Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.009
+0.14%
Rp15.582
+0.24%
Rp18.054
+0.43%
Rp129
+0.21%
Rp9.593
+0.36%
Rp3.735
+0.13%
Rp1.982
+0.01%
Rp10.279
+0.19%
Rp10.694
+0.06%
Rp14.155
+0.29%
Rp8.989
+0.14%

6 Tips Mengasah Kemampuan Trading Saham Online Modal Kecil

0 57

Pertumbuhan signifikan trading saham online modal kecil membuktikan minat masyarakat yang tinggi terhadap jenis bisnis tersebut. Hal ini juga menghapus anggapan investasi sebagai usaha ‘mahal’. Hanya dengan sekian ratus rupiah saja, Anda bisa bermain saham di pasar modal dan mendapatkan untung besar.

Trading saham secara online pun mendukung perkembangan bisnis digital yang sedang menjadi tren. Meski tekniknya lebih mudah, kegiatan ini harus Anda lakukan dengan hati-hati mengingat banyaknya jumlah peminat yang bergabung.

Tips trading saham online modal kecil

Modal minim dan pengoperasian yang fleksibel adalah salah dua alasan yang menjadikan trading saham online sebagai bisnis populer di kalangan pemula.

Supaya trading saham online modal kecil yang digeluti berjalan lancar, Anda dapat terapkan langkah-langkah berikut ini:

Kenali istilah dasar di bursa saham

Terjun ke dunia trading saham tanpa memahami istilah-istilah dasar bak pergi ke sebuah tempat baru tanpa membawa peta. Anda dijamin bakal bingung saat dihadapkan pada frasa-frasa asing di dalamnya.

Oleh karena itu, bekali diri dengan mempelajari berbagai istilah dasar di bursa saham. Tiga di antaranya adalah blue chip, second liner, dan junk stocks.

Ketiga istilah tersebut merupakan jenis-jenis saham yang dikelompokkan sesuai kapitalisasi pasar. Dalam trading saham online modal kecil, kapitalisasi pasar merujuk pada jumlah saham yang beredar, lalu dikalikan harga saham.

Blue chip merupakan jenis saham lapis satu dengan kapitalisasi saham di atas Rp40 triliun. Kemudian, second liner adalah jenis saham lapis dua yang kapitalisasi pasarnya berada pada kisaran Rp500 miliar hingga Rp10 triliun.

Sementara junk stocks merupakan jenis saham lapis tiga yang kapitalisasi pasarnya di bawah Rp500 miliar. Dari sini, Anda akan lebih mudah memilih jenis saham sesuai modal awal.

Beli saham online yang bersifat likuid

Dalam dunia saham, likuid adalah istilah yang digunakan untuk saham yang mudah diperdagangkan. Anda yang membelinya tak akan kesulitan menjalankan trading saham online modal kecil, termasuk saat menjualnya atau menyimpannya dalam waktu lama sebelum diperjualbelikan di pasar saham.

Anda yang berniat menjadi trader tak boleh mengabaikan saham likuid dan non-likuid. Berbeda kalau Anda belum berencana main saham secara online karena kepemilikan saham likuid tidak memberikan pengaruh besar.

Di sisi lain, Anda tetap akan menerima dividen atau keuntungan perusahaan dari saham tiap tahunnya. Hanya saja, Anda harus lebih selektif menentukan saham di kemudian hari supaya tidak mengalami kerugian besar.

Tentukan saham dengan analisis

Beberapa orang masih menganggap trading saham online sama dengan jud1 (disamarkan). Kenyataannya, jual-beli saham di dunia virtual tetap membutuhkan analisis alih-alih asal menebak atau mengikuti insting.

Ada pun jenis analisis yang bisa Anda gunakan dalam trading saham online modal kecil di antaranya analisis fundamental dan analisis teknikal.

Analisis fundamental adalah jenis analisis yang dipakai untuk mengetahui baik tidaknya reputasi sebuah perusahaan berdasarkan performa dan laporan keuangan. Sementara analisis teknikal merujuk pada analisis yang dilakukan berdasarkan histori pergerakan saham dengan mengandalkan grafik atau chart. Nantinya, harga saham bisa Anda prediksi dengan mempelajari candlestick merah dan hijau.

Jual saat hijau dan beli saat merah

Kendati tren dan jenis saham terus mengalami perubahan, faktanya prinsip yang berlaku masih sama: jual saat harga sedang naik dan beli kala harganya turun. Kecekatan Anda dalam memantau harga akan membantu pengoptimalan trading saham online modal kecil.

Tanda untuk menjual dan membeli saham juga mudah dikenali. Dalam grafik atau indeks harga, warna merah mengindikasikan penurunan harga saham, sedangkan kenaikan harga ditandai warna hijau.

Anda yang kali pertama trading saham secara online harus memegang prinsip ini kalau tidak mau mengalami kerugian. Imbangi juga dengan membaca berita-berita dan kondisi psikologis pasar untuk menentukan waktu yang tepat.

Kendalikan panik dan stres

Dalam situasi-situasi tertentu, indeks harga saham mengalami penurunan dalam jangka waktu lama. Hal tersebut kerap kali menimbulkan kepanikan di kalangan investor maupun para trader yang sedang belajar trading saham online modal kecil. Bagaimanapun, tak ada seorang pun yang mau mengalami kerugian besar akibat kehilangan uang investasi.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan bila berhadapan dengan situasi seperti ini?

Pertama, kendalikan rasa panik. Mengambil keputusan di tengah pikiran yang sedang kalut akan memberikan solusi yang kian memperparah situasi. Stres juga akan memperunyam suasana.

Menurut pakar pasar modal Warren Buffet, saat terjadi penurunan, segera beli saham-saham yang telah lama Anda incar sebelum harganya kembali naik. Simpan saham-saham tadi, lalu tunggu momen harga naik untuk menjualnya di pasar modal.

Hindari saham yang harganya cepat naik

Langkah terakhir yang bakal memuluskan trading saham online modal kecil yang Anda tekuni adalah menghindari jenis saham yang harganya cepat meroket atau junk stocks.

Jenis saham ini memang menjanjikan, tetapi hanya akan memberikan benefit bagi para trader senior dan profesional yang sudah menguasai teknik-teknik trading terbaik. Lain ceritanya dengan pemula yang belum bepengalaman.

Secepat harganya meroket, secepat itu pula junk stocks berpotensi kembali dijual. Hal ini jelas bakal merugikan para trader yang berencana menyimpan saham untuk jangka panjang. Jadi bila Anda melihat jenis saham seperti ini, sebaiknya jangan cepat terpancing dan analisis terlebih dahulu.

Semoga trading saham online modal kecil Anda berjalan sukses!

Loading...