Tips Memulai Bisnis Kecil Anda Sendiri

0 121

Membuka bisnis Anda sendiri bisa menjadi pertaruhan besar yang nyata. Jika Anda tidak melakukannya dengan baik melalui serangkaian riset awal, Anda akan berakhir seperti kebanyakan bisnis kecil, dan itu adalah menghentikan bisnis dalam tempo waktu kurang dari 6 bulan. Berikut tips memulai bisnis kecil Anda agar bisa langgeng.

Ada banyak pilihan bisnis kecil-kecilan yang bisa dicoba. Gak semua bisnis yang dijalankan membutuhkan modal besar. Apalagi bagi pemula, alangkah lebih bijak untuk memulai dari skala kecil terlebih dahulu. Misalkan, ide bisnis modal kecil ini.

Salah satu tips memulai bisnis kecil kecilan yang terpenting untuk diingat, terutama adalah lokasi. Khususnya, bagi Anda yang membuka bisnis offline. Jika Anda melakukan riset awal sebelum membuka bisnis, pastikan bahwa di lokasi Anda tersebut tidak banyak kompetitor yang sudah bermain di bidang usaha yang sama dengan Anda.

Misalkan, Anda ingin membuka usaha service handphone, pastikan tidak membuka di lokasi yang dekat dengan usaha service handphone yang sudah ada. Alangkah baiknya, jika mencari lokasi yang benar-benar minim kompetitor dahulu.

Hal yang paling penting berikutnya sebagai tips memulai bisnis kecil kecilan adalah pemasok / supplier. Jangan hanya memiliki satu supplier / pemasok saja untuk usaha Anda tersebut. Coba cari beberapa supplier.

Dengan memiliki beberapa pilihan supplier, Anda bisa membandingkan dari banyak aspek, misalkan harga, kualitas, dan lain sebagainya. Semakin banyak pilihan supplier, semakin besar potensi usaha Anda menjadi besar.

Tips memulai bisnis kecil selanjutnya adalah memastikan bahwa produk atau layanan yang akan ditawarkan, diinginkan oleh pasar. Jangan pernah memulai usaha baru tanpa melakukan riset pasar terlebih dahulu. Ini seperti bertaruh, terkecuali Anda benar-benar mengetahui apa yang akan dilakukan.

Selanjutnya adalah mempersiapkan strategi promosi untuk usaha teresebut. Untuk awal-awal, cobalah untuk mencari strategi promosi yang tidak membutuhkan biaya terlalu besar, bahkan gratis. Misalkan, mengoptimalkan promosi melalui media sosial yang bisa dilakukan dengan gratis.

Jika sudah memiliki anggaran untuk promosi, maka lakukan promosi berbayar. Selalu lakukan trial dan tes terlebih dahulu dalam melakukan promosi berbayar. Ini untuk mencari teknik promosi yang paling ampuh.

Untuk pemilihan produk / item, terkadang memfokuskan untuk menjual produk dengan varian yang tak terlalu banyak, tetapi benar-benar diseleksi, itu jauh lebih menguntungkan. Daripada, menjual banyak varian item / produk, tetapi kita tak mengetahui segmen pasar yang tepat, atau kerepotan dalam mengatur stoknya.

Tips memulai bisnis kecil selanjutnya adalah pastikan usaha yang akan dijalankan itu benar-benar dari dalam diri Anda sendiri dan merupakan passion. Bukan sekedar ikut-ikutan dari usaha orang lain. Akan jauh lebih baik, jika Anda sudah memiliki pengalaman dalam bidang usaha yang akan dijalankan.

Untuk manajemen sumber daya manusianya, sebagai langkah awal, akan jauh lebih baik jika tidak memperbanyak staf dahulu. Bisa juga Anda berpartner dengan teman atau anggota keluarga.

Langkah ini dilakukan agar bisnis yang akan dijalankan, biaya operasional tetap rendah. Agar tak mengganggu arus kas yang sedang dibangun. Ketika arus kas sudah lancar, dan laba sudah mulai membesar, maka bisa mempekerjakan lebih banyak karyawan.

Itulah beberapa tips memulai bisnis kecil kecilan yang bisa dicoba oleh siapapun yang berencana membuka usaha. Anda memiliki tips tambahan? Berbagi yuk disini.

Loading...