Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.105
-0%
Rp15.537
+0.04%
Rp17.590
+0.01%
Rp131
0%
Rp9.548
0%
Rp3.759
0%
Rp1.989
0%
Rp10.248
-0.03%
Rp10.637
-0.02%
Rp14.231
+0.01%
Rp8.827
0%

Rumus Price Earning Ratio (P/E Ratio)

0 2.492

Ingin tahu tentang rumus Price Earning Ratio? Mari kita definisikan terlebih dahulu apa itu Price Earning (P/E) Ratio.

Price Earning Ratio (P/E Ratio) atau juga disebut P/E multiple, atau earning multiplier adalah harga pasar per lembar saham suatu perusahaan dibagi dengan hasil / laba per sahamnya. Rasio ini mencerminkan hubungan perusahaan itu dengan para pemegang sahamnya.

Bagaimana Menghitungnya?

Rumus Price Earning Ratio = Harga pasar per lembar saham / Hasil (earning) per lembar saham

P/E Ratio yang tinggi adalah baik bagi suatu perusahaan, karena menunjukkan bahwa publik yang berinvestasi menganggap perusahaan itu dalam kondisi yang menguntungkan.

Suatu penurunan yang terus-menerus dalam P/E Ratio mencerminkan turunnya kepercayaan investor atas potensi pertumbuhan dari perusahaan itu.

Rasio P/E berbeda-beda di antara berbagai perusahaan dalam sebuah industri, sebagaimana halnya di antara berbagai perusahaan pada industri yang berbeda.

Ini menjadikan rumus Price Earning Ratio suatu perusahaan harus dibandingkan dengan rasio P/E dari perusahaan pesaing dalam industri yang sama. Sehingga dapat diperoleh ukuran perbandingan relatif.

Beberapa perusahaan memiliki P/E multiple yang berlipat ganda, yang mencerminkan ekspektasi pertumbuhan penghasilan yang tinggi.

Perusahaan baru yang tumbuh dengan cepat seringkali memiliki saham dengan price earning ratio yang tinggi, dengan nilai multiple di atas 20.

Rasio P/E suatu perusahaan dicantumkan dalam laporan lembaga penasehat finansial dan dalam halaman finansial di surat kabar.

Rumus price earning ratio (Ratio P/E)
Rumus price earning ratio (Rasio P/E)

Contoh penggunaan rumus Price Earning Ratio:

Diasumsikan harga saham suatu perusahaan berturut-turut adalah $20 dan $24 untuk tahun 19X8 dan 19X9. Earning per share untuk kedua tahun itu berturut-turut adalah $2 dan $3. Berikut rumus Price Earning Ratio pada kasus ini:

Ratio P/E = market price per share / earning per share
= $20 / $ 2 = 10 (untuk tahun 19X8)
= $24 / $ 3 = 8 (untuk tahun 19X9)

Penurunan rasio P/E dari 10 menjadi 8 dalam contoh di atas, bisa memiliki satu atau lebih implikasi berikut ini:

  • Kepercayaan investor terhadap perusahaan itu menurun. Kemungkinan alasannya adalah memburuknya kesehatan keuangan perusahaan (misalnya penurunan tingkat pertumbuhan, arus kas negatif), peningkatan risiko dan ketidakstabilan, dll
  • Penghasilan perusahaan mungkin dinyatakan terlalu besar (overstated), yang berarti bahwa mutu penghasilan rendah, sehingga dipandang lebih sedikit oleh para investor.

Siapa yang Menggunakan Rumus Price Earning Ratio dan kapan digunakan?

Investor. P/E Ratio bermanfaat untuk menilai potensi investasi dari suatu perusahaan, misalnya investor dapat menggunakannya untuk memutuskan apakah akan berinvestasi di perusahaan itu atau tidak.

Investor juga dapat menggunakan rasio P/E ini sebagai suatu indikator tentang bagaimana kinerja harga saham perusahaan.

Sebagian investor percaya bahwa jika rasio P/E suatu perusahaan terlalu rendah dibandingkan yang berlaku dalam industrinya, sahamnya mungkin dinilai terlalu rendah. Dan menunjukkan adanya peluang untuk melakukan akuisisi.

Rasio P/E yang tinggi disukai karena menunjukkan bahwa investor memberi nilai tinggi pada penghasilan perusahaan itu.

Sebaliknya, sebagian investor percaya bahwa jika P/E ratio perusahaan terlalu tinggi dibanding dengan rata-rata industri, sahamnya mungkin dinilai terlalu tinggi dan harus dijual.

Tentu saja, banyak faktor ekonomi dan finansial yang perlu diperhitungkan untuk membuat keputusan ini.

Analis Keuangan. Analis keuangan yang percaya bahwa perusahaan akan menghasilkan keuntungan di masa mendatang pada tingkat yang lebih tinggi dibanding saat ini. Mungkin akan menilai saham perusahaan itu lebih tinggi dibanding yang bisa dibenarkan dengan tingkat penghasilannya saat ini.

Pihak Manajemen. Pihak manajemen tertarik untuk mengetahui rumus price earning ratio untuk menentukan bagaimana publik yang berinvestasi memandang suatu perusahaan.

Referensi:

www.investopedia.com

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.