Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.088
-0.26%
Rp15.543
-0.44%
Rp17.525
-0.25%
Rp130
-0%
Rp9.642
-0.07%
Rp3.756
-0.27%
Rp1.986
+0.11%
Rp10.241
-0.23%
Rp10.606
-0.09%
Rp14.148
-0.08%
Rp8.928
+0.04%

Ingin Jadi Wirausaha Kreatif? BONGKAR Batasan Anda & Lakukan 5 Hal ini!

0 531

Salah satu poin terpenting ‘tuk menjadi seorang wirausaha adalah bagaimana sisi kreativitas dalam diri kita bisa mendukung penuh dalam usaha / bisnis yang dijalankan. Lalu pertanyaannya, bagaimana menjadi wirausaha kreatif?

Ada satu potongan kalimat inspiratif dalam kisah Alice in Wonderland, saat sang Ratu mengatakan, “Terkadang, saya memikirkan 6 hal mustahil sebelum sarapan setiap harinya.”

Ini adalah hal yang bagus untuk dilakukan. Menjadi kreatif adalah salah satu hal yang terbaik! Terutama bagi Anda pemilik usaha kecil, tentu sangat ideal untuk memperjuangkannya.

Dan langkah selanjutnya adalah, bagaimana kita menjadi seorang wirausaha kreatif yang selalu mendapatkan ide-ide segar dalam berbisnis?

Satu hal yang pasti, bahwa seorang pemilik usaha kecil sangat diharapkan untuk menjadi pebisnis yang inovatif dan kreatif, kalau tidak bagaimana bisa bersaing dan menjalankan usahanya sendiri?

Setiap orang tentu memiliki cara yang berbeda-beda untuk menjadi seseorang yang penuh kreativitas. Tetapi, bagi Anda yang belum menemukan cara yang tepat, maka 5 poin berikut akan mencoba memberikan panduan awal.

Kelima cara menjadi wirausaha kreatif itu, yaitu:

1. Miliki ide / pikiran unlimited (tanpa batas)

Ya. Sangat terlalu banyak orang yang menjadi seorang “pemikir terbatas”. Dunia mereka ini selalu di dalam kotak yang sama dan jarang berada di luar kotak.

Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda diharapkan tidak termasuk golongan para “pemikir terbatas” ini. Anda harus berada di luar kotak, menjadi pemikir ide tanpa batas (unlimited).

Biasakan untuk melihat segala sesuatu tanpa adanya batasan, atau lihat dari sudut pandang yang hampir tiap orang tidak melihatnya.

Selalu yakinkan pada diri Anda bahwa dengan fokus maka dapat ditemukan solusi kreatif dari semua masalah yang menimpa. Ini adalah salah satu dasar dalam berpikir kreatif, sehingga menjadi pembuka seorang wirausaha kreatif.

Jadilah wirausaha kreatif dengan ide-ide tanpa batas
Jadilah wirausaha kreatif dengan ide-ide tanpa batas

2. Jadilah seseorang yang berfokus pada masa depan

Ide-ide kreatif akan selalu datang ketika Anda melihat ke masa depan. Inilah bekal yang sangat diperlukan bagi seorang wirausaha kreatif.

Perasaan yang mendorong diri Anda ke depan dan selalu melihat masalah untuk diselesaikan, menjadi motivasi yang hebat.

Apakah Anda akan mencapai hasil yang sama jika selalu melihat ke belakang? Biasanya sih tidak.

Latihlah diri kita untuk selalu fokus melihat masa depan, berpikir untuk jangka panjang, dan bukanlah seseorang yang tradisional dengan hanya mencoba untuk menemukan jawaban di dunia pada saat ini.

3. Jadilah seorang penulis!

Setelah Anda membuka pikiran, maka bersiaplah untuk kedatangan ide-ide kreatif yang akan cepat mengalir, seolah-olah seseorang telah membuka pintu air!

Sama seperti banjir, terkecuali jika Anda telah siap untuk menangkap ide-ide tersebut, maka potensi hilangnya ide untuk selama-lamanya sangatlah besar.

Menangkap semua ide-ide kreatif Anda dengan satu hal sederhana. Bawalah selalu buku saku kecil kemanapun Anda pergi.

Karena ide pun datang tak bisa disangka-sangka. Begitu ide-ide cemerlang dan kreatif muncul dalam pikiran, maka Anda telah siap untuk menuliskannya.

Tak peduli seberapa aneh ide-ide tersebut, Anda akan dapat mengolahnya suatu saat nanti.

Menanggapi ide-ide aneh, unik, cemerlang dengan mencatat, maka akan mendorong Anda menjadi seorang wirausaha kreatif.

4. Jadilah seseorang dengan manajemen yang baik!

Bagi Anda yang terbiasa dengan segala sesuatu yang tidak rapi, maka akan sangat mempengaruhi pola pikir dan tindakan kita.

Sebuah kantor / rumah yang berantakan, akan menyebabkan pikiran yang berantakan pula.

Keluarlah dari kebiasaan yang tidak rapi ini, yang justru akan semakin membenamkan diri Anda lebih buruk.

Kita tak bisa mengharapkan otak akan bekerja dengan maksimal dan efisien, jika selalu disajikan pemandangan kantor atau rumah yang berantakan.

Hapuskan semua kekacuan dari hidup Anda, dengan memulai untuk menjadi seseorang dengan manajemen diri yang baik.

Ini akan semakin memudahkan diri Anda menjadi seorang wirausaha kreatif dalam menjalankan bisnis / usaha yang termanajemen dengan baik.

5. Jadilah seseorang yang berfokus pada ACTION

Keempat poin sebelumnya adalah poin yang sangat penting dan berpengaruh dalam membantu Anda menjadi wirausaha kreatif.

Tetapi, itu tak akan berguna jika Anda tidak mengambil tindakan apapun dari ide-ide tersebut. Ide tersebut akan menguap begitu saja.

Ide-ide yang bagus dan cemerlang, akan semakin bernilai lebih, jika bisa ditindaklanjuti dengan tindakan-tindakan yang mendukungnya.

Mungkin, akan banyak ide yang tidak cocok sama sekali dengan bisnis / usaha Anda, tetapi akan sangat mungkin suatu waktu nanti, akan bisa memberikan perubahan besar bagi usaha / bisnis Anda jika ide tersebut ditindaklanjuti.

Komitmen penuh untuk terus berkembang dan maju dengan ide-ide yang DILAKUKAN, bukan sekedar DIPIKIRKAN.

Jangan takut untuk memecah dinding batas. Seperti John Stuart Mill mengatakan, “Sesuatu yang tampak absurd dalam satu generasi, seringkali menjadi sesuatu yang bernilai besar bagi generasi berikutnya.”

Dan semuanya diakhiri dengan satu pertanyaan, “Apakah Anda sudah cukup kreatif untuk diberhentikan hanya sebagai pemimpi? Tidak? Maka berlatihlah untuk melakukan kelima poin tersebut.

Peluang usaha kreatif, bisa dicek disini.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.