Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.067
+0.15%
Rp15.551
-0.05%
Rp17.553
-0.16%
Rp130
+0.12%
Rp9.620
+0.23%
Rp3.749
+0.17%
Rp1.984
+0.07%
Rp10.237
+0.04%
Rp10.610
-0.04%
Rp14.134
+0.1%
Rp8.906
+0.24%

7 Tips Sederhana Memulai Usaha Kecil agar Sukses!

0 58

Jika saat ini anda mulai terpikirkan untuk memulai sebuah usaha kecil, maka lakukanlah! Jangan terlalu banyak berpikir yang akhirnya akan menghambat anda untuk membangun sebuah usaha kecil. Apapun bentuk usahanya, yang terpenting adalah anda memulainya. Jangan khawatirkan tentang resiko ini itu. Carilah energi positif untuk segera memulai usaha kecil milik anda sendiri.

Berikut adalah beberapa tips yang akan memudahkan anda untuk menjalankan usaha kecil agar menjadi sukses di masa depan.

1. Memiliki Visi yang Terarah

Inilah hal yang paling mendasar untuk membentuk usaha kecil yang sukses. Anda harus mengetahui secara persis mau kemana usaha yang ingin anda rintis. Apa yang ingin anda lihat di usaha kecil startup anda di masa depan? Kapan target bisnis yang anda bangun ini bisa sukses? Ketika bangun di pagi hari, Anda tahu apa tindakan yang harus diambil untuk menuju kesuksesan. Tetapkan visi usaha kecil anda dari awal. Walaupun dalam skala kecil, setiap bisnis yang dibangun harus mempunyai visi jangka panjang.

2. Take Action

Perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan adalah tindakan yang diambil. Bukan hanya sebatas ide. Kegagalan dalam hidup adalah orang-orang yang tahu apa yang harus mereka lakukan, tapi tidak pernah melakukannya. Kesuksesan para pemilik usaha kecil karena melakukan tindakan pada ide-ide mereka, orang-orang yang tidak pernah mengatakan, “Saya berharap saya telah melakukan …” Maka, ambil tindakan (take action) saat ini juga, jangan tunda!

3. Carilah Masukan

Ada pepatah mengatakan bahwa umpan balik adalah sarapan para juara. Di awal membangun usaha kecil, Anda harus terus-menerus mencari umpan balik tentang semua aspek dari bisnis tersebut. Aspek apa yang berhasil? Aspek apa yang belum berhasil? Apa yang perlu diubah? Berbicara dengan pelanggan, pemasok, manajer bank, akuntan – siapa saja yang dapat memberikan Anda dengan perspektif yang baru dan konstruktif.

Salah satu ide usaha kecil yang menarik, sepatu lukis.
Salah satu ide usaha kecil yang menarik, sepatu lukis.

4. Cari Tahu Apa yang Anda Tidak Mampu

Anda tidak bisa berharap untuk mengetahui segala sesuatu tentang menjalankan bisnis. Analisis tentang diri anda sendiri, ketrampilan skill apa saja yang perlu dikembangkan dari diri anda. Setelah mengetahui apa saja skill yang perlu di-upgrade, carilah sarana untuk mengembangkannya, bisa dengan membaca buku, mengikuti kursus, mencari mentor bisnis, dll.

5. Selalu Fokus

Jangan ada yang mengalihkan perhatian Anda dari pencapaian tujuan visi. Selalu benamkan dalam pikiran anda, bahwa hari-hari anda diawali dengan langkah-langkah untuk mencapai kesuksesan usaha kecil yang sedang dirintis tersebut, jangan teralihkan dengan hal-hal selain pencapaian kesuksesan bisnis anda.

6. Ambil Risiko!

Anda tidak akan pernah mencapai apa-apa jika tidak siap untuk melompat dari tebing beberapa kali! Bukan berbicara tentang risiko yang akan menempatkan bisnis dalam bahaya, hanya risiko yang direncanakan dan dipikirkan, namun pada saat yang sama menguji setiap bisnis untuk berkembang lebih maju.

7. Berpikir Positif

Ya, hal ini memang klise, tetapi memang benar dan ampuh. Lihat sisi positif dalam segala hal. Jika sesuatu tidak berjalan dengan baik, maka latihlah diri anda untuk bertanya dalam hati, “Apa dan bagaimana solusi terbaik untuk keluar dari masalah ini?” Memahami bahwa dalam setiap masalah ada potensi untuk mendapatkan solusi yang baik.

Referensi: Wikipedia

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.