Usaha Warung Kopi, Modal Minim Profit Stabil

1 935

Di sekitar kita, pasti ada orang-orang yang terkadang tidak bisa tidur hingga malam, dan mereka mencari tempat untuk sekedar mengobrol atau melepas bosan. Oleh karena itu, saat ini begitu banyak orang yang memulai membuka usaha warung kopi. Kenapa usaha warung kopi? Karena pengelolaan yang mudah, pasar yang yang luas dan modal tidak terlalu besar membuat usaha warung kopi ini menggiurkan untuk dicoba.

Usaha warung kopi biasa dibuka pada sore hari hingga dini hari. Jika anda masih bekerja sebagai karyawan, anda bisa mengelolanya meskipun beberapa jam saja datang untuk memeriksa stok dan pendapatan.

Target Konsumen Usaha Warung Kopi

Usaha warung kopi ini menargetkan konsumen orang-orang yang biasa tidur malam hari dan penggemar berat kopi. Di samping itu, anda bisa menjual makanan juga.

Bagaimana Memulai Usaha Warung Kopi?

Faktor awal dan yang utama dalam memulai usaha warung kopi adalah tempat. Tempat haruslah strategis, misalkan di dekat kampus, pinggir jalan raya dan sebagainya. Ruangan yang dibutuhkan sekitar 200 meter persegi sudah memadai.

Jika tempat sudah bisa anda dapatkan, selanjutnya mencari pegawai sambil merenovasi tempat dan membeli berbagai peralatan misalkan alat masak, meja, kursi, penghangat kopi, dan lain-lain.

Bagaimana memulai usaha warung kopi?
Bagaimana memulai usaha warung kopi?

Begitu semua sudah siap, anda bisa mulai memasang iklan dan promosi lewat pamflet atau brosur ke kampus-kampus dan tempat tongkrongan lain. Untuk soft opening, anda bisa memberikan promo harga diskon selama satu minggu sampai satu bulan.

Hambatan

Usaha warung kopi memiliki hambatan yakni mencari bahan baku, karena jika anda belum mengetahui tempatnya, anda bisa kesulitan untuk mendapatkannya. Hambatan lain biasanya berupa kompetitor yang memiliki usaha sejenis.

Kunci Sukses Usaha Warung Kopi

Kopi ini ada berbagai macam, seperti cappucino, mocca, latte, kopi susu dan berbagai variasi kopi lainnya dari berbagai negara yang memiliki ciri dan citarasa masing-masing. Sangat direkomendasikan untuk menyediakan jenis-jenis kopi tersebut selengkap mungkin agar konsumen puas dan tetap datang ke warung kopi anda.

Sebagai tambahan, anda tentu sebaiknya tidak menjual berbagai jenis kopi saja, tetapi beberapa makanan, seperti mie instan, roti panggang, atau makanan ringan, seperti snack dan gorengan. Agar konsumen tidak bosan, anda bisa menyediakan musik, televisi, atau jaringan internet wifi bagi konsumen yang doyan surfing di internet. Tips memulai usaha warung kopi, anda bisa lihat disini.

Analisis BEP

Investasi Awal 
Sewa tempat, peralatan, dan renovasiRp 60.000.000,-
Biaya Operasional
Gaji pegawai 4 orangRp 4.000.000,-
Bahan Baku dan ListrikRp 6.000.000,-
TOTALRp 10.000.000,-
Omzet per bulanRp 15.000.000,-
Laba per bulanRp 5.000.000,-
Analisis BEP1 tahun

Loading...