Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Strategi Mengembangkan Usaha

0 45

Saat akan membuka usaha, apakah kita perlu punya tempat strategis? Jawabannya sangat perlu! Dalam ilmu pemasaran, place atau tempat merupakan kunci meningkatkan penjualan.

Makin strategis tempat, dekat pasar atau sumber bahan baku, akan memberi keuntungan dibandingkan jauh dari dua hal tersebut. Tapi apakah hal itu mutlak? Menurut saya sih enggak. Coba deh simak beberapa tips yang mungkin dapat membantu Anda.

Kejar Konsumen, Jangan Tunggu

Tempat usaha jauh dan tidak strategis? Tak perlu takut. Kalau Anda merasa pasar susah datang ke tempat Anda, kenapa tidak Anda yang mendatangi pasar? Di daerah Kebon Jeruk tempat saya tinggal, saya sering mendapati selebaran yang menawarkan beragam hal. Mulai catering, jasa servis, sekolah sampai kredit motor.

Saya pernah iseng menelpon untuk datang melihat sepeda motor, sekaligus mengunjungi lokasi mereka. Ternyata tempat penjualan motor itu hanya sebuah garasi. Di dalamnya berisi masing-masing satu merek motor baru sesuai brosur.

Saya penasaran dan bertanya bagaimana jika ingin warna motor berbeda? Mereka hanya tersenyum dan mengatakan itu gampang. Sebab barang di sini bukan untuk dijual tapi untuk dicoba. Kalau ingin membeli tentu barangnya baru dan sesuai keinginan konsumen.

Wow, saya kagum dengan kemampuan mereka. Walaupun hanya berupa garasi dan barangnya tidak ada di sana, tetapi usaha tersebut tetap maju dan dikenal. Ini karena brosur mereka yang mendatangi pasar dan bukan pasar yang mendatangi mereka.

Pelayanan Adalah Kunci Penjualan

Barang atau jasa yang Anda jual mungkin sama dengan toko besar di pinggir jalan. Harga Anda mungkin malah lebih mahal karena modal yang kalah dan promosinya tidak sebesar mereka. Jadi apa yang dapat kita menangkan dalam persaingan ini? Pelayanan! Ya, sekali lagi pelayanan.

Kenapa? Karena pada dasarnya orang siap membelanjakan uangnya dengan tujuan mendapat kepuasan. Kepuasan hanya diperoleh dari pelayanan baik yang mereka rasakan.

Untuk diketahui, saya ikut dalam satu milis jip. Pernah saya bertanya kepada para anggota milis bengkel mana yang baik dan direkomendasikan mereka. Anda tahu lokasinya? Terletak cukup jauh dari tempat saya, yaitu Pamulang dan Pasar Minggu. Saya heran kenapa harus sejauh itu. Tapi setelah bertanya lagi, jawaban mereka hampir sama bahwa mereka puas dengan hasil kerja bengkel tersebut.

Nah, ini petunjuk kalau kepuasan itu tidak pernah melihat lokasi. Tapi lebih mementingkan pelayanan dan kejujuran. Kalau ini sudah kita tanam, pasar dengan sendirinya akan datang.

Ciptakan Pasar

Apa yang sangat dibutuhkan untuk kelangsungan usaha? Modal? Benar tapi tidak tepat. Barang? Bisa benar tapi tidak 100%. Tempat strategis? Jelas tidak selalu. Pasar atau konsumen? Ya, ini faktor paling penting demi kelangsungan usaha.

Sebab seberapa besar dan kuatnya suatu usaha bila tak punya pasar atau konsumen yang dapat menyerap barang produksinya, maka usaha itu akan sia-sia. Nah, bagaimana kita menciptakan pasar?

Ada kelebihan khusus yang selalu saya utarakan dalam tiap kesempatan. Yaitu komunitas Anda. Kalau Anda tergabung dalam suatu komunitas, berdayakan kekuatan itu. Sebab komunitas merupakan pasar terdekat dan paling mengerti Anda.

Bila tergabung dalam klub Honda Tiger misalnya, mulailah memperkenalkan produk atau jasa yang Anda kuasai. Seperti membuka tempat cucian motor, perkenalkan tempat Anda dengan memberi diskon bagi anggota atau tambahan soft drink.

Ingat, keuntungan kecil tetapi terus-menerus dan konstan menurut saya lebih baik daripada besar tapi dengan frekuensi tidak pasti. Nah, apakah hal ini memerlukan lokasi strategis? Enggak juga asal Anda dekat dan akrab dengan komunitas Anda.

Produk yang Spesifik adalah Keunggulan

Kalau Anda tak punya keunggulan lokasi, saya ada usul. Jual barang atau jasa yang spesifik. Ingat, kekhususan akan membuat jualan Anda punya keunggulan dibanding produk massal.

Di daerah Serpong ada toko khusus mesin dan aksesori limbah eks-Singapura. Lokasinya cukup jauh masuk ke dalam kampung. Tetapi usaha tersebut tetap berjalan karena menjadi satu-satunya penjual mesin dan aksesori limbah di Serpong.

Mereka tidak menyebar brosur, pun tidak memiliki lokasi di tepi jalan utama. Promosinya yakni mendatangi bengkel-bengkel di sekitar Tangerang, Serpong dan Pamulang. Mereka menjalin hubungan baik dengan memperkenalkan toko dan barang yang dimiliki, sebagai alternatif bila konsumen ingin mencari mesin atau aksesori berharga miring.

Tahu akibatnya? Sebagian besar konsumennya adalah mereka yang datang atas saran bengkel-bengkel tempat toko itu menjalin hubungan baik. Karena pelayanan baik dan sikap jujur yang diperlihatkan, lambat laun toko itu jadi terkenal dan punya banyak pelanggan. Dan Anda tahu keunikan lainnya? Sang pemilik tidak berpikir untuk pindah lokasi meski sudah sumpek.

Dalam berusaha memang banyak hal mempengaruhi kesuksesan. Tempat memang perlu, tetapi kalau keunggulan itu tak dapat dikelola dengan baik, maka tak bisa memberikan nilai tambah. Nah, seperti diuraikan di atas, dengan ketekunan dan kemauan maka tempat bukan lagi kendala dalam berbisnis. Selamat membuka dan menjalankan usaha.

Loading...