Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp50.212.000
-4.14%
Ethereum (ETH)
Rp1.313.546
Litecoin (LTC)
Rp354.246
DigitalCash (DASH)
Rp989.176
Monero (XMR)
Rp640.705
Nxt (NXT)
Rp406
Ethereum Classic (ETC)
Rp56.388
Dogecoin (DOGE)
Rp30
ZCash (ZEC)
Rp809.417
Bitshares (BTS)
Rp530
DigiByte (DGB)
Rp133
Ripple (XRP)
Rp4.384
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp126.134
PeerCoin (PPC)
Rp8.034
CraigsCoin (CRAIG)
Rp10

Cara Trading Saham Bagi Pemula dengan 5 Langkah

0 461

Ingin trading saham tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Banyak orang yang mencoba memulai melakukan trading di pasar saham, tetapi kebanyakan gagal ataupun tidak mencapai target yang diharapkan, terlebih trader pemula. Pelajari cara trading saham bagi pemula dengan 5 langkah mudah ini.

Mayoritas dari mereka yang gagal memiliki satu kesamaan yaitu belum menguasai keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk memiringkan peluang yang menguntungkan trader pemula tersebut. Luangkan cukup waktu untuk belajar trading saham dan Anda akan berada di jalur yang tepat untuk mendapatkan keuntungan, baik jangka pendek maupun jangka panjang. (Baca Lebih Lanjut: Ingin Sukses di Pasar Saham? Mulai Belajar Trading Saham Yuk!)

Pasar saham menarik banyak modal spekulatif yang sebagian besarnya membuang uang di sekuritas tanpa memahami dengan baik mengapa harga bergerak lebih tinggi atau lebih rendah. Sebagai gantinya, mereka mengejar hot tips, membuat taruhan binary, membiarkan diri mereka membuat keputusan membeli dan menjual yang tidak masuk akal. Jalan yang lebih baik adalah belajar bagaimana cara trading saham bagi pemula dengan tepat.

Pertama, kenalilah dirimu sendiri

Mulailah dengan memeriksa diri sendiri yaitu bagaimana melihat dari dekat hubungan Anda dengan uang.

  • Apakah Anda memandang hidup sebagai perjuangan, dengan usaha keras yang dibutuhkan untuk menghasilkan setiap rupiahnya?
  • Apakah Anda percaya bahwa daya tarik pribadi akan menarik kekayaan pasar kepada Anda dengan cara yang sama seperti dalam pencarian kehidupan lainnya?
  • Yang lebih mengerikan lagi, apakah Anda kehilangan uang secara teratur melalui aktivitas lain dan berharap pasar keuangan akan memperlakukan Anda dengan lebih baik?

Apapun sistem kepercayaan Anda, pasar cenderung memperkuat pandangan internal itu berulang-ulang melalui keuntungan dan kerugian. Kerja keras dan karisma sama-sama mendukung kesuksesan finansial. Namun, pecundang di jalan hidupnya cenderung juga menjadi pecundang dalam trading saham. Jangan panik jika ini terdengar seperti Anda. Sebagai gantinya, ambil rute diri Anda sendiri dan pelajari tentang hubungan antara uang dan harga diri.

Begitu Anda sudah mantap dengan diri sendiri, Anda bisa memulai belajar trading, dimulai dengan lima langkah cara trading saham bagi pemula ini.

1. Buka Akun Perdagangan

Ini langkah pertama dari cara trading saham bagi pemula yang perlu dilakukan. Temukan broker saham online yang bagus dan buka rekening broker saham. Bahkan, jika Anda sudah memiliki akun pribadi, bukan ide buruk untuk menjaga agar akun perdagangan profesional tetap terpisah.

Kenali dengan baik antarmuka akun dan fitur-fiturnya serta manfaatkan alat trading gratis dan penelitian yang ditawarkan secara eksklusif kepada klien. Sejumlah broker saham online menawarkan perdagangan virtual.

2. Belajar Membaca: Kursus Market Crash

Artikel keuangan, buku pasar saham, dan website tutorial. Ada banyak informasi di luar sana, banyak yang murah untuk menjadi bahan pertimbangan Anda. Dan jangan terlalu fokus pada satu aspek trading saja.

Sebagai gantinya, pelajari semua hal dengan bijak di dalam pasar saham, termasuk gagasan dan konsep yang tidak dirasakan relevan untuk saat ini. Trading meluncurkan sebuah perjalanan yang sering kali meluncur ke tempat tujuan yang tidak diantisipasi pada awalnya. Latar belakang pengetahuan / wawasan tentang pasar yang luas dan terperinci akan sangat bermanfaat.

Berikut adalah lima buku yang direkomendasikan untuk dibaca bagi setiap trader baru:

  • Trading for a Living oleh Dr. Alexander Elder
  • Technical Analysis of the Financial Markets oleh John Murphy
  • Stock Market Wizards oleh Jack D. Schwager
  • The Nature of Risk oleh Justin Mamus

Mulailah mengikuti pasar saham setiap hari di waktu senggang Anda. Bangun pagi-pagi dan baca tentang aksi harga semalam di pasardomestik maupun luar negeri.

Situs berita seperti Yahoo Finance, Google Finance dan CBS MoneyWatch berfungsi sebagai sumber yang bagus bagi investor / trader baru.

3. Belajar Menganalisis

Cara trading saham bagi pemula yang berikutnya adalah mempelajari dasar-dasar analisis teknikal dan lihat grafik harga, ribuan di antaranya, dalam semua kerangka waktu. Anda mungkin berpikir bahwa analisis fundamental menawarkan jalur keuntungan yang lebih baik karena melacak kurva pertumbuhan dan arus pendapatan. Namun, para trader hidup dan mati oleh aksi harga yang menyimpang dari aspek fundamental.

Jangan berhenti membaca spreadsheet perusahaan karena menawarkan sisi perdagangan atas orang-orang yang mengabaikannya. Namun, spreedsheet tersebut tidak akan membantu Anda bertahan tahun pertama sebagai seorang trader.

Belajar analisis teknikal bisa jadi menantang dengan berbagai indikator dan pola grafik.

Pengalaman Anda dengan grafik dan analisis teknikal akan membawa Anda ke dunia magis prediksi harga. Secara teoritis, sekuritas hanya bisa naik lebih tinggi atau lebih rendah, mendorong perdagangan jangka panjang atau penjualan jangka pendek.

Kenyataannya, harga bisa melakukan banyak hal lainnya, termasuk memotong ke samping selama berminggu-minggu pada suatu waktu atau menggoyangkannya dengan keras ke dua arah, mengusir pembeli dan penjual.

Horizon waktu menjadi sangat penting pada saat ini. Pasar keuangan menggeliat tren dan rentang perdagangan dengan sifat fraktal yang menghasilkan pergerakan harga independen pada jangka pendek, menengah dan jangka panjang. Ini berarti keamanan atau indeks dapat mengukir tren kenaikan jangka panjang, tren turun rata-rata dan rentang perdagangan jangka pendek, semua pada waktu bersamaan.

Daripada mempersulit prediksi, sebagian besar peluang trading akan terungkap melalui interaksi antara interval waktu ini. Membeli dip merupakan contoh klasik, dengan para trader melompat ke tren kenaikan yang kuat saat menjual dalam periode yang lebih rendah. Cara terbaik untuk memeriksa medan bermain tiga dimensi ini adalah dengan melihat setiap keamanan dalam tiga kerangka waktu, dimulai dengan grafik 60 menit, harian dan mingguan.

4. Praktek Trading Saham

Cara belajar trading saham bagi pemula selanjutnya adalah terjun mempraktekkan trading saham, tanpa melepaskan strategi trading yang sudah Anda miliki sebelumnya. Perdagangan virtual menawarkan solusi sempurna. Ini memungkinkan trader pemula mengikuti tindakan pasar real-time, membuat keputusan jual-beli yang membentuk garis besar catatan kinerja teoritis.

Biasanya, melibatkan penggunaan simulator pasar saham yang memiliki tampilan dan nuansa kinerja bursa saham aktual. Buatlah banyak perdagangan, dengan menggunakan periode dan strategi trading yang berbeda, lalu analisis hasilnya untuk mencari kekuatan dan kelemahannya.

Ada banyak tersedia berbagai simulator saham online, dan banyak broker membiarkan klien terlibat dalam perdagangan virtual tersebut dengan sistem entri uang riil investor. Ini memiliki manfaat tambahan dalam mempelajari perangkat lunak yang disediakan sehingga Anda tidak menekan tombol yang salah saat bermain dengan modal yang sebenarnya.

Jadi, kapan Anda beralih dan mulai trading saham dengan uang sungguhan? Tidak ada jawaban yang sempurna karena simulasi trading memiliki kelemahan yang mungkin muncul ketika mulai trading secara nyata.

Seorang trader perlu hidup berdampingan secara damai dengan emosi dari dua sisi yaitu dari keserakahan dan ketakutan. Trading virtual tidak melibatkan emosi ini, yang hanya bisa dialami oleh keuntungan dan kerugian pada perdagangan nyata.

Sebenarnya, aspek psikologis ini memaksa lebih banyak pemain tahun pertama keluar dari permainan daripada pengambilan keputusan yang buruk. Anda sebagai trader baru perlu mengenali tantangan ini dan mengatasi masalah yang tersisa dengan uang dan harga diri. (Baca Lebih Lanjut: Psikologi Trading Saham, Keserakahan dan Ketakutan)

5. Cara Lain untuk Belajar dan Praktek Trading Saham

Sementara pengalaman adalah guru yang baik, jangan lupa tentang pendidikan tambahan saat ingin melanjutkan karir trading Anda. Baik online maupun kelas pribadi dapat bermanfaat, dan Anda bisa menemukannya dimulai dari tingkat pemula hingga profesional.

Seminar yang lebih khusus – sering dilakukan oleh trader profesional – dapat memberikan wawasan berharga mengenai keseluruhan strategi investasi pasar saham dan strategi investasi. Lebih fokus pada jenis aset tertentu, aspek tertentu dari pasar, atau teknik trading.

Membayar untuk penelitian dan analisis merupakan cara trading saham bagi pemula yang juga direkomendasikan. Beberapa investor mungkin menganggap menonton atau mengamati profesional pasar lebih bermanfaat daripada mencoba menerapkan pelajaran yang baru dipelajari sendiri. Ada banyak situs langganan berbayar yang tersedia sebagai sumber belajar Anda.

Hal ini juga berguna untuk mendapatkan mentor untuk membimbing, mengkritik teknik dan menawarkan saran. Jika Anda tidak mengetahuinya, Anda bisa membelinya. Banyak sekolah / kursus trading online menawarkan pendampingan sebagai bagian dari program edukasi yang berkelanjutan.

Anda juga bisa berlangganan ke trader saham tertentu atau grup trading. Mereka menawarkan tutorial online dan ruang perdagangan. Anda dapat mengamati perdagangan yang terjadi secara real time dan / atau berlatih dengan akun demo, mendapatkan evaluasi kinerja Anda.

Kelola dengan Baik dan Sejahtera

Setelah bangun dan berlari dengan uang sungguhan, Anda perlu menangani posisi dan manajemen risiko. Setiap posisi membawa periode holding dan parameter teknis yang mendukung target keuntungan dan kerugian, yang mengharuskan Anda keluar tepat waktu saat mencapainya.

Sekarang perhatikan tuntutan mental dan permintaan saat Anda memiliki tiga sampai lima posisi sekaligus, dengan beberapa bergerak sesuai keinginan sementara yang lain dikenakan biaya karena berlawanan arah. Untungnya, ada banyak waktu untuk mempelajari semua aspek pengelolaan perdagangan, selama Anda tidak membanjiri diri sendiri dengan terlalu banyak informasi.

Jika Anda belum melakukannya, sekaranglah waktunya untuk memulai sebuah jurnal harian yang mendokumentasikan semua kinerja trading. Ini termasuk alasan untuk mengambil risiko tertentu, serta periode kepemilikan saham dan jumlah keuntungan atau kerugian di akhir.

Jurnal harian dan pengamatan ini menetapkan dasar bagi trading Anda yang akan mengakhiri status sebagai trader pemula dan memberikan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari pasar saham secara konsisten.

Kesimpulan

Mulailah perjalanan trading Anda dengan pendidikan yang mendalam di pasar keuangan, lalu baca grafik dan perhatikan aksi harga, bangun strategi berdasarkan pengamatan Anda. Uji strategi ini dengan trading virtual (demo), sambil menganalisis hasilnya dan melakukan penyesuaian terus-menerus. Kemudian lengkapi langkah pertama perjalanan Anda dengan risiko moneter yang memaksa Anda untuk menangani masalah manajemen perdagangan dan psikologi pasar.

Artikel 5 Langkah Mudah Cara Trading Saham Bagi Pemula ini referensi dari www.investopedia.com.

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail