Kamus Investasi (F-G)

0 56

Face Value

Jumlah pokok yang tertera pada sebuah instrument hutang atau pada uang kertas serta uang koin.

Fair Value

Perkiraan nilai seluruh aset serta kewajiban dari sebuah perusahaan yang akan diambil alih / diakusisi yang kemudian akan digunakan untuk mengkonsolidasikan laporan keuangan kedua perusahaan tersebut.

Federal Open Market Committee

Komite yang membuat keputusan yang berhubungan dengan kegiatan operasional dari Feds untuk mengawasi suplai uang.

Financial Planner

Ahli profesional di bidang investasi yang membantu individu menggambarkan rencana keuangan dengan tujuan-tujuan tertentu dan membantu mengkoordinasikan beragam aktivitas keuangan lainnya.

Fiscal Policy

Kebijakan pemerintah untuk mempengaruhi kondisi makro ekonomi. Kebijakan ini akan mempengaruhi tingkat pajak, tingkat suku bunga, dan pengeluaran pemerintah sebagai usaha untuk mengkontrol ekonomi negara tersebut.

Fixed Asset

Properti berwujud yang dimiliki oleh perusahaan yang digunakan untuk menghasilkan pendapatan bagi perusahaan, tetapi bukan untuk dikonsumsi atau dikonversi menjadi kas. Pabrik, mesin, dan peralatan-peralatan merupakan contoh dari aktiva tetap tersebut.

Fixed Cost

Biaya yang jumlahnya akan tetap sama / tidak berubah meskipun kegiatan perusahaan terus mengalami perubahan.

Floor Trader

Anggota bursa yang menjalankan transaksi dari lantai perdagangan bursa (floor) hanya untuk rekening perusahaannya.

Float

Jumlah total saham yang beredar dan yang tersedia di pasar.

Fund Manager

Orang yang bertanggung jawab atas investasi dalam reksadana, dengan cara mengimplementasikan strategi serta pengelolaan hari ke hari dalam perdagangan portofolionya. Salah satu faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan dalam reksadana adalah mencari fund manager yang tepat.

Fundamental Analysis

Metode penilaian saham / surat berharga yang mencoba untuk mengukur nilai intrinsic sebuah saham tertentu. Analisis fundamental mempelajari segala hal, mulai dari kondisi ekonomi dan industri secara keseluruhan, sampai kondisi keuangan dan kondisi manajemen perusahaan tersebut.

Gearing Ratio

Istilah umum yang diberikan untuk rasio-rasio leverage yang menggambarkan kondisi modal perusahaan. Ada berbagai macam jenis gearing ratio seperti debt to equity, interest coverage untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar bunga pinjaman.

Gross Domestic Product

Nilai uang atau nilai moneter semua barang-barang serta jasa yang dihasilkan oleh suatu negara pada periode tertentu. Meliputi konsumsi, belanja pemerintah, investasi, serta ekspor bersih. Disimbolkan dengan Y= C+I+G+ (X-M). GDP merupakan indikator yang baik untuk menilai kesehatan ekonomi suatu negara. Biasanya diukur secara tahunan, meskipun perhitungan bulanannya juga diumumkan.

Gross National Product

Indikator statistic ekonomi meliputi GDP ditambah semua pendapatan yang diperoleh warga negara tersebut atas investasi luar negerinya, dikurangi pendapatan dihasilkan warga negara asing atas investasi di dalam negerinya. Pada dasarnya GNP adalah total uang yang dihasilkan oleh penduduk suatu negara di dalam maupun di luar negeri.

Growth Fund

Sebuah portofolio saham yang berdisfikasi dengan tujuan utamanya adalah peningkatan harga saham yaitu berinvestasi pada perusahaan yang menginvestasikan kembali pendapatan yang diperoleh untuk tujuan ekspansi, akuisisi, atau untuk penelitian dan pengembangan perusahaan.

Growth Stocks

Saham-saham pada perusahaan yang pendapatan totalnya diharapkan meningkat di atas tingkat pendapatan rata-rata. Karakteristik dari growth stock adalah P/E rasionya yang tinggi.

Loading...