Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.284
-2.14%
Rp16.056
-2.18%
Rp17.539
-2.16%
Rp136
-2.14%
Rp9.645
-2.14%
Rp3.809
-2.14%
Rp2.013
-2.14%
Rp10.299
-2.14%
Rp10.714
-2.01%
Rp14.658
-2.15%
Rp9.146
-2.14%

Mengenal Tentang Kapitalisasi Pasar (Market Cap)

0 203

Salah satu terminologi penting untuk dipahami dalam bisnis atau keuangan adalah mengenai market capitalization atau kapitalisasi pasar. Simak uraiannya dalam artikel berikut.

Apa itu Kapitalisasi Pasar (Market Cap)

Yang dimaksud dengan market capitalization itu mengacu pada total nilai pasar dolar (atau rupiah, yen, dst) dari saham perusahaan yang beredar. Biasanya, seringkali disebut sebagai market cap, yaitu dihitung dengna mengkalikan saham perusahaan yang beredar dengan harga pasar untuk satu saham.

Komunitas investor menggunakan angka tersebut untuk menentukan ukuran perusahaan, bukan menggunakan angka penjualan atau total asetnya.

Sangat penting untuk menggunakan market cap dalam rangka menunjukkan ukuran perusahaan. Ini karena ukuran perusahaan adalah penentu mendasar tentang beragam karakteristik yang diminati oleh investor, termasuk juga risiko. Selain juga, mudah dalam menghitungnya.

Sebagai contoh, peruahaan dengan 20 juta saham yang dijual di harga $100 per sahamnya, akan memiliki market cap senilai $2 miliar.

Penjelasan Lebih Lanjut Mengenai Kapitalisasi Pasar (Market Cap)

Peringkat Kapitalisasi Pasar

Market cap ini terbilang cukup ringkas dan efektif dalam menilai risiko, sehingga menjadi metrik yang membantu dalam menentukan saham mana yang diminati. Selain itu, akan membantu investor untuk melakukan diversifikasi portofolio dengan perusahaan-perusahaan dari berbagai ukuran.

Perusahaan yang berkapitalisasi besar, pada umumnya, punya nilai market cap sekitar $10 miliar atau lebih. Biasanya, perusahaan-perusahaan ini sudah hadir sejak lama dan merupakan pemain utama di industri yang sudah mapan.

Melakukan investasi di perusahaan besar tidak selalu menghasilkan keuntungan besar untuk jangka waktu singkat. Akan tetapi, untuk jangka waktu panjang, perusahaan tersebut umumnya begitu menghargai investor dengan peningkatan konsisten nilai saham serta pembayaran dividen.

Berinvestasi pada perusahaan besar tidak selalu menghasilkan keuntungan besar dalam waktu singkat, tetapi dalam jangka panjang, perusahaan-perusahaan ini umumnya menghargai investor dengan peningkatan yang konsisten dalam nilai saham dan pembayaran dividen. Salah satu contoh dari perusahaan besar adalah Honda Motor Company, Ltd.

Selain perusahaan besar, ada juga perusahaan menengah yang memiliki rentang market cap sekitar $2 miliar – $10 miliar. Perusahaan menengah merupakan perusahaan mapan yang beroperasi di industri yang diharapkan akan mengalami pertumbuhan cepat.

Perusahaan menengah ini biasanya dalam proses ekspansi. Perusahaan tersebut memiliki risiko yang secara inheren lebih tinggi dibandingkan perusahaan besar. Akan tetapi, perusahaan menengah banyak dilirik oleh investor karena potensi pertumbuhan bisnisnya.

Kategori perusahaan berdasarkan market cap-nya berikut adalah perusahaan kecil. Perusahaan ini berkapitalisasi pasar di bawah $2 miliar. Perusahaan-perusahaan kecil umumnya masih berusia muda dan berada di industri / niche pasar baru.

Perusahaan-perusahaan ini dianggap investasi risiko yang lebih tinggi karena faktor usianya, pasar yang mereka layani, dan ukuran perusahaannya. Perusahaan kecil dengan sumber daya lebih sedikit, lebih sensitif terhadap perlambatan ekonomi.

Untuk membuat keputusan investasi, Anda mungkin perlu mempertimbangkan market cap dari beberapa investasi. Untuk informasi lebih lanjut tentang kapitalisasi pasar, baca artikel Memahami Saham Kecil dan Besar.

Kesalahpahaman tentang Kapitalisasi Pasar (Market Cap)

Walaupun lebih sering digunakan untuk menggambarkan tentang perusahaan, market capitalization ini tidak mengukur nilai ekuitas perusahaan. Hanya analisis menyeluruh tentang fundamental perusahaan yang dapat melakukannya.

Tidaklah cukup untuk menilai sebuah perusahaan karena harga pasar yang menjadi dasarnya tidak mencerminkan seberapa besar nilai sebuah bisnis. Saham sering dinilai terlalu tinggi atau undervalued oleh pasar, artinya harga pasar hanya menentukan seberapa besar pasar bersedia membayar untuk sahamnya.

Meskipun ini mengukur biaya pembelian semua saham perusahaan, kapitalisasi pasar tidak menentukan jumlah biaya yang akan dikeluarkan perusahaan dalam transaksi merger. Metode yang lebih baik dalam menghitung harga untuk memperoleh bisnis secara langsung adalah nilai perusahaan.

Perubahan Kapitalisasi Pasar

Dua faktor utama dapat mengubah kapitalisasi pasar perusahaan: perubahan signifikan dalam harga saham atau ketika perusahaan menerbitkan atau membeli kembali saham.

Seorang investor yang menjalankan sejumlah besar waran juga dapat meningkatkan jumlah saham di pasar. Selain itu, secara negatif mempengaruhi pemegang saham dalam proses yang dikenal sebagai dilusi.

Loading...
Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.