PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Cara Membangun Kekayaan dengan Cepat via 5 Langkah ini

0 55

Ada banyak hal yang berkaitan dengan membangun kekayaan sehingga dibutuhkan lebih dari satu artikel untuk menjelaskan semuanya. Akan tetapi, ada beberapa langkah umum yang seringkali digunakan orang-orang yang telah sukses membangun kekayaannya. Berikut cara membangun kekayaan dengan cepat menggunakan 5 langkah.

Dalam artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan bagaimana langkah sederhana dalam membangun kekayaan dari nol. Sebagai tindak lanjutnya, kami juga telah kumpulkan lima langkah panduan sederhana untuk membantu Anda mendapatkan awal yang baik dalam membangun kekayaan seumur hidup.

Berikut cara membangun kekayaan dengan cepat menggunakan langkah-langkah sederhana ini:

  • Langkah 1: Tetapkan Tujuan Spesifik

Penetapan tujuan adalah tugas yang mudah ditunda – terutama saat Anda sangat sibuk dalam aktivitas sehari-hari. Namun, penetapan tujuan adalah hal yang pertama dan salah satu langkah terpenting yang akan Anda ambil sebagai cara membangun kekayaan dengan cepat.

Tetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Tujuan jangka pendek mungkin tujuan harian, mingguan dan bulanan. Ini harus mengungkapkan bagaimana dan dimana kondisi finansial pada waktu tertentu dalam waktu dekat. Anda memerlukan pemahaman akan perencanaan keuangan yang baik.

Tujuan jangka panjang mencakup jumlah kekayaan yang ingin dikumpulkan dalam waktu satu tahun, dua tahun, atau bahkan mungkin lima atau sepuluh tahun ke depan.

Kedua jenis tujuan itu diperlukan untuk membangun kekayaan. Tanpa tujuan, Anda bertanya-tanya secara membabi buta tanpa peduli atau memikirkan apa yang ada di depan. Pola hidup seperti ini pasti akan menghasilkan kesia-siaan bagi Anda!

  • Langkah 2: Buat Rencana Bisnis

Hampir sebagian besar orang yang sukses membangun kekayaan memiliki bisnis. Ini salah satu cara membangun kekayaan dengan cepat daripada jalur lainnya.

Setiap bisnis sukses dari masa lalu dan hari ini dimulai dengan sebuah rencana. Rencana bisnis tersebut harus menggambarkan di mana posisi sekarang, di mana Anda berencana untuk berada di masa depan, dan bagaimana Anda akan sampai di sana. (Baca Lebih Lanjut: 5 Tips Menulis Rencana Bisnis Lebih Baik)

Tuliskan beberapa catatan ini di atas kertas. Kemudian, isi kekosongan tersebut untuk membuat rencana bisnis secara garis besar. Ini lebih mudah dari yang dipikirkan.

Tuliskan beberapa hal berikut:

  • Total penghasilan Anda saat ini
  • Keuntungan dan pengeluaran bisnis (jika Anda sudah memiliki bisnis)
  • Anggaran bisnis (atau anggaran pribadi jika bekerja untuk orang lain)
  • Modal awal untuk mempromosikan dan mengoperasikan bisnis
  • Rencana untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan (sumber modal)
  • Rencana pengeluaran (promosi, persediaan, persediaan, biaya online, dll)
  • Harapan (Hasil apa yang Anda harapkan dari usaha awal Anda?)

Membuat rencana bisnis merupakan langkah penting untuk membangun kekayaan melalui bisnis Anda sendiri. Bahkan jika tidak memiliki bisnis, Anda harus menuliskan rencana serupa untuk mencapai tujuan kekayaan pribadi Anda.

  • Langkah 3: Hindari Hutang Buruk / Berbahaya

Cara membangun kekayaan dengan cepat selanjutnya adalah dengan menghindari hutang berbahaya. Utang adalah salah satu alasan utama banyak orang tidak pernah mengumpulkan kekayaan. Tapi ingat, ada dua jenis utang: hutang buruk / berbahaya dan hutang baik.

Hutang yang buruk / berbahaya adalah hutang yang Anda buat untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan seperti belanja yang berlebihan, barang mewah, mobil mahal yang tidak dapat dibayar, dll.

Utang yang harus dibayar adalah hutang kebanyakan orang harus hidup, seperti cicilan rumah, cicilan mobil (terjangkau), medis, perguruan tinggi, dll. Utang ini adalah bagian dari kehidupan kebanyakan keluarga dan akan bertahun-tahun lamanya.

Namun, bahkan jenis hutang ini harus dijaga dengan baik dan tidak melampaui pendapatan. Jika Anda hanya mampu membayar pinjaman mobil seharga 2 juta / bulan, kemudian cari mobil dengan pinjaman yang sesuai dengan kemampuan tersebut. Jangan menyerah pada godaan dan tekanan untuk membeli mobil yang lebih bagus dan mahal dengan pembayaran 4 juta / bulan. Ini tidak sebanding dengan risikonya!

Anda mungkin bertanya, “Apakah langkah-langkah ini adalah salah satu cara membangun kekayaan dengan cepat?”

Hutang adalah kebalikan dari kekayaan. Semakin banyak hutang yang dimiliki, semakin sedikit kekayaan yang akan dikumpulkan. Anda tidak bisa menghemat uang atau menginvestasikan uang milik orang lain.

Jika Anda memperoleh penghasilan 30 juta bulan ini, namun berhutang hingga 20 juta untuk pinjaman (sebelum biaya hidup sehari-hari), Anda mungkin tidak mempunyai uang tambahan untuk disimpan.

Anda harus mendapatkan lebih banyak atau menjual beberapa barang untuk melunasi hutang tersebut. Anda harus menghindari “perangkap hutang” jika Anda berniat membangun kekayaan untuk masa depan.

Jenis hutang lainnya adalah hutang bisnis. Anda dapat mengambil pinjaman usaha kecil untuk memulai atau mempromosikan bisnis. Jika Anda tidak yakin apakah bisnis akan menghasilkan keuntungan, cobalah menghindari hutang bisnis sampai Anda mengujinya terlebih dahulu.

  • Langkah 4: Kembangkan Rencana Pribadi

Poin sebelumnya, Anda mengembangkan rencana bisnis. Sekarang saatnya membuat rencana pribadi. Tugas apa yang akan dilakukan setiap hari untuk membangun kekayaan. Letakkan diri Anda pada jadwal dan anggaran yang ketat.

Bekerjalah sesuai dengan tujuan Anda setiap hari dengan membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan dan menandai setiap item dalam daftar saat Anda menyelesaikan tugas.

Dalam anggaran Anda, sertakan sejumlah uang yang akan disimpan dalam tabungan (tabungan, saham, obligasi, dll.) Jika Anda berencana untuk berinvestasi, pastikan untuk melakukan diversifikasi investasi Anda. Pilih hanya satu atau dua investasi berisiko tinggi dan beberapa investasi “lebih aman” seperti reksadana atau obligasi.

  • Langkah 5: Tetap fokus pada Sasaran, bukan Keadaan

Tidak peduli keadaan seperti apa Anda sekarang, perhatikanlah tujuan pembangunan kekayaan Anda di depan. Bahkan jika penjualan turun dalam bisnis, jangan berhenti begitu saja di jalur Anda. Ingat, bisnis mengalami pasang surut.

Jika Anda tetap teguh dengan tujuan yang telah ditetapkan selama masa-masa sulit, maka pasti akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Penghasilan akan tumbuh dan Anda akan memiliki uang ekstra yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan membangun kekayaan lebih cepat.

Singkatnya, membangun kekayaan tidak terjadi pada malam hari dengan satu program cepat kaya. Itu memang benar. Tetapi dengan sikap konsisten menuju tujuan dan tugas yang telah diciptakan, maka akan mencapai kekayaan jauh lebih cepat daripada tidak melakukannya. Anda bisa membangun kekayaan untuk masa depan jika Anda tidak goyah dari beberapa langkah di atas yang telah terbukti kepada banyak orang.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.