Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.221
+0.26%
Rp15.751
+0.6%
Rp17.289
-0.01%
Rp134
+0.25%
Rp9.639
+0.37%
Rp3.791
+0.29%
Rp2.020
+0.27%
Rp10.257
+0.08%
Rp10.687
+0.17%
Rp14.513
+0.53%
Rp9.151
+0.45%

Berapa Kekayaan Bersih (Net Worth) Anda?

0 198

Ada banyak cara untuk mengukur kesehatan finansial pribadi atau rumah tangga Anda. Salah satu alat ukur yang berguna adalah menggunakan kekayaan bersih (net worth). Ini merupakan indikator mengukur status ekonomi dan kemajuan finansial menyeluruh dari tahun ke tahun. Berapa sebenarnya kekayaan bersih (net worth) yang Anda miliki?

Definisi Kekayaan Bersih (Net Worth)

Net worth pada dasarnya merupakan total keseluruhan semua aset dikurangi kewajiban. Dengan kata lain, net worth merupakan angka yang didapatkan saat Anda menambahkan semua yang dimiliki dari nilai rumah hingga uang tunai di rekening bank, lalu dikurangi dengan nilai semua hutang. Hutang itu seperti cicilan rumah, cicilan mobil, bahkan saldo kartu kredit.

Jika Anda sedang bertanya-tanya tentang berapa sih sebenarnya kekayaan bersih Anda saat ini, pelajari cara menghitung net worth dan menafsirkannya.

Apakah Kekayaan Bersih Bisa Memberitahu Kondisi Finansial Kita?

Secara teoritis, net worth adalah nilai uang tunai yang akan dimiliki jika Anda menjual semua yang dimiliki dan melunasi semua hutang.

Untuk beberapa kasus, angka ini negatif yang menunjukkan bahwa Anda memiliki lebih banyak kewajiban daripada aset. Meskipun tidak ideal, hal tersebut lumrah bagi individu tertentu. Misalkan yang baru lulus dari perguruan tinggi atau baru memulai karirnya.

Dalam konteks ini, kekayaan bersih juga merupakan ukuran berapa besar hutang yang masih harus dibayarkan jika mengosongkan rekening bank dan menjual segala yang dimiliki untuk dimasukkan ke hutang.

Walaupun tak ada satu pun skenario yang realistis, ukuran yang dinilai oleh kekayaan bersih ini lebih penting daripada sekedar asumsi yang dibuat untuk mencapai angka tersebut.

Bahkan, jika berbicara tentang kesehatan keuangan, tidak ada angka pasti sehingga kita harus cermat dalam menghitungnya. Akan tetapi, Anda harus menggunakan kekayaan bersih untuk melacak kemajuan keuangan dari tahun ke tahun dan bertumbuh dari waktu ke waktu.

Cara Menghitung Kekayaan Bersih (Net Worth)

Untuk menghitung berapa kekayaan bersih (net worth) seseorang, prosesnya bisa saja sederhana. Akan tetapi, Anda harus mengumpulkan semua informasi terkait aset dan liabilitas / kewajiban.

Mayoritas perencana keuangan merekomendasikan kliennya untuk menyimpan data informasi tentang aset dan kewajiban finansial untuk diperbarui setidaknya setahun sekali.

Mengumpulkan dan memanajemen data informasi keuangan tersebut bisa menjadi tugas yang tidak sederhana. Pastikan Anda (atau pun pasangan) memiliki akses ke informasi tersebut jika dibutuhkan.

Berikut cara memulai untuk mengetahui net worth Anda.

Menghitung Aset

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mendaftar semua aset terbesar yang dimiliki. Bagi sebagian besar orang, daftar tersebut mencakup properti / real estate atau kendaraan. Bagi pemilik bisnis, dalam daftar tersebut juga mencakup nilai bisnisnya, yang tentu memiliki perhitungan lebih rumit.

Selalu pastikan Anda untuk menggunakan estimasi akurat berdasarkan nilai pasar saat ini.

Langkah selanjutnya, mengumpulkan laporan terbaru terkait aset likuid yang dimiliki. Aset ini termasuk diantaranya tabungan, giro, uang tunai, deposito, atau investasi lainnya.

Tak terkecuali, pertimbangkan juga untuk memasukkan barang-barang pribadi lain yang bernilai. Termasuk diantaranya alat musik, perhiasan berharga, koleksi berharga, pusaka, dan lain sebagainya. Tidak perlu dirinci semuanya, tetapi cobalah untuk membuat daftar barang yang bernilai di atas 5 juta rupiah.

Terakhir, setelah semua daftar aset terkumpul, tambahkan nilainya. Angka tersebut mewakili total aset milik Anda.

Menghitung Liabilitas (Kewajiban)

Jika nilai aset total sudah diketahui, kini saatnya menghitung seberapa total kewajiban Anda saat ini. Mulailah dengan menghitung liabilitas besar seperti cicilan rumah atau kendaraan.

Selanjutnya, daftarkan juga semua kewajiban pribadi atau rumah tangga seperti kartu kredit, pinjaman kuliah, dan hutang-hutang lainnya. Tambahkan semua saldo di liabilitas tersebut. Angka inilah yang mewakili total kewajiban Anda.

Menghitung Kekayaan Bersih

Untuk menghitung net worth Anda, cukup mudah. Kurangi total aset dengan total kewajiban Anda. Sebagai langkah pemula, tak masalah seberapa besar atau kecil jumlahnya. Juga tak masalah jika angkanya negatif.

Kekayaan bersih merupakan langkah awal Anda untuk mengetahui seberapa sehat kondisi keuangan dan untuk dibandingkan di masa depan.

Ulangi langkah-langkah di atas setidaknya setahun sekali dan bandingkan angka tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Dengan melakukan perbandingan tersebut, Anda bisa menentukan apakah ada kemajuan atau justru kemunduran dalam mencapai tujuan keuangan Anda.

Anda bisa menghitung ulang kekayaan bersih lebih rutin jika ingin memulai rencana tabungan atau pembayaran kembali hutang-hutang lebih agresif.

Tips Menghitung Kekayaan Bersih

  • Bersikap konservatif dengan estimasi Anda, terutama nilai properti dan kendaraan. Menggembungkan nilai aset-aset besar mungkin terlihat bagus di atas kertas, tapi tidak menggambarkan secara akurat kekayaan bersih Anda.
  • Agar lebih mudah dan otomatis, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi budgeting / keuangan untuk melacak kekayaan bersih Anda.
  • Simpanlah tabungan likuid di rekening yang memberikan imbal hasil tinggi. Ini akan membantu menumbuhkan tabungan tersebut lebih cepat jika mendapatkan persentase hasil tahunan yang kompetitif.
  • Prioritaskan untuk pembayaran utang dan lakukan refinancing / konsolidasi utang dengan rate bunga yang jauh lebih rendah. Hal ini membantu Anda mempercepat pelunasan utang.
  • Tinjau anggaran keuangan Anda. Ini dilakukan untuk mengetahui area mana yang dapat dikurangi pengeluarannya dan mengalokasikan lebih banyak ke tabungan dan pembayaran utang.
  • Apabila memiliki uang tambahan untuk ditabung, pertimbangkan untuk memiliki dana darurat. Tak lupa, maksimalkan kontribusi tahunan ke rekening pensiun Anda.
Loading...
Sumber www.thebalance.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.