PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Ingin Belajar Usaha? Bisa Dimulai dengan Jual Es Batu

0 433

Memulai sebuah usaha memang disarankan diawali dari usaha yang sederhana dan mudah terlebih dahulu. Ini dilakukan agar kita tidak terlalu sulit untuk memulainya, risiko pun tidak terlalu besar. Salah satu usaha yang bisa dilakukan adalah jual es batu.

Usaha jual es batu tergolong mudah untuk dilakukan. Hanya butuh beberapa persiapan dan modal pun tidak terlalu besar. Segmen pasar sangat jelas. Jika mengalami kegagalan di tengah jalan, tidak terlalu besar kerugian yang diderita.

Jika Anda memiliki kulkas / refrigerator yang memiliki freezer, bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha ini. Memang, pendapatan yang didapatkan per bulan cukup kecil, tetapi lumayan untuk menambah pundi-pundi penghasilan.

Yang pasti, Anda tidak membutuhkan modal yang cukup besar dan pengelolaannya pun mudah, hampir semua orang bisa melakukannya.

Jika anda telah memiliki pekerjaan tetap sebelumnya, usaha ini sebenarnya tidak akan mengganggu jam kantor sama sekali. Anda cukup membuat es batu yang bisa dilakukan di malam hari.

Target Konsumen

Usaha ini menargetkan konsumen semua orang, terutama yang memiliki usaha jual minuman dingin di sekitar lingkungan usaha kita. Akan sangat potensial pada musim kemarau.

Bagaimana Memulai Usaha Jual Es Batu?

Usaha ini sebenarnya sudah bisa langsung dimulai ketika Anda telah memiliki kulkas / refrigerator yang terdapat fasilitas freezer untuk membuat es batu.

Jika Anda belum memiliki kulkas atau refrigerator, maka modal usaha yang pertama adalah membelinya. Jika ingin menghemat modal, Anda bisa membeli kulkas / refrigerator bekas yang banyak dijual di OLX, Tokopedia, ataupun Bukalapak.

Cara membuat es batu pun sangat mudah. Masak air terlebih dahulu, kemudian dinginkan. Sesudah itu, Anda bisa memasukkan air tersebut ke dalam plastik satu kiloan. Jika sudah jadi, Anda bisa menjual es batu per bungkus Rp 500.

Hambatan

Salah satu hambatan dalam usaha ini sebenarnya adalah faktor cuaca. Di musim penghujan, keuntungan usaha jual es batu tentu juga akan merosot tajam.

Kunci Sukses Usaha Jual Es Batu

Sebenarnya, usaha ini bisa menjadi trigger awal kita untuk menjadi seorang wirausahawan sukses. Dimulai dengan usaha jual es batu kecil-kecilan, jika sudah berkembang pesat nanti, mungkin saja Anda akan memiliki pabrik es batu yang memiliki cabang di berbagai kota.

Dimulai dengan usaha jual es batu kecil-kecilan, akan terus berkembang menjadi pengusaha es batu dengan pabrik di berbagai kota.
Dimulai dengan usaha jual es batu kecil-kecilan, akan terus berkembang menjadi pengusaha es batu dengan pabrik di berbagai kota.

Yang pertama dibutuhkan adalah mental kita untuk memulai usaha ini. Janganlah pesimis terlebih dahulu bahwa usaha ini tidak akan menguntungkan. Atau bahkan, jika untung, hanya kecil.

Semua usaha pasti dimulai dari yang terkecil dahulu, seiring perjalanan maka akan terus maju dan berkembang pesat.

Agar masyarakat sekitar kita mengetahui usaha ini, Anda bisa memasang tulisan bahwa Anda menjual es batu beserta harganya.

Untuk lebih memaksimalkan keuntungan usaha ini, Anda bisa menghubungi para pedagang kecil yang menyediakan minuman dingin untuk memakai es batu Anda dengan harga yang relatif lebih murah.

Analisis BEP

Investasi Awal 
Kulkas / RefrigeratorRp 2.000.000,-
Biaya Operasional
Plastik, air, listrikRp 100.000,-
Omzet per bulanRp 500.000,-
Laba per bulanRp 400.000,-
Analisis BEP6-7 bulan

Referensi: KampungWirausaha

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.