Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.009
+0.14%
Rp15.582
+0.24%
Rp18.054
+0.43%
Rp129
+0.21%
Rp9.593
+0.36%
Rp3.735
+0.13%
Rp1.982
+0.01%
Rp10.279
+0.19%
Rp10.694
+0.06%
Rp14.155
+0.29%
Rp8.989
+0.14%

Tertarik Investasi Emas di Pegadaian? Ini Caranya & Nikmati Keuntungannya

0 391

Tertarik untuk investasi emas di Pegadaian? Bagaimana ya caranya? Apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dengan berinvestasi emas di Pegadaian?

Memang, berinvestasi dalam emas menjadi idola bagi sebagian besar orang. Ini tak bisa dipungkiri, karena banyak keunggulan dalam berinvestasi emas itu sendiri. Beberapa diantaranya bisa dibaca di artikel ini.

Orang pun ingin mencari kemudahan dalam berinvestasi, termasuk emas. Dan, salah satu institusi finansial resmi yang hadir di sekitar kita adalah Pegadaian.

Dan, menariknya, Pegadaian pun menawarkan untuk menabung ataupun berinvestasi emas dengan mudah. Tetapi, tidak semua orang mengetahui cara investasi emas di Pegadaian ini.

Selain itu, tidak banyak yang mengetahui apa saja keuntungan / benefit dari menabung atau berinvestasi emas ini. Dan dalam artikel ini, akan dijelaskan lebih detail tentang hal tersebut.

Menurut Anda, apa ya keuntungan / manfaat dari investasi emas di Pegadaian? Apa yang membedakan dengan yang lainnya? Yuk, simak beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

Cara dan keuntungan investasi emas di Pegadaian
Cara dan keuntungan investasi emas di Pegadaian
  • Hal pertama adalah dari sisi legalitas. Pegadaian adalah salah satu lembaga keuangan resmi dan memiliki kredibilitas yang baik dalam mengelola keuangan. Oleh karena itu, jika Anda investasi emas di Pegadaian, itu tentu jauh berbeda dengan investasi di tempat / institusi lain yang belum jelas kredibilitasnya.
  • Di lembaga Pegadaian, Anda bisa membeli emas dengan cara tunai ataupun kredit. Jika membeli secara cash / tunai, Anda akan mendapatkan emas 2 minggu setelah pembayaran lunas. Ini karena Pegadaian tidak menstok emas langsung. Jika membeli kredit, Anda akan menerima emas dan sertifikat setelah cicilan lunas.
  • Ada opsi / pilihan term waktu pembayaran secara kredit atau mencicil. Anda akan diberikan pilihan antara 1 bulan hingga 36 bulan cicilan, untuk menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.
  • Emas yang akan dibeli di lembaga ini tersedia dengan berbagai pilihan berat / ukuran, yaitu 5 gr, 10 gr, 25 gr, 50 gr, 100 gr, sampai 1 kg. Anda dapat memilih investasi emas di Pegadaian ini dengan anggaran investasi Anda.
  • Pihak Pegadaian memfasilitasi penyimpanan emas dengan biaya cukup terjangkau untuk keamanan investasi Anda.
  • Harga dan tarif investasi emas di Pegadaian terbilang cukup kompetitif di pasaran dengan proses transaksi yang terbilang cepat, ± 20 menit transaksi akan diproses hingga tuntas.
  • Bagi Anda yang sedang melakukan cicilan, tetapi di tengah waktu cicilan ada keperluan mendesak, maka emas tersebut bisa digadaikan lagi di Pegadaian. Anda akan mendapatkan hingga nilai maksimal dari total cicilan dikurangi biaya. Jika sudah ada dana kembali, Anda pun bisa membayar dan mencicilnya kembali.
  • Investasi emas memiliki kecenderungan untuk terus naik, sehingga sangat tepat jika ditujukan untuk investasi jangka panjang.
  • Emas yang dijual di Pegadaian memiliki sertifikasi resmi PT Antam, dan juga ada produk emas dari lembaga ini sendiri dengan merek PEGADAIAN.
  • Investasi emas di Pegadaian tentu dijamin keamanannya. Anda tidak perlu khawatir, karena PT Pegadaian merupakan lembaga keuangan resmi yang diakui oleh OJK.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda berniat untuk investasi emas di Pegadaian.

Lalu, bagaimana cara memulai investasi emas di lembaga ini?

Berikut beberapa tips dan cara investasi emas di Pegadaian:

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mensurvei terlebih dahulu harga emas yang berlaku pada hari Anda akan melakukan investasi / pembelian emas. Sebagai rujukan, Anda bisa langsung melihat di website resmi emas Antam di www.logammulia.com. Atau bisa juga langsung cek di website Pegadaian. Biasanya, harga emas di Pegadaian akan lebih tinggi 2%-3% dari harga emas Antam.
  • Setelah mensurvei harga emas yang berlaku, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan pilihan berat emas mana yang hendak dibeli, apakah 5 gr, 10 gr, 25 gr, hingga 1 kg. Sesuaikan dengan anggaran investasi Anda, dan jangan memaksakan untuk membeli yang tidak sesuai dengan anggaran yang dimiliki.
  • Setelah menentukan pilihan, siapkan dokumen yang menjadi syarat investasi emas di Pegadaian, jika Anda membeli dengan kredit / mencicil. Siapkan kartu identitas dan fotokopinya, seperti KTP atau KK, serta mengisi formulir yang disediakan oleh Pegadaian.
  • Setelah dokumen siap dan formulir telah diisi lengkap, Anda akan diminta menyerahkan uang muka (DP) sebesar 20% hingga 30% dari harga emas batangan yang hendak dibeli.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan juga dana untuk biaya administrasi yang besarannya ditentukan dari harga emas yang hendak dibeli.
  • Jika berinvestasi dengan mencicil, akan jauh lebih baik jika memilih term cicilan yang tidak terlalu lama, misalkan 36 bulan. Jika dihitung-hitung, investasi dengan mencicil untuk jangka waktu yang lama, justru akan jauh lebih mahal biaya bunganya, daripada keuntungan investasinya.
  • Selama masa cicilan, mohon diperhatikan dengan baik waktu pembayaran, dan jangan sampai telat membayar. Jika telat, maka Anda akan kena denda pembayaran. Biaya denda ini cukup merugikan nilai investasi Anda.
  • Setelah pembayaran lunas, emas akan diterima 1 minggu hingga 1 bulan sejak tanggal pelunasan.
  • Jangan khawatir tentang keamanan penyimpanan dalam masa cicilan. Pihak Pegadaian akan menjaga dengan baik investasi emas batangan yang Anda cicil, dan jika terjadi kehilangan dalam masa cicilan, akan menjadi tanggung jawab mereka.

Beberapa poin di atas merupakan cara dan tips investasi emas di Pegadaian yang bisa menjadi rujukan awal bagi Anda. Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan cek langsung ke website Pegadaian atau ke kantor Pegadaian yang terdekat dengan lokasi Anda.

Loading...