Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.070
+0.2%
Rp15.505
+0.58%
Rp17.554
+0.33%
Rp130
+0.19%
Rp9.538
+0.55%
Rp3.751
+0.21%
Rp1.984
+0.16%
Rp10.223
+0.07%
Rp10.589
+0.39%
Rp14.183
+0.16%
Rp8.813
+0.96%

Panduan Pengaturan Tarif Sewa Properti

1 59

Mengatur sewa yang tepat dapat menjadi salah satu hal yang paling sulit bagi banyak orang yang berinvestasi di properti sewa. Jika properti Anda disewakan dalam waktu singkat, itu bisa menjadi indikasi bahwa tarif terlalu murah. Di sisi lain, jika properti Anda tampaknya membutuhkan waktu lama untuk disewakan, itu bisa menjadi indikasi yang jelas bahwa tarif sewa terlalu tinggi. Jadi, bagaimana tentang pengaturan tarif sewa yang sejalan dengan tarif pasar saat ini?

Salah satu tempat rujukan terbaik untuk memulai adalah koran. Sangat penting bahwa Anda melakukan penelitian setempat untuk mencari tahu apa saja yang mendorong pasar lokal. Lokasi adalah faktor yang paling penting dalam menentukan tarif sewa. Misalnya, tiga kamar tidur, satu kamar mandi rumah di salah satu bagian kota dapat disewakan 4 juta rupiah per bulan, sementara properti lain di seberang kota hanya dapat menarik 1-2 juta rupiah per bulan. Kebanyakan calon penyewa mencari kenyamanan ketika mencari properti sewa. Mereka mencari lokasi yang dekat dengan pekerjaan mereka atau dekat dengan sekolah anak-anak mereka. Lingkungan yang dianggap trendi atau elegan juga dapat menjadi faktor pendorong, karena banyak orang-orang yang ingin tinggal di lingkungan tertentu.

Tentu saja, anggaran penyewa juga berperan dalam menentukan berapa banyak mereka bersedia membayar dan bisa membayar sewa. Karena kenyataan bahwa kebanyakan penyewa memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi, terutama dalam hal ruang, sangat umum bahwa besar/luas properti juga berperan dalam menentukan tarif sewa. Ini berarti bahwa rumah dan unit yang lebih besar biasanya akan dapat disewa untuk tingkat yang lebih tinggi dari rumah dan unit yang lebih kecil.

Ketika menetapkan tarif sewa, hal juga penting untuk diingat bahwa ada titik tertentu ketika harga sewa bisa mencapai titik tertinggi. Ketika suku bunga rendah, sedangkan tarif sewa naik terlalu tinggi, penyewa akan cepat berpikir bahwa hal yang tidak masuk akal untuk menyewa lagi ketika bisa lebih murah untuk membeli rumah.

Cara lain untuk memastikan tetap update pada harga sewa di lokasi Anda adalah untuk bergabung dengan asosiasi lokal pemilik properti. Ini adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa mengikuti tren tarif sewa di daerah Anda. Tren di daerah akan mempengaruhi tidak hanya Anda tetapi juga pemilik property yang lain. Sebagai contoh, jika daerah tertentu mengalami kemerosotan ekonomi atau bahkan kemajuan ekonomi maka ini bisa berpengaruh pada tarif sewa lokal. Pastikan Anda melacak apakah banyak terdapat PHK atau penciptaan lapangan kerja baru di daerah Anda.

Hal penting untuk diingat bahwa fasilitas-fasilitas pokok juga dapat memainkan peran dalam menentukan berapa banyak sewa Anda dapat diisi untuk unit atau apartemen. Beberapa fasilitas pokok yang diharapkan oleh sebagian besar calon penyewa mencakup parkir, mesin cuci, mesin pencuci piring, dll. Jika fasilitas-fasilitas pokok ini tidak tersedia, Anda mungkin perlu menawarkan sesuatu yang lain yang akan menarik calon penyewa atau menurunkan tarif sewa.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.