PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Tips Memilih Saham dari Perspektif Konsumen

0 28

Berinvestasi di pasar saham terkadang bermuara pada satu elemen penting, yaitu pilihan bagus. Tidak peduli seberapa baik Anda melakukan penelitian, seberapa sering membeli dan menjual saham. Atau seberapa banyak kita membayar ahli atas tips dan nasehatnya, tanpa memilih saham yang mewakili nilai, kita tidak akan berhasil. Penting untuk mengetahui tips memilih saham yang bagus dilihat dari perspektif konsumen.

Meski ada baiknya memprediksi arah pasar dan menentukan waktu pasang surut, jika investor tidak membeli saham yang tepat, mereka tetap akan menemui kesulitan saat mencoba meraup keuntungan.

Oleh karena itu, beberapa orang dengan gaji terbaik di pasar saham dikenal terutama karena bakat mereka dalam memilih saham. Penasihat keuangan memberikan ceramah dan menulis buku serta buletin tentang bagaimana memilih saham yang akan mengungguli pasar.

Dan sebagian besar pakar menggemakan sentimen yang sama dan setuju bahwa salah satu cara terbaik untuk menilai saham adalah dari sudut pandang konsumen (investor).

Dengan menggunakan naluri yang telah dianggap sebagai pembeli biasa, kita sering bisa menemukan informasi yang bahkan paling diminati oleh para pengamat pasar yang paling terampil dan kurang cerdas.

Sementara mereka mempelajari grafik analitis, laporan pendapatan, dan jejak rekam sebuah saham, orang-orang seperti Anda benar-benar berbisnis dengan perusahaan tempat mereka berinvestasi, karena pengalaman mereka sebagai pelanggan berbicara banyak tentang nilai perusahaan, produk dan layanannya.

Dalam tips memilih saham berikut adalah beberapa hal yang harus dipenuhi sebagai indikator dalam memberikan nilai perusahaan:

1 Seberapa populer produk atau layanan mereka?

Jika semua orang yang Anda kenal menggunakannya dan puas dengan hal-hal seperti harga, layanan pelanggan, dan keandalan, perusahaan mungkin berada di posisi yang unggul diantara pesaing.

2 Apakah karyawan puas?

Salah satu cara terbaik untuk menilai perusahaan adalah dengan berbicara kepada karyawan. Banyak perusahaan memasang tampilan yang bagus, namun di bawah pemasaran banyak ketidakpuasan. Akan tetapi jika karyawan menyukai perusahaan, terutama jika mereka suka membeli saham perusahaan tersebut, itu pertanda bagus.

3 Seberapa terkenal mereka?

Anda mungkin menemukan perusahaan startup yang hebat dengan semua jebakan kesuksesan, namun faktanya memang perusahaan itu kurang dikenal.

Banyak perusahaan kecil atau regional populer di wilayahnya sendiri, tetapi seluruh dunia mungkin belum tahu tentang perusahaan tersebut.

Membeli barang tak dikenal semacam itu bisa menjadi cara yang bagus untuk berinvestasi di saham hot berikutnya. Jika fundamental terlihat bagus, terkadang perusahaan kurang populer adalah hal yang baik bagi investor yang masuk di lantai bursa sebagai awalan.

4 Jika mereka keluar dari bisnis, kemana Anda akan mendapatkan produk dan layanan serupa?

Jika Anda tidak dapat memikirkan alternatif yang mudah, perusahaan mungkin berada di pasar niche yang menyukai loyalitas pelanggan dan bisnis yang berulang.

Berkelilinglah, dan perhatikan apa yang Anda lihat dan bagaimana setiap bisnis tersebut dirasakan oleh intuisi Anda. Percayalah intuisi Anda tersebut.

Buat daftar perusahaan yang menarik perhatian, lalu hubungi nara hubung perusahaan terkait dengan saham mereka dan mintalah keterangan lebih lanjut. Dengan memulai membuat daftar perusahaan, Anda sudah memiliki pengalaman sebagai seorang investor cerdas. Dan kemungkinan besar akan membuat pilihan cerdas pula.

Itulah beberapa tips memilih saham yang dilihat dari perspektif konsumen dalam melihat / menilai sebuah perusahaan yang terdaftar di bursa saham. Pilihan tersebut kini ada di tangan Anda. Selamat berinvestasi!

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.
Loading...