sebaiknya, kamu mengetahui beberapa hal mengenai kartu kredit sebelum memutuskan untuk berkenalan dengannya. Nah, simak lima hal tentang kartu kredit yang wajib kamu ketahui.

  1. Kartu Kredit adalah Kartu Hutang

Sesuai dengan namanya, kartu kredit adalah kartu pinjaman atau hutang dari bank penerbit kepada nasabahnya ketika kamu membutuhkan untuk pembayaran transaksi di sektor jasa maupun retail.

Artinya, kamu bisa menggesek kartu di merchant yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit tapi kamu juga harus melunasi tagihan beserta dengan bunga karena kartu kredit hanya sebagai pengganti transaksi uang tunai, bukan kartu belanja, apalagi cuma-cuma.

Jadi, usahakan kamu tidak berlebihan dalam menggunakannya ya, jangan hanya gara-gara promo yang menggiurkan, kamu jadi lupa daratan. Ingat, kewajiban yang harus kamu tunaikan setelah memakainya. Memang terasa mudah di awal, tapi kalau kamu tidak mengerem aktivitas kartu kredit kamu, yang awalnya kelihatan mudah, justru malah jadi bumerang buatmu.

  1. Kartu Kredit Memberi Kemudahan

Memiliki kartu kredit memang akan lebih memudahkan nasabahnya dibanding kartu debit atau ATM lantaran bisa menggunakan kapanpun dan di manapun bahkan hingga ke luar negeri. Saat di luar negeri, dengan kartu kredit, kamu tidak harus susah-susah melakukan penukaran uang dengan mata uang negara tersebut.

Kamu tak harus memiliki atau membawa banyak uang tunai ketika melakukan transaksi. Lagipula, membawa kartu kredit jauh lebih aman dibanding uang tunai.

Selain itu, kartu kredit juga memberi keuntungan berupa promo atau diskon yang ditawarkan dan kamu bisa memanfaatkan sesuai dengan kebutuhanmu, sehingga kamu akan lebih hemat.

Misalnya, kartu kredit akan menghindari kamu dari recehan ketika belanja di supermarket atau minimarket. Kadang karena ikhlas atau tidak enak, kamu memberikan recehan lantaran kasir di minimarket/supermarket mengaku tak memiliki kembalian recehan. Nah, jika menggunakan kartu kredit, kamu akan terhindar dengan hal-hal semacam itu.

  1. Limit Kartu Kredit

Semakin besar penghasilanmu maka limit kartu kredit yang kamu peroleh juga bisa maksimal. Namun,  sebaiknya jangan mengajukan limit tinggi untuk menghindari pemborosan, mengingat keinginan manusia yang tidak ada puasnya.

Selain itu, kamu juga harus tetap rajin memperhatikan limit kartu kredit ketika melakukan transaksi, jangan sampai over limit atau melampaui batas. Sebaiknya, limit kartu kredit dibatasi masimal sekitar 30% dari penghasilan per bulan ya.

5 hal tentang kartu kredit yang harus diketahui
5 hal tentang kartu kredit yang harus diketahui
  1. Jatuh Tempo Kartu Kredit

Ada batas waktu atau jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit yang harus kamu ingat. Bayarlah tagihan kartu kredit tepat waktu, kalau bisa lunasi sebelum jatuh tempo, sehingga dapat menghindari bunga dan denda yang tinggi.

Jika kamu tak bisa melunasinya dengan cepat, maka cicillah setiap bulannya dengan jumlah minimum.  Meski begitu, jangan biasakan mencicil ya jika kamu bisa melunasinya soalnya bunga cicilan yang merangkak naik bisa membuatmu boros atau bahkan sulit melunasinya.

  1. Bunga dan Biaya

Keuntungan dan kemudahan yang diberikan kartu kredit tidak gratis, loh. Kamu akan dikenakan bunga ketika melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit. Ada baiknya, kamu memilih kartu kredit dengan bunga rendah dan ringan sejak awal membuat untuk menghindari besarnya tagihan karena terkerek tingginya bunga.

Hati-hati juga terhadap biaya tahunan kartu kredit. Kalau bisa sih hindari kartu kredit dengan biaya tahunan supaya tidak terlalu membebani keuangan kamu ke depannya. Hindari juga terlambat membayar tagihan karena kamu akan mendapat biaya tambahan karenanya.

Oh ya, meski kamu bisa menarik uang tunai di mesin ATM dengan menggunakan kartu kreditmu, jangan lakukan jika tak terlalu mendesak lantaran bunganya yang sangat tinggi.

Makin kenal kamu dengan kartu kreditmu, maka makin bijaksana kamu menggunakan kartu kredit yang kamu miliki.

Artikel ini ditulis oleh HaloMoney.co.id, situs keuangan yang membandingkan berbagai produk keuangan, seperti kartu kredit dan KTA dengan tujuan membantu konsumen Indonesia memilih produk keuangan yang terbaik untuk mereka.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.