Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Peluang Usaha Sampingan Fotokopi Beromzet Jutaan Lho, Tertarik?

0 210

Industri fotokopi tidak akan pernah mati selama masih ada yang materi yang akan dicetak atau diperbanyak. Prospek peluang usaha sampingan ini pun bagus. Omzet yang bisa di dapat bisa mencapai jutaan sampai puluhan juta rupiah tergantung dengan tempat usaha ini berada. Sampai kapan pun bisnis tetap bisa menjadi alternatif bagi kita untuk mendapatkan tambahan pendapatan.

Jika saat ini masih berstatus sebagai pegawai di sebuah perusahaan, maka agar bisnis ini tidak mengganggu kerja kantor anda, sebaiknya tetap mencari beberapa pegawai untuk mengelola dan menjaganya.

Target Konsumen

Semua kalangan bisa dijangkau oleh peluang usaha sampingan ini, karena dari SD sampai yang tua, selalu ada dokumen yang harus digandakan atau di copy.

Bagaimana Memulai Peluang Usaha Sampingan Fotokopi ini?

Mencari dan menyediakan tempat yang strategis adalah hal yang pertama kali harus kita lakukan. Sebisa mungkin tempat tersebut dekat dengan kampus, sekolah dan perkantoran. Ukurannya pun tidak harus terlalu luas, yang penting cukup untik minimal dua mesin fotokopi, dan peralatan pendukung lainnya seperti meja pelayanan, rak, dll.

Bila anda mempunyai uang yang cukup sebaiknya membeli mesin fotokopi yang baru. Dan jika uang belum cukup, anda bisa membeli yang bekas, tetapi harus berkualitas bagus. Jika sudah mendapatkannya, yang tidak boleh dilupakan juga adalah peralatan pendukung seperti mesin jilid, mesin pemotong, mesin laminating dan lain-lain.

Peluang usaha sampingan yang beromzet jutaan, jasa fotokopi. Mau?
Peluang usaha sampingan yang beromzet jutaan, jasa fotokopi. Mau?

Jika anda ingin mendapatkan semua peralatan tersebut, bisa mencari lewat iklan media massa baik lokal daerah maupun skala nasional. Disarankan untuk tidak memesannya via telepon, melainkan datang langsung ke tempat tersebut agar bisa memeriksa dan mengetahui kualitas dan kelebihan masing-masing mesin.

Hambatan

Kendala yang bisa terjadi dalam bisnis ini adalah stok bahan baku yang bisa saja habis. Hal ini pernah terjadi ketuka kertas cukup sulit di cari di Indonesia, dan tinta pun juga pernah begitu langka. Selain itu harus di perhitungkan persaingan yang ada.

Kunci Sukses Bisnis Fotokopi

Peluang usaha sampingan ini tergantung pada kualitas hasil fotokopi kita. Banyak orang yang berbisnis di bidang ini mengungkap agar tidak menggunakan sembarang bahan baku. Ketika pernah terjadi bahan baku langka, mereka menggunakan kertas dan tinta yang didapat seadanya dengan kualitas tidak baik. Akibatnya, hampir semua pelanggan mereka protes dan tidak sedikit yang lari.

Untuk menambah kepuasan pelanggan, kita bisa memberikan fasilitas antar jemput untuk jumlah tertentu. Selain pelanggan puas, jumlah keuntungan kitapun bisa berlipat. Juga bisa ditambah dengan kita menjual peralatan tulis menulis, karena sebagian pelanggan bisa membutuhkannya setiap saat.

Jika permintaan pelanggan semakin banyak, kita sebaiknya terus menambah jumlah mesin fotokopi dan memperluas tempat usaha kita. Ini diperlukan apabila anda ingin peluang usaha sampingan ini akan terus berkembang dan maju.

Analisis Usaha

Investasi Awal 
2 mesin fotokopi bekas, bahan baku, dll.Rp 60.000.000,-
Biaya Operasional
Gaji 4 karyawanRp 2.400.000,-
Bahan BakuRp 2.000.000,-
Listrik & lain-lainRp 600.000,-
TOTALRp 5.000.000,-
Omzet per bulanRp 7.000.000,-
Laba per bulanRp 2.000.000,-
Analisis BEP30 bulan

Referensi: www.bisnisusaha.info

Loading...