Peluang Bisnis Bimbingan Belajar Skala Kecil untuk Pemula

0 316

Bagi banyak orang tua, memiliki keinginan agar anaknya pintar dan kebutuhan untuk belajar terkadang tidak bisa dipenuhi secara maksimal di sekolah. Dari fakta ini, ada peluang bisnis yang cukup bagus untuk dimanfaatkan dengan membuka bisnis bimbingan belajar. Selain menguntungkan, bimbingan belajar selalu dibutuhkan sampai kapan pun juga. Jika anda baru memulai bisnis, akan lebih baik untuk membuka bisnis bimbel untuk skala kecil terlebih dahulu.

Jika anda memiliki pekerjaan tetap, maka anda membutuhkan pegawai dan tentu saja bisnis bimbingan belajar juga membutuhkan guru les. Hal ini dilakukan agar pekerjaan tetap anda tidak terganggu, terlebih lagi anda sedang memulai bisnis bimbingan belajar sebagai pemula.

Target Konsumen

Target dari bisnis bimbingan belajar ini adalah siswa sekolah dasar hingga siswa sekolah menengah atas.

Bagaimana Memulai Bisnis Bimbingan Belajar?

Yang paling penting untuk memulai usaha ini adalah tempat yang cukup luas, yaitu minimal sekitar 120 m persegi. Jika di rumah anda terdapat ruang kosong, anda juga bisa memakainya. Jika tidak, maka anda harus menyewa tempat. Sebagai pendukung, sebaiknya menggunakan kursi yang sudah ada tempat untuk menulis. Kursi semacam ini tidak membutuhkan ruang yang begitu besar, sehingga ruangan bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan siswa.

Anda bisa membuka bisnis bimbingan belajar yang cukup menguntungkan
Anda bisa membuka bisnis bimbingan belajar yang cukup menguntungkan

Sekitar sebulan sebelum memulai usaha ini, anda bisa membuka lowongan untuk pegawai dan guru les. Pegawai dan guru les bisa anda dapatkan dari mahasiswa yang aktif atau sudah tahap akhir. Biasanya, yang sudah wisuda lebih memilih untuk bekerja di tempat lain. Waktu sebulan sebelum membuka bisnis bimbingan belajar, selain memilih pegawai, anda bisa memberikan pelatihan sebentar kepada para pegawai tersebut agar tidak canggung menghadapi siswa.

Hambatan & Tantangan

Mencari pelanggan adalah hal yang cukup susah, apalagi untuk awal-awal bisnis. Persaingan yang cukup ketat di antara sesama bimbingan belajar juga salah satu tantangan. Selain itu, banyak orang tua siswa yang lebih memilih memanggil guru privat daripada harus belajar di bimbel.

Kunci Sukses Bisnis Bimbingan Belajar

Pegawai dan guru les yang anda pilih harus melalui seleksi ketat, terutama untuk guru les. Sangat dibutuhkan guru les yang sabar dan memiliki skill mengajar yang baik, karena menghadapi siswa dari SD hingga SMA. Siswa ini cenderung lebih suka bersenang-senang daripada harus belajar. Jika anda mendapatkan pegawai dan guru les yang mampu berkomunikasi dengan baik, maka siswa akan betah les di bimbel anda.

Sebagai penarik pelanggan, anda bisa memberikan bonus kepada orang yang memilih tempat anda. Bonus tersebut bisa bermacam-macam, dari pena, tas, topi, dan lain-lain. Bisa juga dengan memberikan promo-promo khusus untuk biaya les. Selain itu, di setiap jam bimbingan tersebut dapat disisipkan permainan-permainan yang sesuai dengan karakteristik usia siswa agar mereka tidak lekas bosan.

Banyak bimbingan belajar yang bisa dijadikan contoh sukses, salah satunya Nurul Fikri.

Analisis Usaha

Investasi Awal* 
Peralatan (kursi, whiteboard, dll)Rp 20.000.000,-
Biaya Operasional
Gaji pegawai (3 orang)Rp 3.600.000,-
Listrik dan TeleponRp 300.000,-
Lain-lainRp 400.000,-
TOTALRp 4.300.000,-
Omzet per bulanRp 5.800.000,-
Laba per bulanRp 1.500.000,-
Analisis BEP14 bulan
Loading...