Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp48.500.000
-4.32%
Ethereum (ETH)
Rp1.259.545
Litecoin (LTC)
Rp340.858
DigitalCash (DASH)
Rp889.490
Monero (XMR)
Rp607.220
Nxt (NXT)
Rp389
Ethereum Classic (ETC)
Rp56.697
Dogecoin (DOGE)
Rp30
ZCash (ZEC)
Rp753.690
Bitshares (BTS)
Rp529
DigiByte (DGB)
Rp115
Ripple (XRP)
Rp4.382
BitcoinDark (BTCD)
Rp121.833
PeerCoin (PPC)
Rp7.682
CraigsCoin (CRAIG)
Rp9

Altcoin Adalah Alternative Coin. Ini Ulasan Lengkapnya!

0 29

Masih banyak yang bertanya-tanya tentang apa sebenarnya altcoin. Jika dikatakan secara sederhana, altcoin adalah alternative coin. Apa maksudnya? Berikut ulasan tentang Altcoin.

Definisi dari Altcoin

Altcoin adalah cryptocurrency alternatif yang diluncurkan sebagai tindak lanjut dari keberhasilan Bitcoin. Pada umumnya, altcoin ini diproyeksikan sebagai pengganti yang lebih baik dari Bitcoin. Keberhasilan mata uang kripto utama, Bitcoin, sebagai mata uang digital peer-to-peer pertama, memberikan jalan bagi banyak orang lainnya untuk mengikuti.

Banyak altcoin yang beredar memiliki target untuk menutupi kelemahan yang dimiliki oleh Bitcoin dan muncul versi yang lebih baru dengan keunggulan kompetitif tertentu. Merujuk pada istilah altcoin adalah semua cryptocurrency selain Bitcoin, maka ada ratusan bahkan ribuan altcoin yang beredar.

Penjelasan lebih lanjut tentang Altcoin

Altcoin adalah kombinasi dari dua kata, yaitu “alt” dan “coin”. “Alt” merupakan kependekan dari “alternative” dan “coin” merujuk kepada cryptocurrency. Secara bersamaan, altcoin dapat diartikan sebagai kategori cryptocurrency yang merupakan alternatif dari mata uang digital Bitcoin.

Setelah kesuksesan Bitcoin yang fenomenal tersebut, banyak mata uang digital peer-to-peer lainnya muncul untuk meniru keberhasilan dari Bitcoin. Bitcoin adalah cryptocurrency pertama, dan tetap yang paling terkenal. Sekarang ini, beberapa dari ratusan cryptocurrency, berusaha untuk memperbaiki Bitcoin dalam berbagai cara.

Banyak altcoin dibuat / dibangun di atas kerangka dasar yang disediakan oleh Bitcoin. Jadi mayoritas altcoin adalah peer-to-peer, melibatkan proses penambangan dimana pengguna memecahkan kesulitan dalam pembukaan blok. Selain itu, menawarkan cara yang efisien dan murah untuk melakukan transaksi di web.

Bahkan, dengan banyak fitur yang dapat dikatakan tumpang tindih satu dengan lainnya, altcoin sangat bervariasi antara satu sama lain. Altocoin membedakan dirinya dari bitcoin dengan berbagai variasi prosedural, termasuk algoritma proof-of-work. Cara yang berbeda berarti pengguna dapat mengorbankan energi untuk menambang blok dan meningkatkan aplikasi untuk peningkatan anonimitas pengguna.

Altcoin terkenal pertama, Namecoin, didasarkan pada kode Bitcoin dan menggunakan algoritma proof-of-work yang sama dan seperti Bitcoin, Namecoin dibatasi hingga 21 juta koin. Diperkenalkan pada bulan April 2011, Namecoin berbeda dari Bitcoin dengan membuat domain pengguna kurang terlihat. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendaftar dan menambang menggunakan domain .bit mereka sendiri, yang dimaksudkan untuk meningkatkan anonimitas dan ketahanan terhadap pengawasan.

Contoh Lain dari Altcoin

Beberapa contoh terkenal dari altcoin diantaranya Litecoin, Dogecoin, Ethereum (posisi kedua setelah Bitcoin dalam kapitalisasi pasar pada Mei 2018), dan Ripple. Litecoin dipandang sebagai pesaing terdekat dari Bitcoin.

Diperkenalkan pada Oktober 2011, tak lama setelah Namecode, Litecoin diidentikkan sebagai “perak” untuk emas Bitcoin. Pada dasarnya, Litecoin memiliki kemiripan dalam kode dan fungsionalitas seperti Bitcoin. Tetapi, Litecoin berbeda dari Bitcoin dalam beberapa cara penting.

Beberapa perbedaan tersebut, seperti transaksi penambangan dapat disetujui setiap 2 1/2 menit dibandingkan Bitcoin yang butuh waktu 10 menit. Selain itu, memungkinkan untuk total 84 juta koin yang akan dibuat – tepat 4 kali lebih banyak dari Bitcoin yang hanya 21 juta koin.

Litecoin juga menggunakan algoritma proof-of-work yang berbeda dari Bitcoin – scrypt, fungsi sekuensial yang membutuhkan hard-memory lebih banyak daripada sebagian besar algoritma proof-of-work.

Hal ini seharusnya membuat jauh lebih sulit untuk menghasilkan bitcoin, karena peningkatan ruang memori yang diperlukan untuk algoritma proof-of-work mengurangi kecepatan penambangan. Selain itu, membuat kesulitan bagi satu pengguna atau kelompok pengguna untuk mendominasi blockchain.

Pada Mei 2018 ada lebih dari 1500 cryptocurrency tersedia melalui internet, semuanya disebut sebagai Altcoin. Cryptocurrency baru dapat dibuat kapan saja. Tetapi, ada banyak cryptocurrency yang lebih tua yang tidak lagi ada di pasar.

Artikel “Altcoin adalah Alternative Coin” merupakan terjemahan dari artikel rujukan di investopedia.com.
Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail