Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.165
+0.07%
Rp16.083
+0.11%
Rp18.640
+0.96%
Rp127
+0.14%
Rp10.052
+0.19%
Rp3.776
+0.17%
Rp2.116
-0.19%
Rp10.488
+0.06%
Rp10.633
+0.54%
Rp14.185
-0.03%
Rp9.708
+0.3%

Tips Memilih Kartu Kredit yang Tepat untuk Anda

0 50

Penawaran kartu kredit ada dimana-mana, melalui internet, telepon, mall, supermarket. Saat ini, terbilang mudah untuk mengajukan permohonan kartu kredit. Kartu kredit seperti apa yang sesuai dengan diri kita? Berikut beberapa tips memilih kartu kredit yang tepat untuk Anda.

Ada banyak manfaat kartu kredit yang bisa didapatkan oleh pemakainya. Beberapa diantaranya, penawaran diskon, cicilan, kemudahan transaksi, dll. Mungkin saja Anda bisa menghemat ratusan ribu dengan berbelanja menggunakan kartu kredit.

Akan tetapi, apakah Anda benar-benar memikirkan, apakah kartu tersebut tepat untuk Anda? Sebelum Anda memilih mana kartu kredit yang tepat untuk Anda, ada tips dengan menjawab beberapa pertanyaan utama.

Jawaban untuk sebagian besar pertanyaan-pertanyaan ini bisa jadi merupakan tips berharga untuk memilih kartu kredit yang sesuai.

Berikut tips memilih kartu kredit yang tepat untuk Anda.

Jenis Kartu

Ada banyak jenis kartu kredit yang dapat dipilih: kartu kredit reguler, kartu kredit hadiah / diskon, dan kartu kredit lainnya. Pahami jenis kartu jenis apa yang Anda ingin gunakan, sebelum mengisi aplikasi pengajuan.

Setiap jenis kartu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Sebaiknya Anda mengetahui dengan baik plus minus dari jenis kartu yang ingin Anda miliki.

Pemakaian

Apakah Anda memiliki rencana untuk membayar saldo kredit dengan penuh (full-payment) tiap bulannya? Jika ya, credit card adalah opsi terbaik yang bisa digunakan. Tentunya, jika Anda memiliki skor kredit yang dibutuhkan dan memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu kredit.

Apakah Anda berencana untuk menggunakan kartu untuk transfer saldo? Jika ini yang akan dilakukan, sebaiknya mencari kartu dengan suku bunga yang rendah untuk transfer saldo. Atau, Anda memiliki rencana membayar saldo kredit dengan pembayaran minimum, maka gunakan kartu kredit dengan bunga yang rendah.

Tingkat Persentase Tahunan (Annual Percentage Rate)

Tingkat persentase tahunan, atau APR, adalah persentase yang diterapkan untuk saldo yang Anda bawa melampaui tenggang waktu. Semakin tinggi APR, semakin tinggi biaya keuangan yang dikenakan saat memiliki saldo kredit bergulir. Maka, Anda semakin besar membayar saat menggunakan kartu kredit tersebut.

Mayoritas credit card memiliki APR yang berbeda-beda untuk aktivitas pembelian, cash advances, dan transfer saldo. Pastikan Anda mengetahui dengan baik tingkatan APR masing-masing kartu.

Masa Tenggang Kartu

Tips memilih kartu kredit berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah masa tenggang (grace period) kartu tersebut. Masa tenggang adalah jumlah waktu Anda harus membayar saldo secara penuh sebelum biaya keuangan ditambahkan.

Jangka waktu biasanya dinyatakan dalam hari dari tanggal penagihan, yaitu “14 hari dari tanggal penagihan.” Masa tenggang yang lebih lama lebih baik karena mereka memberikan lebih banyak waktu untuk membayar tagihan tanpa menimbulkan biaya untuk kenyamanan menggunakan kredit. Jika Anda sudah memiliki saldo pada kartu kredit, pembelian baru mungkin tidak memiliki tenggang waktu.

Biaya

Anda harus tahu jumlah biaya dan ketentuan biaya diterapkan. Jenis biaya yang paling umum termasuk biaya tahunan, biaya keterlambatan, dan biaya over-the-limit.

Anda juga bisa mendapatkan biaya tambahan karena kondisi tertentu, misalkan meminta salinan tambahan dari statement kredit, menggunakan kertas tagihan alih-alih melalui email.

Perhitungan Biaya Keuangan

Metode perusahaan kartu kredit untuk menghitung biaya keuangan berdampak pada jumlah biaya. Beberapa metode hanya mempertimbangkan saldo bulan saat ini, sementara yang lain mempertimbangkan saldo bulan saat ini dan sebelumnya. Pembelian baru mungkin saja tidak termasuk dalam perhitungan.

Batas Kredit

Batas kredit memengaruhi daya beli Anda. Jika Anda baru dalam kredit, sebaiknya mulai dengan batas kredit rendah untuk menjadi terbiasa dengan kebiasaan kartu kredit yang bertanggung jawab.

Beberapa situasi keuangan memungkinkan batas kredit yang lebih tinggi. Waspadalah terhadap kartu kredit tanpa batas karena kadang-kadang dapat terlihat maksimal pada laporan kredit Anda. Ini dapat berdampak negatif pada skor kredit Anda.

Hadiah (Rewards)

Beberapa kartu kredit menawarkan rewards karena menggunakan kartu tersebut di beberapa merchant atau kondisi tertentu. Pastikan Anda sepenuhnya memahami struktur rewards dan pembelian yang diperlukan untuk menerima rewards tersebut.

Itulah beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam tips memilih kartu kredit yang sesuai. Credit cards bisa menjadi kawan jika Anda menggunakannnya secara bijak. Sebaliknya, apabila Anda menggunakan kartu tersebut tanpa perhitungan, suatu saat menjadi bumerang bagi Anda.

Loading...

Sumber www.thebalance.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail