Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Modal Ventura (Venture Capital). Apa itu?

0 87

Salah satu aspek pembiayaan dalam sebuah bisnis dikenal dengan istilah modal ventura atau venture capital (VC). Apa itu? Berikut penjelasannya lebih spesifik.

Modal ventura adalah pembiayaan yang diberikan investor kepada perusahaan startup dan usaha kecil yang diyakini memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang. Venture capital pada umumnya berasal dari (grup) investor, bank investasi dan lembaga keuangan lainnya. Namun, tidak selalu hanya memberikan dukungan dalam bentuk keuangan. Dapat juga memberikan dukungan dalam bentuk keahlian teknis atau manajerial.

Meskipun bisa berisiko bagi investor yang mengumpulkan dana, potensi imbal hasil di atas rata-rata adalah imbal hasil yang menarik. Bagi perusahaan atau usaha baru yang memiliki historis operasi terbatas (di bawah dua tahun), pendanaan modal ventura semakin menjadi sumber yang populer. Bahkan, penting untuk meningkatkan modal, terutama jika mereka tidak memiliki akses ke pasar modal, pinjaman bank atau instrumen hutang lainnya.

Kelemahan utama sistem pembiayaan dengan venture capital adalah investor biasanya mendapatkan ekuitas di perusahaan, dan dengan demikian memiliki andil dalam keputusan perusahaan.

Penjelasan Lebih Lanjut tentang Modal Ventura

Dalam kesepakatan venture capital, potongan besar kepemilikan perusahaan dibuat dan dijual kepada beberapa investor melalui kemitraan terbatas independen yang didirikan oleh perusahaan modal ventura. Terkadang kemitraan ini terdiri dari kumpulan beberapa perusahaan serupa.

Salah satu perbedaan penting antara ventura capital dan kesepakatan ekuitas swasta lainnya adalah modal ventura cenderung berfokus pada perusahaan-perusahaan baru yang mencari dana besar untuk pertama kalinya. Sementara di sisi lain, ekuitas swasta cenderung mendanai perusahaan-perusahaan lebih besar dan lebih mapan yang mencari pengakuan ekuitas. Atau juga kesempatan bagi para pendiri perusahaan untuk mentransfer beberapa saham kepemilikan mereka.

Angel Investor

Untuk usaha kecil, atau untuk bisnis yang sedang naik daun di industri baru, venture capital umumnya disediakan oleh individu dengan kekayaan bersih yang tinggi. Atau sering dikenal sebagai Angel Investor ‘investor malaikat’ – dan perusahaan modal ventura. National Venture Capital Association (NVCA) adalah sebuah organisasi yang terdiri dari ratusan perusahaan modal ventura yang menawarkan dana untuk perusahaan inovatif.

Angel investor biasanya merupakan kelompok individu beragam yang telah mengumpulkan kekayaan mereka melalui berbagai sumber. Namun, mereka cenderung menjadi pengusaha sendiri, atau eksekutif yang baru saja pensiun dari kerajaan bisnis yang mereka bangun.

Investor mandiri yang menyediakan modal ventura biasanya memiliki beberapa karakteristik utama. Mayoritas investor tersebut ingin berinvestasi di perusahaan yang dikelola dengan baik. Selain itu, memiliki rencana bisnis yang dikembangkan sepenuhnya dan siap untuk pertumbuhan bisnis yang substansial.

Investor ini juga cenderung menawarkan dana untuk usaha yang terlibat dalam industri atau sektor bisnis yang sama atau serupa yang dikenal. Jika mereka belum benar-benar beroperasi di bidang itu, mereka mungkin memiliki pelatihan akademis di dalamnya. Karakteristik umum lainnya di kalangan angel investor adalah investasi bersama, yaitu salah satu angel investor mendanai usaha bersama dengan teman atau rekan yang tepercaya, seringkali merupakan investor malaikat lainnya.

Proses Modal Ventura

Langkah pertama untuk bisnis apa pun yang ingin mencari modal ventura adalah mengajukan rencana bisnis, baik ke perusahaan modal ventura atau kepada Angel Investor. Jika tertarik dengan proposal yang diajukan, perusahaan atau investor kemudian harus melakukan due diligence. Hal ini mencakup penyelidikan menyeluruh terhadap model bisnis, produk, manajemen dan riwayat operasi perusahaan, dan lain sebagainya.

Karena modal ventura cenderung menginvestasikan jumlah dana yang lebih besar di perusahaan yang lebih sedikit, penelitian latar belakang ini sangat penting. Banyak profesional modal ventura sebelumnya memiliki pengalaman investasi, seringkali sebagai analis riset ekuitas. Profesional lainnya memiliki gelar Master in Business Administration (MBA).

Profesional di bidang venture capital juga cenderung berkonsentrasi pada industri tertentu. Seorang pemodal ventura yang mengkhususkan diri pada industri perawatan kesehatan, misalnya, mungkin pernah memiliki pengalaman sebelumnya sebagai analis industri kesehatan.

Setelah due diligence selesai, perusahaan atau investor akan menjanjikan investasi modal dengan imbalan ekuitas di perusahaan. Dana ini bisa disediakan sekaligus, tapi biasanya modal disediakan dalam beberapa kali putaran. Perusahaan atau investor kemudian mengambil peran aktif dalam perusahaan yang didanai, menasihati dan memantau kemajuannya sebelum mengeluarkan dana tambahan.

Investor keluar dari perusahaan setelah jangka waktu tertentu, biasanya empat sampai enam tahun setelah investasi awal, dengan memulai merger, akuisisi atau initial public offering (IPO).

Referensi artikel dari www.investopedia.com

Loading...
Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda terjaga kerahasiaannya.

tiga belas − sembilan =

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.