Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.099
-0.23%
Rp15.595
-0.28%
Rp17.612
-0.33%
Rp131
-0.4%
Rp9.590
+0.32%
Rp3.759
-0.26%
Rp1.987
-0.14%
Rp10.230
+0.07%
Rp10.630
-0.18%
Rp14.205
-0.5%
Rp8.897
+0.1%

Usaha Bengkel Motor, Selalu Dibutuhkan dan Keuntungan Menarik

0 1.980

Usaha bengkel motor akan terus dibutuhkan dan bisa menjadi besar. Meskipun banyak bengkel resmi yang begitu banyak di sekitar anda, tetapi bengkel masih diperlukan karena banyaknya pemilik sepeda motor di Indonesia ini.

Bahkan penjualan sepeda motor setiap tahun terus meningkat. Ini bisa jadi kesempatan untuk anda untuk membuka usaha bengkel motor baru.

Peluang usaha bengkel motor ini membutuhkan keahlian dan pengetahuan dalam bidang otomotif. Jika anda memilikinya, maka akan sangat membantu untuk membuka usaha ini.

Tetapi, jika tidak memiliki pengetahuan di bidang motor pun, masih ada peluang bagi anda. Yaitu dengan mencari karyawan yang memiliki keahlian di bidang tersebut.

Jika saat ini anda masih berstatus pegawai / memiliki pekerjaan tetap yang lain, maka mau tidak mau anda memang harus mencari karyawan baru untuk usaha bengkel motor milik anda.

Target Konsumen

Pastinya, target pasar dari bisnis ini adalah semua pemilik sepeda motor. Yang hampir mayoritas pemiliknya tidak banyak mengetahui tentang cara memperbaiki sepeda motor tersebut.

Bagaimana Memulai Usaha Bengkel Motor ini?

Modal dana adalah hal pertama yang harus anda miliki. Berapa modal yang dibutuhkan sangat bergantung pada skala usaha bengkel motor yang ingin didirikan. Semakin besar skala usahanya, semakin besar pula modal yang dibutuhkan.

Selain modal dana, sesuatu yang harus anda sediakan pertama kali adalah tempat. Ukuran yang diperlukan juga tidak terlalu luas. Sekiranya cukup untuk rak display dan beberapa sepeda motor jika terjadi antrian.

Selanjutnya anda bisa mencari tiga orang pegawai sebagai reparasi dan salah satu anggota keluarga atau satu orang kepercayaan sebagai pengawas dan pencatat transaksi.

Untuk display dan ketersediaan sparepart anda bisa mencarinya di agen-agen atau bengkel-bengkel resmi.

Hambatan & Tantangan

Usaha bengkel motor ini mebutuhkan karyawan yang handal dalam bidang otomotif, sehingga dalam memilih mereka juga benar-benar selektif. Selain itu, kendala lainnya yang pasti akan dihadapi adalah persaingan ketat.

Banyaknya usaha bengkel motor sejenis memaksa anda untuk lebih berpikir kreatif, bagaimana caranya agar usaha yang anda dirikan tersebut bisa bersaing secara kompetitif dengan pesaing lainnya.

usaha bengkel motor

Kunci Sukses Usaha Bengkel Motor

Kepuasan pelanggan adalah nomor satu agar memperoleh dan mendapatkan langganan. Sebisa mungkin ketika pelanggan sudah mereparasi sepeda motornya di tempat anda, diusahakan agar tidak terjadi kerusakan lagi sehingga pelanggan puas.

Selain itu, ide kreatif dalam hal promosi juga harus dilakukan karena bisnis anda tergolong baru. Misalkan, anda bisa memberi promo Free Service 1x, setelah Service 5x di tempat anda. Atau bisa juga dengan memberikan kupon diskon setelah melakukan service 3x di tempat anda.

Semakin banyak ide promosi yang dilakukan, maka akan semakin banyak pelanggan yang akan datang ke usaha bengkel motor anda. Pastinya, jika bengkel anda semakin berkembang dengan banyak pelanggan, jangan sampai membuat mereka kecewa dengan pelayanan yang berkurang.

Untuk semakin menaikkan daya tarik pelanggan ke tempat anda, bisa juga dengan menambahkan usaha lainnya yang melengkapi usaha bengkel motor anda, yaitu usaha cuci motor, analisisnya ada disini.

Analisis BEP

Investasi Awal 
Tempat, renovasi, rakRp 30.000.000,-
Spareparts & peralatanRp 20.000.000,-
TOTALRp 50.000.000,-
Biaya Operasional
Gaji 3 pegawaiRp 5.000.000,-
SparepartsRp 10.000.000,-
TOTALRp 15.000.000,-
Omzet per bulan20.000.000,-
Laba per bulanRp 5.000.000,-
Analisis BEP12 bulan

Referensi: BisnisUsaha.info

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.