Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp68.979.047
-3.97%
Ethereum (ETH)
Rp2.006.600
0%
Litecoin (LTC)
Rp506.099
DigitalCash (DASH)
Rp1.627.906
Monero (XMR)
Rp1.020.200
Nxt (NXT)
Rp561
Ethereum Classic (ETC)
Rp85.258
Dogecoin (DOGE)
Rp35
ZCash (ZEC)
Rp1.274.733
Bitshares (BTS)
Rp804
DigiByte (DGB)
Rp190
Ripple (XRP)
Rp6.712
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp173.277
PeerCoin (PPC)
Rp12.354
CraigsCoin (CRAIG)
Rp13

Anda Tahu Jam Tangan Rolex Bukan? Ini Asal Usul Nama ‘ROLEX’

0 355

Siapa yang tak kenal jam tangan Rolex, khususnya bagi pria. Rolex adalah salah satu brand jam tangan yang terkenal dengan kemewahannya. Tetapi, apakah Anda tahu bagaimana pendiri kerajaan bisnis ini memberikan nama ROLEX? Darimanakah inspirasinya?

Dapat dikatakan, Rolex adalah salah satu brand yang memiliki cerita dan salah satu yang terkenal di dunia dalam hal pembuatan jam.

Merek jam tangan Rolex itu sendiri telah berusia hampir 100 tahun lebih. Sangat mengejutkan jika kita mengetahui relatif tak banyak tentang bagaimana awal mula jam ini dibuat. Bahkan, sesuatu yang paling sederhana pun, seperti asal namanya, masih terselubung misteri.

Jam tangan Rolex, jika berdasarkan dari cerita resmi, ternyata bermakna sederhana. Menurut situs resmi Rolex tersebut, pendiri Hans Wilsdorf ingin bahwa merek jam tangannya yang baru nanti punya nama pendek yang dapat dikatakan dengan mudah dalam bahasa apapun.

Dan, yang terpenting, Hans Wilsdorf menginginkan sesuatu yang terlihat bagus pada jam tangan itu sendiri, dan simetris dengan huruf kapital.

“Saya mencoba menggabungkan huruf alfabet dengan segala cara,” kata Wilsdorf, menurut website Rolex.

“Ini memberi saya beberapa ratus nama, tapi tidak ada satupun yang tepat. Suatu pagi, saat menaiki geladak atas omnibus yang ditarik kuda di sepanjang Cheapside di Kota London, seekor jin berbisik ‘Rolex’ di telingaku.”

Jika cerita tersebut terlihat terlalu singkat, Anda tidak merasakan itu sendirian. Menambahkan sedikit warna pada cerita asal usul nama Rolex, sebuah esai di buletin Stern Business School NYU, yang ditulis oleh seorang profesor bidang manajemen David Liebeskind.

Dia mengklaim bahwa Wilsdorf juga berpikir bahwa nama “Rolex” tampak seperti sebuah onomatopoeia dari jam tangan yang berdetak. Jadi, pada dasarnya tidak tepat jika itu tidak berarti apa-apa.

Ada juga yang mengatakan bahwa “Rolex” merupakan singkatan dari 2 kata dalam bahasa Inggris, yaitu horological excellence. Tetapi, memang tidak ada bukti bahwa Wilsdorf pernah mengklaim tentang singkatan tersebut.

Hal ini juga menyembunyikan asal usul akar bahasa Inggris dari merek tersebut. Saat merek Rolex mulai di London pada tahun 1908 dan memindahkan bisnisnya ke Jenewa, Swiss di tahun 1919.

Apapun yang masih menjadi misteri dari jam tangan Rolex ini, tak bisa dipungkiri bahwa dari sudut pandang bisnis, Rolex merupakan salah satu yang menginspirasi.

Karena bisnis ini dapat bertahan selama ratusan tahun dan menjadi salah satu merek terkenal di dunia.

Referensi Tulisan:

www.businessinsider.co.id

Loading...

Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail