Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.177
-0.35%
Rp15.585
-0.07%
Rp17.898
-0.54%
Rp131
-0.24%
Rp9.560
-0.16%
Rp3.780
-0.34%
Rp2.002
-0.13%
Rp10.337
-0.17%
Rp10.713
-0.31%
Rp14.192
-0.06%
Rp8.875
+0.01%

Tertarik Berbisnis Mobil Toko? Cek Disini Analisis Usahanya

0 2.495

Bisnis mobil toko sangatlah menarik, karena fleksibel dan bisa dibawa kemana-mana. Selain itu, usaha ini tidak membutuhkan sewa tempat dan bisa memangkas berbagai macam biaya.

Bisnis mobil toko ini bisa menjalankan beberapa bisnis potensial seperti penjualan makanan dan minuman, es krim, roti, penyewaan buku, dan lain sebagainya.

Biaya yang dikeluarkan per bulannya pun relatif tidak terlalu banyak, seperti biaya transportasi dan pegawai, sementara keuntungannya bisa berlipat-lipat.

Tergantung dari core bisnis apa yang akan dijalankan, setidaknya Anda membutuhkan minimal 2 orang pegawai untuk menjalankan bisnis ini, yaitu sebagai supir dan penjaga toko.

Target Konsumen

Konsumen yang akan ditargetkan untuk bisnis ini tergantung usaha yang dipilih. Dalam hal ini, kita akan membahas bisnis mobil toko untuk usaha makanan dan minuman. Target pasarnya pun bisa dari semua orang dan kalangan.

Bagaimana Memulai Usaha Mobil Toko ini?

Untuk memulai usaha ini, pertama kali yang harus dilakukan adalah menentukan jenis bisnis apa yang akan dijalankan. Lakukan riset pasar terlebih dahulu, di sekitar area bisnis yang ingin ditempati.

Selanjutnya, jika sudah memiliki gambaran tentang rencana bisnis yang hendak dijalankan, Anda harus memiliki sebuah mobil yang dimodifikasi sedemikian rupa hingga bisa menjadi display dan tempat untuk makan di setiap sisinya. (jika memilih menjalankan bisnis makanan dan minuman)

Setelah itu, siapkan juga peralatan lain seperti kursi, sendok, piring, alat masak, dan sebagainya.

Untuk memudahkan memodifikasi mobil toko, Anda bisa juga menggunakan jasa modifikasi mobil, seperti yang ditawarkan oleh MobilResto.com. Tentu saja, biaya modal awal akan lebih banyak dengan menggunakan jasa ini.

Karena bisnis ini menggunakan mobil dan fleksibilitas tinggi, Anda bisa memilih tempat yang bisa dituju. Jika dalam beberapa hari hasilnya ternyata kurang memuaskan, bisa mencari tempat lain sampai ditemukan tempat yang pas.

Tantangan & Hambatan

Tantangan yang akan dihadapi, tentu sangat terkait dengan core bisnis yang hendak dijalankan.

Jika memilih bisnis makanan dan minuman, maka kualitas dan rasa masakan merupakan poin sangat penting yang harus diperhatikan benar-benar agar bisa menarik calon pelanggan.

Selain itu, di beberapa kota, bisnis mobil toko ini sudah menjamur, yang memperketat persaingan Anda dalam menjalankan bisnis tersebut.

Usaha mobil toko layak dipertimbangkan jika ingin mencari peluang bisnis
Usaha mobil toko layak dipertimbangkan jika ingin mencari peluang bisnis

Kunci Sukses Bisnis Mobil Toko

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis mobil toko ini adalah dari segi penampilan dan fungsi mobil yang telah didesain khusus.

Semakin menarik tampilannya dan memberikan rasa nyaman ketika digunakan oleh pelanggan, maka akan semakin banyak calon pelanggan yang tertarik dengan usaha yang Anda miliki.

Citarasa makanan & minuman yang menjadi inti usaha Anda, haruslah benar-benar dijaga. Buatlah produk makanan & minuman yang juga memiliki keunikan, dari segi rasa ataupun packaging.

Terkait masalah citarasa, maka pemilihan pegawai yang khusus menjadi koki, dibutuhkan seleksi ketat untuk menjaga kualitas masakan.

Selain itu, kebersihan baik dari makanan maupun peralatan memasak juga harus menjadi perhatian.

Analisis BEP

Investasi Awal 
Mobil (bekas) & modifikasiRp 75.000.000,-
Peralatan memasak & makanRp 10.000.000,-
TOTALRp 85.000.000,-
Biaya Operasional
Gaji pegawai 2 orangRp 3.000.000,-
TransportasiRp 500.000,-
Bahan baku masakanRp 3.000.000,-
TOTALRp 6.500.000,-
Omzet per bulanRp 11.000.000,-
Laba per bulanRp 4.500.000,-
Analisis BEP> 1 tahun
Loading...