Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.167
-0.3%
Rp16.129
-0.21%
Rp18.015
-0.1%
Rp132
-0.16%
Rp9.849
-0.59%
Rp3.777
-0.29%
Rp2.060
-0.18%
Rp10.460
-0.34%
Rp10.724
-0.54%
Rp14.530
-0.31%
Rp9.361
-0.53%

Kiat Memulai Usaha agar Sukses di Masa Depan

0 91

Membangun sebuah bisnis yang sukses dan menguntungkan di masa depan bukanlah tugas yang mudah. Banyak sekali faktor yang mempengaruhinya. Anda pasti membutuhkan kiat memulai usaha agar sukses, khususnya jika masih pemula.

Banyak kiat memulai usaha yang bisa dilakukan, baik dari internal diri kita maupun dari faktor eksternal.

Dari faktor internal, faktor yang mempengaruhi bisnis itu bisa sukses atau tidak adalah mindset yang tepat sebagai seorang wirausaha, faktor pengetahuan tentang bisnis yang sedang dibangun, atau seberapa besar kerja keras kita dalam membangun bisnis tersebut.

Untuk faktor eksternal, yang berpengaruh terhadap bisnis yang baru dimulai seperti, kompetisi, permintaan dan waktu, dll yang tentunya Anda tak memiliki atau hanya sedikit kontrol di awal.

Dari beberapa faktor tersebut, kita harus memiliki rencana bisnis yang tepat dan sehat sehingga peluang mencapai kesuksesan dalam bisnis akan semakin terbuka lebar.

Berikut kiat memulai usaha yang sebaiknya dipertimbangkan saat sedang membangun bisnis dari bawah, yaitu:

1. Tentukan bisnis Anda dari awal

Apa yang akan Anda jual? Apakah lebih memilih produk atau jasa? Pertanyaan ini tentu tak mudah dijawab, ketika kita memikirkannya.

Sebagai contoh, bisnis sukses Nike memilih untuk terjun di bisnis olahraga. Tetapi, ketika kita membeli sepatu Nike atau T-Shirt Nike, kita tidak hanya sekedar membelinya sebagai sebuah sepatu olahraga.

Ketika kita membeli Nike, kita membeli lifestyle, membeli perasaan nyaman, membeli kepuasan.

Itulah yang perlu dipikirkan dari sejak awal. Apakah bisnis yang Anda bangun ke depannya ala kadarnya aja, tanpa memiliki nilai lebih yang ditawarkan pada konsumen.

Perlu diingat, ada banyak produk yang dijual dengan nilai yang melebih produk itu sendiri. Produk Anda nantinya adalah produk yang bisa memisahkan dari pesaing.

Produk yang memiliki nilai lebih, misalkan dengan menawarkan kenyamanan, inovasi, gaya hidup, atau lain sebagainya.

2. Pilih Pasar Anda

Ini kiat memulai usaha selanjutnya. Anda ingin jual kemana produk tersebut? Siapa yang menjadi target dari produk Anda tersebut? Apa saja yang Anda ketahui tentang calon konsumen Anda?

Memahami calon konsumen Anda merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam sebuah bisnis.

Aktivitas apa saja yang calon konsumen Anda lakukan? Dimana saja mereka biasa hangout? Atau apa saja tontonan mereka di televisi?

Ini adalah beberapa pertanyaan yang harus mampu dijawab tentang calon konsumen Anda tersebut. Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, ini akan sangat membantu ketika nantinya akan merancang strategi pemasaran bisnis Anda.

Ini yang harus direncanakan sejak dini, agar nantinya Anda tidak kebingungan atau asal-asalan dalam menjalankan bisnis.

3. Rancang Strategi Pemasaran

Poin selanjutnya dari kiat memulai usaha adalah merancang strategi pemasaran sejak dini.

Bagaimana Anda nantinya berkomunikasi dengan calon konsumen? Ini merupakan puncak dalam memahami brand produk dan calon konsumen.

Seperti disebutkan poin no.2, bahwa memahami konsumen akan sangat membantu dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Kiat memulai usaha agar sukses
Kiat memulai usaha agar sukses

Dimana Anda harus memasang iklan? Berapa harga yang tepat untuk demografi tertentu pasar Anda?

Anda harus merancang dengan tepat bagaimana berkomunikasi baik dengan konsumen nantinya.

4. Belajar dari Contoh Nyata Kesuksesan

Carilah nasihat dari para mentor yang memang telah berhasil membangun kesuksesan bisnis mereka dari sejak di bawah hingga atas.

Ada banyak cara untuk mempelajari contoh nyata ini, bisa dengan membaca buku kisah sukses para entrepreneur, mengikuti seminar entrepreneurship, mengikuti kelompok bisnis, dan lain sebagainya.

Membangun bisnis juga perlu upgrade ilmu dan skill kita, disamping action. Ilmu tanpa action, akan sia-sia belaka, but, action tanpa ilmu akan menjerumuskan kita ke jalan yang salah. Seimbangkan keduanya.

Dan ingat, dari beberapa kiat memulai usaha di atas, yang paling penting adalah memahami bahwa membangun bisnis yang sukses itu tak hanya bicara tentang uang dan keuntungan.

Membangun bisnis juga berbicara tentang kebermanfaatan bagi banyak orang. Bermanfaat dan membawa keberkahan, itulah yang terpenting.

Referensi Tambahan:

www.bisniskecil.org

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.