Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.088
-0.26%
Rp15.543
-0.44%
Rp17.525
-0.25%
Rp130
-0%
Rp9.642
-0.07%
Rp3.756
-0.27%
Rp1.986
+0.11%
Rp10.241
-0.23%
Rp10.606
-0.09%
Rp14.148
-0.08%
Rp8.928
+0.04%

Kiat Finansial Tahun 2012

0 38

Tidak terasa, sekarang kita sudah masuk di tahun 2012. Tahun Naga yang penuh dengan tantangan. Bayangkan betapa daya beli kita menurun drastis. Lha, kalau tahun kemarin saja inflasi sudah begitu tinggi, bagaimana tahun 2012 nanti? Mudah-mudahan inflasinya tidak terlalu tinggi. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Itulah karenanya, ada banyak hal yang harus Anda persiapkan untuk dilakukan di tahun 2012 ini. Paling tidak, ada 3 hal yang harus Anda lakukan, terutama di awal tahun baru ini:

  1. Pertimbangkan untuk melakukan investasi di perbankan,
  2. Tunda dulu mengambil kredit paling tidak hingga suku bunga turun,
  3. Cari sumber penghasilan baru

Mari kita bahas satu persatu.

  • Pertimbangkan untuk melakukan investasi di perbankan

Suku bunga diperkirakan tahun ini naik. Nah, kalau suku bunga simpanan naik, ini berarti ujung-ujungnya Anda juga yang diuntungkan. Kenapa? Karena kalau Anda memasukkan uang ke deposito, maka Anda akan mendapatkan bunga yang lebih besar. Lumayan kan? Itulah kenapa, tidak ada salahnya bagi Anda untuk memasukkan uang ke bank. Bukan hanya untuk disimpan dalam tabungan, tapi juga untuk diinvestasikan, yaitu ke dalam deposito. Ayo, jangan lama-lama. Pergi sekarang juga ke bank. Oke?

  • Tunda dulu mengambil kredit paling tidak hingga suku bunga turun

Nah, kalau suku bunga simpanan naik, biasanya suku bunga pinjaman juga naik. Mereka kan beberapa poin diatas bunga deposito. Ya kan? Karena itu, bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk meminjam dana ke bank, coba pertimbangkan lagi baik-baik. Suku bunga sekarang lagi naik, artinya, kalau Anda meminjam uang ke perbankan, biaya yang harus Anda bayar sedang tinggi-tingginya.

Enggak hanya suku bunga kredit untuk usaha, untuk konsumsi juga sama. Itulah kenapa, kalau Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli sesuatu secara kredit padahal Anda punya uang tunai untuk membelinya secara cash, saran saya, beli saja cash. Jangan lupa, sekarang banyak penjual rumah atau penjual kendaraan yang banting harga karena pembeli mereka yang membeli secara kredit berkurang. Jadi, kenapa tidak Anda manfaatkan kalau Anda punya uang cash-nya.

  • Cari sumber penghasilan baru

Sekarang begini saja deh, kalau Anda terancam di-PHK dari pekerjaan Anda yang sekarang, kenapa tidak dari sekarang Anda pertimbangkan untuk mencari sumber penghasilan lain diluar penghasilan utama Anda. Dengan demikian, kalau tiba-tiba PHK itu terjadi, Anda sudah punya back up. Sudah punya persiapan. Sekarang, sumber penghasilan lain macam apa yang harus Anda cari? Terserah. Anda bisa buka usaha sendiri, bisa jualan barang, menggali keahlian Anda dan menjualnya, atau apapun. Terserah Anda. Yang penting, jangan hanya mengandalkan pada satu sumber penghasilan saja.

Mudah-mudahan, kalau tiga kiat diatas Anda jalankan, maka Anda bisa menghadapi tahun 2012 dengan persiapan yang lebih baik lagi.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.