Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.105
-0%
Rp15.537
+0.04%
Rp17.590
+0.01%
Rp131
0%
Rp9.548
0%
Rp3.759
0%
Rp1.989
0%
Rp10.248
-0.03%
Rp10.637
-0.02%
Rp14.231
+0.01%
Rp8.827
0%

Peluang Usaha Reparasi Komputer dan Analisis Usahanya

1 1.817

Saat ini, pasti banyak orang yang memiliki komputer / laptop / netbook. Sebagian besar dari mereka adalah mahasiswa dan pegawai kantoran, atau berbagai profesi lainnya. Dan yang menjadi peluang usaha anda adalah orang-orang tersebut banyak yang tidak bisa memperbaiki komputer meskipun mereka ahli pemprograman, desain, dan lain sebagainya. Peluang usaha ini akan selalu dibutuhkan sampai kapanpun, dan prospek ke depannya semakin bagus seiring bertambahnya jumlah pemilik komputer.

Usaha ini membutuhkan keahlian dan waktu. Jika anda salah satu orang yang sudah bekerja, mungkin sulit untuk membagi waktu. Untuk itu, solusinya adalah dengan mencari pegawai yang memiliki keahlian di bidang reparasi komputer.

Target Konsumen

Segmen pasar dari bisnis reparasi komputer adalah para pemilik dan pengguna komputer. Bisa dari berbagai kalangan, profesi, dan usia.

Bagaimana Memulai Peluang Usaha Reparasi Komputer?

Untuk memulai bisnis ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Yang anda perlukan pertama kali adalah tempat strategis dan ruangan yang tidak begitu luas, 4×5 meter mungkin sudah cukup. Jika anda memiliki ruangan kosong di rumah, maka tidak perlu menyewa tempat, jika tidak, maka harus menyewa tempat. Ruangan tersebut kemudian direnovasi dan ditempatkan berbagai rak, lemari display kaca yang cukup besar dan tinggi, kursi dan meja, serta berbagai peralatan pendukung reparasi lainnya.

Peluang usaha reparasi komputer
Peluang usaha reparasi komputer

Selanjutnya, anda harus menyiapkan minimal 1 unit komputer dengan spesifikasi tinggi, untuk mencoba CPU komputer / laptop / netbook yang telah direparasi. Dan untuk menambah display, anda bisa menyediakan berbagai macam keperluan dasar komputer seperti mouse, keyboard, monitor, speaker, dan lain sebagainya.

Untuk harga servis bervariasi tergantung tingkat kesulitan. Sebaiknya, anda menentukan perkiraannya dan memberitahukan kepada pegawai anda agar bisa menentukan berapa keuntungan yang minimal harus diperoleh dari setiap servis.

Tantangan & Hambatan

Bisnis ini sangat membutuhkan keahlian sehingga pegawai yang dipilih harus benar-benar menjalani seleksi ketat. Selain itu, tantangan lainnya dalam menjalankan bisnis ini adalah kompetitor.

Kunci Sukses Peluang Usaha Reparasi Komputer

Seperti bisnis reparasi lainnya, kualitas dan harga merupakan modal penting. Jika pelanggan kurang puas dengan pelayanan reparasi anda atau harga yang diberikan terlalu mahal, lama kelamaan toko anda tidak akan dikunjungi orang.

Sebaiknya, anda juga menjual berbagai kebutuhan komputer secara lengkap. Hal ini dilakukan agar pelanggan bisa mendapatkannya dengan cepat dan sewaktu-waktu. Jika, spare part yang dibutuhkan tidak dimiliki, anda bisa menjanjikannya dalam beberapa hari ke depan. Contoh jasa reparasi komputer disini.

Analisis Usaha Reparasi Komputer

Investasi Awal 
Tempat, renovasi, peralatan, dllRp 40.000.000,-
Biaya Operasional
Gaji 2 pegawaiRp 1.600.000,-
Listrik & TeleponRp 400.000,-
Stok BarangRp 10.000.000,-
TOTALRp 12.000.000,-
Omzet per bulanRp 15.000.000,-
Laba per bulanRp 3.000.000,-
Analisis BEP13-14 bulan

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.