Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

7 Kesalahan dalam Memulai Bisnis yang Sebaiknya Dihindari

0 108

Baik Anda berpikir untuk memulai bisnis atau baru saja memulai bisnis, pertimbangkan untuk adanya kemunduran / kegagalan. Hal tersebut tidak dapat dihindari. Namun, sebaiknya Anda belajar dari kesalahan pendiri bisnis kecil lainnya. Berikut 7 kesalahan dalam memulai bisnis yang sebaiknya dihindari.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan di depan, berikut adalah tujuh kesalahan dalam memulai bisnis yang sebaiknya Anda hindari.

1. Mengabaikan Pentingnya Rencana Bisnis

Ide brilian dan motivasi yang baru ditemukan tidak akan membuat Anda sangat jauh ketika harus membangun bisnis. Membuat gagasan Anda keluar dari kepala dan di atas kertas adalah langkah pertama yang penting agar peluncuran bisnis dapat berhasil.

Memiliki rencana bisnis memaksa Anda untuk meninjau setiap sudut ide bisnis, mulai dari proposisi nilai Anda, asumsi pemasaran, hingga perencanaan operasional dan keuangan. (Baca Lebih Lanjut: 5 Tips Menulis Rencana Bisnis yang Lebih Baik)

2. Mengabaikan Pasar

Ketika memulai bisnis baru, Anda harus memastikan apakah ada pasar yang dapat Anda tawarkan melalui layanan / produk tersebut.

Bayangkan mencurahkan waktu dan uang ke dalam bisnis baru hanya untuk mengetahui orang-orang tidak tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Meskipun mungkin tampak rumit, memahami tentang pasar dan mengapa itu penting akan menghilangkan kebingungan serta memanajemen bisnis berkembang untuk jangka panjang.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan pasar:

  • Siapa pesaing utama Anda?
  • Sudah berapa lama mereka berada di bisnis tersebut?
  • Apa bisnis ini berjalan dengan baik?
  • Berapa harga yang dibebankan bisnis lain untuk produk atau layanan serupa yang Anda tawarkan?
  • Di mana prospek utama Anda?

3. Mengabaikan Keinginan Konsumen Target Bisnis Anda

Tidak cukup anggapan bahwa ide bisnis Anda bagus. Pelanggan Anda juga harus berpikir demikian. Agar berhasil dalam bisnis baru, Anda harus berinvestasi pada audiens target bisnis dan, seperti halnya pasar, kenali mereka dengan baik.

Mengabaikan keinginan mereka akan menempatkan Anda pada jalur cepat menuju kegagalan. Tetapi, jika memahami apa yang mereka cari, Anda akan mendapatkan kepercayaan dari mereka dan membuka kunci rahasia untuk mengonversinya dari prospek menjadi pelanggan.

4. Pendanaan Kurang Memadai

Kesalahan dalam memulai bisnis selanjutnya adalah kurangnya pendanaan. Memulai bisnis tanpa modal operasi yang cukup hanya akan menimbulkan masalah. Hal ini merupakan salah satu faktor dari 10 alasan utama mengapa usaha kecil gagal.

Meskipun banyak pemilik bisnis baru meremehkan bahaya ekstrem tingginya arus kas, penting untuk memastikan berapa banyak uang yang diperlukan sebagai biaya awal dan menjaga bisnis tetap berjalan untuk tahun pertama atau kedua.

Sekarang adalah saat yang tepat untuk duduk bersama penasihat keuangan dan memanfaat keahlian mereka dalam mendapatkan dana yang cukup untuk modal awal.

5. Mengabaikan Pemasaran dan Periklanan

Setelah memahami pasar dan mengenal target audiens, Anda harus menyebarkan / mempromosikan tentang bisnis baru Anda tersebut untuk menarik minat calon pelanggan.

Meskipun tidak harus besar, bisnis Anda harus memiliki anggaran pemasaran dan iklan. Ketika menghasilkan pendapatan, Anda dapat memperluas anggaran di area ini dan fokus pada strategi yang lebih baik, dan lebih tertarget, untuk mengembangkan bisnis Anda.

6. Kurangnya Fleksibilitas

Dengan semua waktu dan uang yang diinvestasikan untuk merencanakan bisnis, gagasan mengubah jalur bukanlah pertimbangan yang mudah untuk dilakukan.

Namun, pemilik bisnis yang paling sukses memahami pentingnya tetap fleksibel dalam bisnis mereka. Dengan setiap bisnis baru, pasar berubah sedikit. Belum lagi kebutuhan dan keinginan pelanggan berubah setiap saat. Mungkin sulit untuk mengubah arah, tetapi lebih baik fleksibel daripada keluar dari bisnis.

7. Mengabaikan Saran

Mudah untuk berpikir bahwa ide bisnis Anda bagus dan sempurna dan serta ditakdirkan untuk sukses. Tidak peduli seberapa besar tingkat persiapan Anda, kesalahan akan terjadi.

Terlepas dari pengalaman dan pengetahuan Anda, selalu ada sesuatu yang bisa dipelajari dari orang lain. Bekerja dengan seorang mentor di niche bisnis untuk mendapatkan wawasan dan bimbingan, dan bertemu secara teratur dengan penasihat keuangan untuk tetap di jalur dan mencapai tujuan keuangan.

===========

Pemilik bisnis sering kewalahan dengan keputusan setiap hari. Ketika datang untuk memetakan langkah-langkah yang harus diambil, ada banyak peluang untuk membuat keputusan buruk dan pasti ada sisi baiknya.

Mulai dari pertama merenungkan untuk memulai bisnis, penting untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dialami orang lain sebelum Anda. Dengan menghindari satu atau lebih banyak kesalahan dalam memulai bisnis, Anda akan menemukan diri Anda dalam posisi yang lebih baik untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

Referensi: www.investopedia.com

Loading...
Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. TerimaBaca Detail