Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.099
-0.23%
Rp15.595
-0.28%
Rp17.612
-0.33%
Rp131
-0.4%
Rp9.590
+0.32%
Rp3.759
-0.26%
Rp1.987
-0.14%
Rp10.230
+0.07%
Rp10.630
-0.18%
Rp14.205
-0.5%
Rp8.897
+0.1%

Peluang Usaha Pangkas Rambut, Mudah dan Murah

0 726

Usaha pangkas rambut cenderung tidak membutuhkan modal yang cukup besar untuk memulainya. Yang dibutuhkan beberapa peralatan untuk mencukur rambut seperti gunting cukur, sisir, kaca, dll.

Untuk Anda yang memiliki keahlian memotong rambut, peluang usaha ini sangatlah menarik. Meskipun untuk awal mula usaha, pendapatan tidak terlalu besar, tetapi sangat lumayan untuk menambah pundi-pundi penghasilan.

Terlebih lagi, jika telah berkembang pesat, Anda bisa membuka beberapa gerai / cabang pangkas rambut, seperti usaha waralaba Lanang BarberShop.

Walaupun Anda tidak memiliki keahlian memangkas rambut, jangan khawatir. Banyak orang yang memiliki keahlian tersebut dan Anda bisa mempekerjakannya sebagai karyawan.

Target Konsumen

Usaha pangkas rambut ini menargetkan konsumen laki-laki, dari anak kecil sampai dewasa, di sekitar lokasi tempat membuka usaha ini.

Bagaimana Memulai Usaha Pangkas Rambut?

Memulai dan menjalankan usaha ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Hal pertama yang harus dilakukan, Anda melakukan survey lokasi tempat Anda ingin membuka usaha ini.

Sangat direkomendasikan untuk berlokasi di tempat-tempat strategis seperti pinggir jalan raya, tempat keramaian, dan lain-lain.

Dengan melakukan survey, Anda juga bisa mengetahui lokasi para kompetitor usaha sejenis di lokasi tersebut. Jika di tempat tersebut sudah terlalu banyak yang menawarkan jasa pangkas rambut, sebaiknya memilih lokasi lainnya.

Setelah menentukan lokasi, langkah selanjutnya adalah menyiapkan berbagai keperluan untuk mendesain tempat dan menyiapkan peralatan-peralatan.

Desain interior tempat usaha sangat disarankan untuk dibuat senyaman mungkin, agar pelanggan betah dan kembali lagi.

Salah satu peluang usaha yang mudah dan murah, pangkas rambut
Salah satu peluang usaha yang mudah dan murah, pangkas rambut

Minimal dibutuhkan beberapa kursi khusus pangkas rambut, kursi untuk konsumen yang menunggu, cermin dengan ukuran besar, dilengkapi dengan AC untuk mendinginkan ruangan. Anda juga bisa menyediakan televisi agar pelanggan yang menunggu terhibur.

Disarankan juga Anda dari awal juga telah memiliki brand usaha agar pelanggan mudah mengingatnya dan mempromosikan gratis.

Hambatan & Tantangan

Untuk awal memulai usaha, tantangan yang akan dihadapi adalah orang belum terlalu mengenal usaha Anda ini.

Perlu diingat, bahwa jangan memimpikan keuntungan yang besar di awal-awal. Bahkan, bisa jadi Anda tidak akan mendapatkan keuntungan di bulan pertama.

Semua usaha memang butuh proses yang panjang. Seiring dengan waktu berjalan, maka Anda harus berusaha optimal bagaimana usaha Anda bisa berkembang.

Hambatan lainnya datang dari kompetitor usaha sejenis yang memang cukup banyak.

Kunci Sukses Usaha Pangkas Rambut

Salah satu kunci sukses dari usaha ini adalah bagaimana Anda menawarkan jasa ini kepada calon pelanggan. Perlu strategi khusus agar Anda bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Hal-hal seperti kenyamanan konsumen, update model potongan rambut, promo-promo, dll haruslah dipikirkan sejak awal memulai usaha.

Yang terpenting, Anda bisa memberikan pelayanan yang terbaik dan bisa memuaskan pelanggan. Jika pelanggan merasa puas dengan layanan Anda, mereka akan menawarkan usaha Anda ini kepada orang lain. Ini salah satu strategi marketing terbaik dan gratis.

Anda juga bisa mempromosikan usaha dengan cara beriklan baik melalui media massa lokal, pamflet / brosur, ataupun via online.

Analisis BEP

Investasi Awal 
Sewa Tempat & RenovasiRp 10.000.000,-
PeralatanRp 5.000.000,-
TOTALRp 15.000.000,-
Biaya Operasional
Gaji KaryawanRp 800.000,-
Listrik dllRp 500.000,-
TOTALRp 1.300.000,-
OmzetRp 3.000.000,-
Laba per bulanRp 1.700.000,-
Analisis BEP10 bulan
Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.