Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Panduan Sukses Menjadi Penulis Cerpen, Klik Disini

0 94

Jika sebelumnya kami telah membahas tentang bagaimana menjadi penulis biografi, kali ini akan diberikan panduan sukses menjadi seorang penulis cerpen.

Banyak orang yang memilih untuk membaca cerita daripada hal-hal yang berat semacam politik dan sebagainya. Dan biasanya, cerita pendek ini banyak dibutuhkan oleh media massa.

Media massa umumnya menyediakan waktu terbit hari minggu untuk khusus sastra semacam puisi dan cerpen. Apabila anda kurang menyukai artikel, dan daya imajinasi anda cukup besar, ini menjadi salah satu peluang yang baik.

Sama seperti halnya artikel, tidak dibutuhkan waktu lama untuk membuatnya selama imajinasi anda terus bergerak. Cerita pendek (cerpen) hanya membutuhkan sekitar 7-12 halaman ketikan. Tidak akan menyita waktu anda dalam pekerjaan.

Target Konsumen

Media massa adalah salah satu tujuan pengiriman cerpen anda. Karena setiap minggu, media massa memberikan ruang khusus untuk sastra.

Selain itu, beberapa media online juga menyediakan ruang khusus bagi sastra di dalam kategori penulisannya. Anda bisa mencari informasi tersebut di internet.

Bagaimana Memulai Menjadi Penulis Cerpen?

Secepatnya anda bisa segera menulis. Apabila sudah jadi, anda bisa mengirimkan ke media massa dengan visi dan misi yang sama dengan cerita yang dibuat.

Ada juga beberapa majalah khusus remaja hingga dewasa yang khusus untuk sastra maupun cerita Islami.

Tantangan & Hambatan

Selalu, dalam menulis, hambatan terbesar ada pada diri kita sendiri, yaitu kemauan yang kurang kuat dan gampang menyerah.

Selain itu, persaingan antar penulis fiksi cerpen yang cukup besar di setiap media massa, apalagi berskala nasional.

Cara sukses menjadi seorang penulis cerita pendek
Cara sukses menjadi seorang penulis cerita pendek

Kunci Sukses Menjadi Penulis Cerpen

Jangan pernah menyerah apabila tulisan anda ditolak oleh media. Selalu ada kesempatan lain. Bahkan, ada penulis yang setelah ratusan cerita dikirimkan, baru media massa menerimanya.

Setelah itu, secara beruntun banyak media massa yang memintanya menulis cerita di majalah / koran mereka.

Banyak berlatih menulis dan membaca adalah salah satu kunci sukses lainnya. Selain itu, anda juga harus bisa mencari-cari setiap peluang yang diberikan oleh media.

Misalkan tidak tersedia di media massa skala nasional, anda juga bisa memulainya di media lokal. Itu tidak jadi masalah. Asalkan, tulisan anda bisa diterima dengan baik oleh para pembaca.

Jika anda terus mengasah kemampuan dan skill dalam menulis cerpen, maka bisa jadi di kemudian hari anda menjadi salah satu penulis cerpen terkenal di Indonesia, seperti 5 penulis ini.

Analisis Usaha

Investasi Awal 
Komputer Harga SedangRp 3.000.000,-
PrinterRp 500.000,-
TOTALRp 3.500.000,-
Biaya Operasional
Pembelian buku (bahan tulisan)Rp 200.000,-
Tinta & kertasRp 150.000,-
Lain-lainRp 100.000,-
TOTALRp 450.000,-
Pendapatan per Cerpen*Rp 700.000,-
Analisis BEP12 bulan

* Setiap media massa punya kisaran sendiri, antara Rp 75.000 sampai Rp 700.000 tiap cerpen yang diterima. Asumsi itu hanya mengirimkan 1 cerita pendek ke satu media massa.

Loading...

Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail