Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.175
+0.27%
Rp16.100
+0.15%
Rp18.820
-0.01%
Rp127
+0.19%
Rp10.071
+0.22%
Rp3.782
+0.19%
Rp2.112
+0.26%
Rp10.494
+0.22%
Rp10.691
-0.27%
Rp14.181
+0.09%
Rp9.737
+0.18%

Mau Tahu Investasi Terbaik Saat Ini? Cek Disini

0 122

Banyak orang yang mencari peluang investasi terbaik yang bisa menghasilkan berlipat-lipat dana yang diinvestasikan. Tetapi, terkadang, kita tidak mengetahui bahwa ada investasi sederhana yang justru sangat jauh berharga.

Apa itu investasi terbaik dan jauh lebih berharga dari sekedar mengharapkan imbal balik uang yang berlipat-lipat?

Diceritakan dalam kisah berikut ini, semoga bisa menginspirasi bagi Anda.

Pria muda itu melangkah memasuki kamarku.

Pria : “Ummi, aku butuh uang”
Aku : “I know”
P : “Aku mau tes toefl IBT”
A : ” Kenapa Ummi yang bayar?”
P : ” Aku ga punya uang..hehe”
A : ” Apa yang membuat kamu layak dibayarin?”
P : ” Aku udah belajar”
A : ” Apa parameternya?”
P : ” Minimum requirement buat masuk univ top dunia 90 (maks nilai 120)”
A : ” Dan kamu mau dapat nilai berapa?”
P : ” mm..100?”
A : ” Cuma segitu? Nilai itp kamu sebelumnya kan bagus”
P : ” mm..maunya sih lebih..”
A : ” 120?”
P : ” nggak laah..”
A : ” 105, ambil ga?”
P : ” 100 aja laah..huhu..”
A : ” take it or leave it ”
P : ” yaaahh…”
A : ” Yaa, ummi kan mau invest. Kalau untung mau dong invest, kalau rugi nggak laah..”
P : ” Ya.. Ummi..kalau ga nyampe?”
A : ” Balikin investasi ummi..hehe. Kalau lebih, bolehlah dapat hadiah..”
P : ” Jangan 100% dong balikinnya..(nawar)”
A : ” 50 % kalau kurang dari 105, 100% kalau kurang dari 100″
P : ” Baiklah..”
Beberapa hari kemudian..
A : berdo’a dong biar nilainya bagus
P : Aku berdo’a..a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrirrijaal..hehehe (do’ agar tidak terlilit hutang..”

Bagitulah..setelah baligh, anak laki-laki tidak lagi wajib dinafkahi. Anak perempuan masih mendapatkan nafkah dari orangtuanya sampai menikah. Sebisa mungkin mereka memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Bagaimanapun, mereka telah menjadi pribadi muslim sempurna yang mukallaf, telah terbebani syariat dan harus mempertanggungjawabkannya.

Pemberian dari orangtua pada anak pasca baligh bisa berupa:

1. Sedekah, kasihan karena mereka masih miskin. Sifatnya sukarela saja
2. Investasi, jika mereka menunjukkan kelayakan untuk menerima dana dari investor.

Ini lho investasi terbaik untuk jangka panjang
Ini lho investasi terbaik untuk jangka panjang

Investasi terbaik di sini tentunya bukan berarti harus dikembalikan dalam bentuk uang/materi lainnya.

Namun lebih menekankan agar dana yang dikeluarkan adalah wajar, tidak sia-sia dan sedapat mungkin memberikan nilai produktif untuk ummat. Untuk dana yang sama yang kita keluarkan, tentu kita harus memilih pengeluaran yang paling banyak bermanfaat.

Misalnya dalam percakapan di atas, investasi terbaik yang menurut saya layak dikeluarkan adalah investasi untuk mendapatkan seorang pemuda muslim yang menguasai bahasa asing dengan baik, sehingga dapat mempelajari jauh lebih banyak hal di kemudian hari.

Dengan demikian, harapan saya, dia akan bisa memberikan kontribusi yang lebih baik untuk ummat. Saya tidak akan membayar sesuatu yang tidak bermakna, apalagi sia-sia.

Investasi terbaik adalah investasi yang memberikan keuntungan berlipat tidak hanya di dunia, namun yang lebih penting lagi adalah di akhirat kelak.

Sumber Tulisan:

Teh Patra

Loading...

Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail