Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.221
+0.26%
Rp15.751
+0.6%
Rp17.289
-0.01%
Rp134
+0.25%
Rp9.639
+0.37%
Rp3.791
+0.29%
Rp2.020
+0.27%
Rp10.257
+0.08%
Rp10.687
+0.17%
Rp14.513
+0.53%
Rp9.151
+0.45%

Garage Sale, Peluang Usaha yang Menguntungkan & Minim Kompetitor

0 324

Garage sale adalah istilah untuk menyebut usaha atau toko yang khusus menjual produk-produk bekas yang masih dalam keadaan baik. Selain sangat mudah dalam pengelolaannya, semua orang pasti membutuhkan barang-barang ini walaupun sudah bekas terlebih lagi jika ditawarkan dengan harga murah. Garage sale termasuk salah satu usaha yang menguntungkan, yang keuntungan bisa didapatkan lebih besar daripada anda menjual produk yang masih baru. Produk baru keuntungan yang didapatkan mungkin berkisar antara 5% hingga 25% dari harga jual karena konsinyasi. Tetapi, dengan menjual produk bekas, keuntungan bisa mencapai 50% lebih.

Bisnis ini bisa dilakukan sendiri oleh anda, tetapi membutuhkan karyawan apabila saat ini status anda sedang bekerja di perusahaan lain.

Target Konsumen

Dalam usaha yang menguntungkan ini, hampir semua orang bisa menjadi konsumen anda, terutama orang yang menginginkan produk berkualitas baik dengan harga murah meskipun sudah bekas.

Bagaimana Memulai Peluang Usaha yang Menguntungkan ini?

Tempat yang harus disediakan dalam bisnis ini sebaiknya cukup luas karena produk yang akan di-display ada kemungkinan memiliki ukuran yang cukup besar. Untuk perkiraan, minimal memiliki luas kira-kira 60 meter persegi.

Stok barang bisa anda miliki sendiri atau bekerja sama dengan orang yang ingin produk bekasnya terjual dengan sistem menitipkan ke toko anda, dan anda bisa menambahkan harga yang diberikan oleh orang tersebut untuk mengambil keuntungan.

Garage sale, usaha yang menguntungkan dan minim kompetitor
Garage sale, usaha yang menguntungkan dan minim kompetitor

Selanjutnya, anda bisa mempromosikan toko anda tersebut. Ini bisa dilakukan dengan banyak cara, baik online maupun offline. Jika online, bisa melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dll, sedangkan offline bisa melalui pamflet dan brosur.

Tantangan & Hambatan

Sebagai salah satu usaha yang menguntungkan, bukan berarti bisnis ini tidak memiliki hambatan dan tantangan. Paling utama tantangan yang mesti anda hadapi adalah mencari dan menyediakan produk yang masih berkualitas baik untuk dijual kembali.

Kunci Sukses Usaha Garage Sale

Semakin lengkap produk yang anda display di toko, semakin besar kemungkinan anda mendapatkan keuntungan yang banyak. Selain itu, promosi tentang toko anda dan produk apa saja yang dijual didalamnya bisa membantu calon pelanggan jika ingin mencari dan membeli sesuatu.

Untuk meningkatkan daya jual, anda bisa memberikan hari khusu promosi dengan memberikan diskon khusus 10%-30%. Selain bisa menarik pengunjung, hali ini juga bertujuan agar pengunjung tersebut mengetahui produk yang dijual, dan mereka bisa mempromosikan gratis kepada kenalan, kerabat, teman tentang produk anda.

Jika memang stok masih sedikit, bisa dipenuhi dengan mencari sendiri di toko bekas lainnya atau berkeliling untuk menawarkan menjual barang yang sudah tidak dipakai.

Analisis Usaha

Investasi Awal* 
Renovasi TempatRp 15.000.000,-
Biaya Operasional
Listrik & TeleponRp 300.000,-
Gaji PegawaiRp 1.600.000,-
Lain-lainRp 100.000,-
TOTALRp 2.000.000,-
Omzet per bulanRp 4.000.000,-
Laba per bulanRp 2.000.000,-
Analisis BEP8 bulan

Catatan:

* Di luar biaya sewa tempat

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.