Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp69.432.292
-15.83%
Ethereum (ETH)
Rp2.070.921
0%
Litecoin (LTC)
Rp516.266
DigitalCash (DASH)
Rp1.586.049
Monero (XMR)
Rp1.006.518
Nxt (NXT)
Rp545
Ethereum Classic (ETC)
Rp86.759
Dogecoin (DOGE)
Rp34
ZCash (ZEC)
Rp1.331.355
Bitshares (BTS)
Rp834
DigiByte (DGB)
Rp188
Ripple (XRP)
Rp7.103
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp171.069
PeerCoin (PPC)
Rp12.633
CraigsCoin (CRAIG)
Rp13

Jurnal Trading Saham itu Penting. Ini 4 Alasannya!

0 101

Apakah memang penting memiliki jurnal trading saham sendiri? Jika sebagian besar pialang saham telah menyediakan catatan secara real-time tentang perdagangan saham, mengapa harus dibuat jurnal pribadi yang terpisah? Ini ternyata alasan dibalik pentingnya membuat jurnal trading saham sendiri.

Sebagian besar trader saham berpendapat bahwa catatan yang disediakan oleh broker saham dapat melacak untung rugi dari setiap perdagangan, penggunaan margin, dan banyak aspek lainnya. Namun, jika ditelusuri lebih jauh ternyata membuat jurnal trading saham Anda sendiri secara terpisah memiliki banyak benefit.

Setidaknya 4 manfaat membuat jurnal trading saham ini bisa Anda dapatkan.

1. Pencatatan Historis Trading

Untuk jangka waktu / periode tertentu, keberadaan jurnal memberikan sudut pandang historis perdagangan. Tak hanya terkait rangkuman semua aktivitas perdagangan saham, juga akan memberikan gambaran sekilas tentang kondisi akun trading saham Anda. Ini menunjukkan setiap perdagangan individu dan akumulasi dampak dari trading Anda hingga saat ini.

Sederhananya, jurnal trading saham Anda adalah basis data kinerja pribadi yang memfasilitasi Anda untuk melacak kembali data historis, seberapa baik trading Anda, saham mana yang memiliki kinerja terbaik, frekuensi Anda melakukan trading, time-frame mana yang menyediakan persentase keuntungan terbaik.

Basis data pribadi tersebut sangatlah bergantung dari berapa banyak analisa saham yang diharapkan sehingga informasi pun akan bertambah lengkap.

2. Jurnal Sebagai Alat Perencanaan

Kehadiran jurnal perdagangan saham Anda tidak hanya memuat catatan data trading sebenarnya, tetapi juga memberikan manfaat berupa informasi perencanaan / strategi trading saham Anda.

Dengan memiliki jurnal trading saham pribadi, maka dapat menjadi alat pertimbangan Anda pada setiap perdagangan sebelum memulainya. Beberapa hal yang bisa dipertimbangkan sebelum perdagangan, seperti:

  • Penentuan paramater entri untuk tiap perdagangan
  • Target profit setiap trading
  • Berapa besar risiko yang dapat diterima dari setiap trading
  • Bagaimana pengelolaan perdagangan saham saat sudah berjalan nanti
  • dan banyak pertimbangan lainnya…

Bisa dikatakan bahwa catatan perdagangan tersebut merupakan cara dalam mencatat semua perencanaan / strategi Anda secara utuh. Dan saat menghadapi kondisi perdagangan sebenarnya, dimungkinkan untuk mengubahnya.

Jadi, jurnal trading adalah landasan mendasar bagi strategi / perencanaan trading saham dan juga menerapkan rencana tersebut dalam trading yang sebenarnya.

3. Verifikasi Sistem / Metodologi yang Digunakan

Manfaat lainnya yang didapatkan dengan membuat jurnal perdagangan saham pribadi adalah untuk memverifikasi sistem / metodologi perdagangan yang digunakan seiring waktu. Sehingga, trader saham yang membuat jurnal ini akan melihat seberapa bagus kinerja dari sistem trading saham dapat mengubah kondisi trading.

Beberapa pertanyaan berikut tentunya dapat dijawab, seperti:

  • Bagaimana metodologi / sistem perdagangan yang digunakan berjalan di pasar saham di saat tren?
  • Apa dampak dari keputusan trading seperti penggunaan stop-loss? Terlalu longgar atau ketat penggunaannya?

Oleh karena itu, jika ingin memperoleh detail lengkap logika dari penggunaan trading saham tertentu, maka jurnal perdagangan harus dibuat secara lengkap.

4. Cara Mengubah Kebiasaan Trader

Membuat jurnal perdagangan saham pribadi akan berdampak langsung bagi para trader yaitu “memaksa”-nya untuk mengubah kebiasaan, dari destruktif menjadi konstruktif.

Jika Anda mempelajari dengan baik tentang cara berdagang sistem / rencana trading yang sudah dibuat sebelumnya, maka tingkat kepercayaan Anda akan semakin meningkat. Profit yang didapatkan dari perdagangan saham tidak terasa random, kerugiannya pun bisa direncanakan. Tentunya, trader tidak akan merasa seperti pecundang dan mental down saat mengalami kerugian.

Bagi seorang trader, faktor mental yang perlu dimiliki adalah tingkat kepercayaan diri. Dengan kepercayaan diri tersebut dapat menangkal efek psikologis perdagangan seperti rasa takut dan keserakahan. Keduanya ini membuat banyak trader terjebak di dalamnya.

Efek psikologis berupa rasa takut dan serakah merupakan respon alamiah dari setiap individu. Apabila mendapatkan kemenangan, maka ingin menang lebih banyak lagi (serakah). Jika mengalami kekalahan, maka akan dihantui rasa takut dan kepanikan.

=======

Membuat jurnal perdagangan saham pribadi yang memuat catatan / data statistik adalah langkah penting dan bijaksana dalam perdagangan saham yang lebih serius. Memiliki perencanaan perdagangan dengan menentukan parameternya, merupakan hal yang baik untuk mengukur kinerja tiap trading.

Selain itu, pentingnya kehadiran jurnal perdagangan saham adalah untuk memberikan feedback dalam proses mengembangkan keterampilan perdagangan seorang trader. Jurnal trading saham bisa menjadi mentor dan teman saat trader mengalami kemajuan dalam tradingnya.

Loading...

Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail