Toko Distro, Bisnis yang Menjanjikan Profit Besar

0 395

Di dunia bisnis itu sendiri terdapat falsafah yaitu dengan pengorbanan yang minimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Faktanya, menjalankan falsafah ini tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tetapi, hal ini tidak terjadi untuk bisnis yang menjanjikan berikut ini, bisnis clothing dan distribution store (distro). Bisnis yang menjanjikan ini memang layak untuk dicoba, karena potensi mendapatkan profit/keuntungan besar. Bisnis distro mengikuti tren mode anak muda dan konsumennya pun bejibun.

Jika anda saat ini masih memiliki pekerjaan tetap, maka tidak bisa menjaga dan mengelola toko distro ini sendiri. Jadi, anda memerlukan beberapa pegawai agar pekerjaan dan usaha anda bisa berjalan bersamaan.

Target Konsumen

Sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan keuntungan, toko distro menargetkan konsumen yang paling besar adalah anak muda, terutama yang selalu mengikuti tren mode kekinian.

Bagaimana Memulai Toko Distro, Bisnis yang Menjanjikan Profit ini?

Sebagai modal dalam bisnis ini, anda haru memiliki atau menyewa tempat yang agak luas, kira-kira minimal 60 meter persegi. Untuk menambah kesan nyaman, display dan warna tembok pun harus diperhitungkan sedemikian rupa. Semua hal harus disesuaikan dengan selera dan jiwa anak muda.

Salah satu bisnis yang menjanjikan keuntungan besar di masa depan, bisnis distro
Salah satu bisnis yang menjanjikan keuntungan besar di masa depan, bisnis distro

Jika ruangan untuk display sudah siap, langkah selanjutnya adalah dengan menyediakan stok baik kaos, topi, tas, dan sepatu dengan memproduksi sendiri dan menerima titipan dari clothing lain yang biasanya menggunakan sistem konsinyasi. Selanjutnya, agar target konsumen anda mengetahui tentang toko distro milik anda, sebarkan brosur di tempat-tempat yang biasanya digunakan tempat nongkrong anak muda, seperti cafe, mall, hingga gedung bioskop.

Tantangan dan Hambatan

Pemasaran adalah unsur terpenting dalam bisnis yang menjanjikan ini. Selain itu juga, desain-desain produk yang di-display harus sesuai dengan selera pasar anak muda.

Kunci Sukses Usaha Distro

Distro yang banyak dicari oleh anak muda adalah toko yang menyediakan produk terlengkap, dan tempat nyaman. Sebagai tambahan, beberapa distro hanya menyediakan produk limited edition. Target mereka adalah bahwa beberapa orang tidak suka jika produk yang mereka pakai ternyata berjumlah banyak, sehingga kemungkinan besar mereka menggunakannya di tempat yang sama secara bersamaan. Bagi orang-orang seperti mereka, hal ini sangat memalukan.

Pemasaran dan desain produk adalah salah satu unsur utama dari kesuksesan bisnis distro ini. Semakin banyak target pasar yang mengenal tempat anda, semakin banyak pula yang menjadi konsumen anda. Dan untuk desain, anak muda biasanya mencari desain yang tidak biasa dan unik. Jika bisa menyediakannya, anak muda pasti akan menjadi langganan tetap bisnis distro anda.

Analisis Usaha

Investasi Awal* 
Renovasi (cat, rak, display, dll)Rp 10.000.000,-
Stok produkRp 10.000.000,-
TOTALRp 20.000.000,-
Biaya Operasional
Gaji Pegawai (min. 2 orang)Rp 1.600.000,-
Listrik, telepon, dllRp 400.000,-
Stok produkRp 10.000.000,-
TOTALRp 12.000.000,-
Omzet per bulanRp 15.000.000,-
Laba (sekitar 20% dari omzet)Rp 3.000.000,-
Analisis BEP7 bulan

Catatan:

* Diluar biaya sewa tempat

Loading...