Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.067
+0.15%
Rp15.551
-0.05%
Rp17.553
-0.16%
Rp130
+0.12%
Rp9.620
+0.23%
Rp3.749
+0.17%
Rp1.984
+0.07%
Rp10.237
+0.04%
Rp10.610
-0.04%
Rp14.134
+0.1%
Rp8.906
+0.24%

Investasi Terbaik Untuk Hari Tua. Apa Saja Pilihannya?

0 1.439

Hari ini mungkin Anda masih muda, segar, dan produktif. Tetapi, suatu saat nanti Anda akan memasuki masa tua. Banyak yang perlu dipersiapkan. Apa investasi terbaik untuk hari tua?

Kondisi yang masih terbilang baik di masa muda ini, bukan berarti membuat kita tidak memikirkan masa-masa pensiun nanti. Kita harus sudah memiliki perencanaan dan persiapan matang untuk masa tua.

Dan pastinya, biaya yang dikeluarkan di masa pensiun nanti akan jauh lebih besar dibandingkan sekarang. Inflasi yang terus naik dari tahun ke tahun, salah satu penyebabnya.

Biaya yang terus merangkak naik, akan semakin mempersulit kondisi kita di masa tua apabila tidak memiliki simpanan / tabungan / investasi apapun. Di masa tua, jarang sekali kita produktif untuk mencari uang.

Bahkan, bisa jadi masa tua nanti, kita sudah tidak dapat berbuat apa-apa lagi. Apakah kita sudah siap dengan keadaan tersebut? Apa saja yang sudah Anda siapkan untuk masa tua nantinya?

Jawabannya kembali pada diri masing-masing. Mempersiapkan investasi terbaik untuk hari tua merupakan hal serius dan penting yang tidak boleh diremehkan begitu saja.

Ketidakpastian di masa mendatang, harus diantisipasi sejak dini, dan mulai sekarang. Ada banyak pilihan investasi terbaik untuk hari tua yang bisa dilakukan.

Bagi Anda yang masih bingung, berikut ini beberapa referensi investasi terbaik untuk hari tua yang bisa mulai Anda siapkan dari sekarang. Apa saja?

1. Berinvestasi untuk Hari Tua melalui Properti / Tanah

Salah satu opsi yang cocok untuk mempersiapkan hari tua kita adalah dengan berinvestasi melalui properti. Investasi properti salah satu investasi yang akan terus naik di masa depan.

Anda bisa berinvestasi properti dengan mulai membeli tanah dan membangun properti seperti rumah kontrakan, ruko, dan lain sebagainya.

Selain mendapatkan capital gain dari nilai properti yang terus naik, jika Anda membangun properti untuk disewakan, maka akan mendapatkan pendapatan pasif (pasiv income).

2. Membeli Produk Asuransi

Salah satu yang bisa dipersiapkan dari sekarang untuk masa tua nanti adalah dengan membeli produk asuransi yang tepat. Di masa-masa senja nanti, akan ada segala macam penyakit yang menghampiri dan pastinya membutuhkan banyak biaya.

Dengan memilih produk asuransi jiwa dengan asuransi kesehatan, merupakan keputusan bijak untuk mempersiapkan dari segala kondisi di masa tua nanti.

Bahkan, ada produk asuransi yang juga memiliki nilai investasi dengan nominal tertentu yang bisa dicairkan setelah beberapa tahun ke depan.

Sebaiknya Anda cermat memilih produk asuransi mana yang cocok untuk mengcover semua kebutuhan hidup di masa pensiun. Dan, sebaiknya mulai membelinya sejak kita masih produktif di masa muda. Ini karena setiap perusahaan asuransi biasanya memiliki batasan usia yang bisa diasuransikan.

Jika usia Anda sudah melebihi ambang batas yang bisa diikutsertakan dalam asuransi, biasanya perusahaan akan menolak pengajuan pembelian asuransi Anda.

3. Berinvestasi dengan Membangun Bisnis / Usaha

Usaha atau bisnis yang dibangun sejak muda, akan sangat membantu kita nanti di saat memasuki masa pensiun. Bisnis yang sudah profen dan berjalan berdasarkan sistem tanpa kehadiran kita, akan bisa diandalkan memberikan kemakmuran di masa tua.

investasi terbaik untuk hari tua
Empat investasi terbaik untuk hari tua yang bisa jadi bahan pertimbangan.

Ini salah satu bentuk investasi yang layak dilakukan sejak dini. Anda bisa memulai bisnis dari sekarang yang sesuai dengan passion Anda. Tak perlu yang sulit, cari yang mudah tetapi Anda fokus untuk melakukannya.

Misalkan, Anda bisa membangun usaha ternak kambing, membangun usaha laundry, dan masih banyak lagi usaha lainnya.

4. Berinvestasi Emas

Salah satu investasi terbaik untuk hari tua yang juga bisa diandalkan adalah berinvestasi emas atau logam mulia.

Banyak kelebihan investasi emas dibandingkan dengan investasi-investasi lainnya. Yang pasti, nilai emas memiliki kecenderungan untuk terus naik setiap tahunnya. Nilai emas boleh dikatakan akan diatas inflasi per tahunnya.

Anda bisa memulai berinvestasi emas dari sekarang. Misalkan, dengan menyisihkan sebagian gaji untuk membeli emas secara rutin, contoh 1-2 gram emas saja. Ini akan jauh lebih bermanfaat daripada menghabiskan untuk keperluan konsumtif.

Sebagai ilustrasi, jika kita membeli emas 1 gram 24 karat saat ini dengan harga emas di kisaran Rp 500 ribuan, maka 10,20,40 tahun ke depan nilainya akan naik 3-5 kali lipat dari sekarang.

Anda bisa mengkalkulasikan sendiri, jika mengumpulkan emas 1 gram per bulan, ada berapa emas yang terkumpul selama 20 tahun ke depan.

Itulah keempat referensi investasi terbaik untuk hari tua yang bisa dipertimbangkan sejak sekarang. Tertarik untuk memulainya?

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.