PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Mengelola Keuangan Pribadi (Selalu) Menjadi Tanggung Jawab Anda

0 30

Walaupun Anda dapat memilih untuk mengabaikannya, Anda tidak dapat menyangkal kebenaran yang tercakup dalam pernyataan ini: Mengelola keuangan pribadi akan selalu menjadi tanggung jawab Anda.

Ketika sampai pada keuangan, banyak orang menaruh pandangan buta terhadap fakta bahwa keuangan perlu dikelola. Keuangan pribadi adalah istilah populer yang terus berkembang untuk orang dewasa dan remaja, terlepas dari apakah Anda menghasilkan uang atau tidak. Ini karena semua tagihan harus dibayar, anggota keluarga harus diberi makan dan gaya hidup Anda harus dijaga.

Langkah terbesar dan paling terbengkalai bagi banyak keluarga adalah mengajarkan remaja (anak) bagaimana mengelola uang mereka. Keuangan remaja adalah tentang mendidik remaja mengenai nilai uang. Ajari mereka cara menabung dengan menunjukkan kepada mereka bagaimana menggunakan bentuk pembukuan yang paling sederhana. Hal ini dapat digabungkan dengan memberikan pemahaman bagaimana mengelola uang dengan celengan, rekening tabungan, dan pekerjaan kecil dengan imbalan uang.

Keuangan remaja adalah bagian penting dari mengelola keuangan pribadi Anda juga. Apabila anak-anak belajar untuk menyimpan dan menggunakan uang dengan bijak, Anda kemudian terselamatkan dari permasalahan keuangan yang terjadi di masa depan.

Etika dan keuangan pribadi berjalan beriringan. Jika Anda memiliki hubungan baik dengan diri sendiri, Anda akan bisa menghemat uang. Anda tidak akan merasakan dorongan untuk melakukan hal-hal yang bertentangan dengan etika Anda seperti mendaftarkan kartu kredit dengan menggunakan nama orang lain.

Mengelola keuangan pribadi melibatkan beberapa langkah untuk menjaga uang Anda dengan aman.

Uang yang Anda keluarkan seharusnya tidak melebihi uang yang diterima. Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda harus membuat neraca keuangan sederhana dan menggunakannya untuk mencatat semua transaksi Anda. Ini merupakan bagian terpenting dari perencanaan keuangan yang paling mendasar.

Setiap bulan tuliskan berapa banyak yang telah diterima (pemasukan) dan berapa banyak yang dibelanjakan (pengeluaran). Buatlah daftar semua barang yang dibelanjakan, jadi Anda bisa melacak kemana uang tersebut pergi.

Anda akan tercengang melihat berapa banyak yang kita habiskan untuk hal-hal yang bukan kebutuhan.

Buat daftar dan patuhi. Selalu mencoba untuk mendapatkan kesepakatan terbaik untuk uang Anda dan ingat bahwa lebih murah tidak berarti kualitas yang lebih rendah.

Jadi, semua itu menyangkut uang Anda; Mengelola keuangan pribadi harus dilihat sebagai bagian wajib uang yang nantinya bekerja untuk Anda.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.
Loading...