Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.124
-0%
Rp16.135
+0.38%
Rp18.124
+0.11%
Rp130
+0.45%
Rp10.158
-0.01%
Rp3.755
+0.32%
Rp2.089
-0.1%
Rp10.427
+0.04%
Rp10.648
-0.1%
Rp14.322
+0.45%
Rp9.629
0%

Sekilas Penjelasan Tentang Seed Capital

Dikenal juga dengan istilah seed funding atau pendanaan modal benih (modal awal).

0 188

Dalam bisnis dan investasi, khususnya bisnis start-up dikenal dengan istilah Seed Capital atau Pendanaan Modal Benih. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang hal tersebut.

Pengertian Seed Capital

Pendanaan modal benih (seed capital / seed funding) adalah modal awal yang digunakan ketika memulai bisnis, seringkali berasal dari aset pribadi pendiri, teman atau keluarga, untuk menutupi biaya operasi awal dan menarik bagi investor ventura. (Referensi lebih lanjut: Wikipedia)

Jenis pendanaan ini sering diperoleh dalam pertukaran untuk saham ekuitas di perusahaan, meskipun dengan kontrak kurang formal daripada pembiayaan ekuitas standar.

Karena bank dan investor modal ventura melihat Seed Capital sebagai investasi “berisiko” oleh promotor ventura baru, penyedia modal dapat menunggu hingga bisnis lebih mapan sebelum melakukan investasi dana modal ventura yang lebih besar.

Penjelasan lebih lanjut tentang Seed Capital

Seed Capital, modal ventura, pendanaan mezzanine dan penawaran umum perdana (IPO) adalah beberapa tahapan yang terlibat dalam membiayai start-up.

Pendanaan modal benih ini biasanya disediakan untuk riset pasar, pengembangan produk, produksi prototipe atau operasi tahap awal lainnya. Keterampilan pemilik bisnis, kemampuan bisnis, dan rekam jejak, bersama dengan manfaat produk atau layanan, membantu menentukan berapa banyak investor pendanaan awal dapat berkontribusi untuk start-up.

Angel Investor Profesional

Angel investor profesional aktif bekerja dengan pengusaha dalam mengumpulkan sumber daya dan mengembangkan bisnis start-up. Para investor ini menikmati interaksi langsung sambil membantu mengembangkan operasi harian perusahaan. Investor ini biasanya menyediakan seed money dengan cara menyediakan pinjaman atau dengan membeli ekuitas di perusahaan.

Ketika menaikkan di bawah $ 1 juta, investor malaikat profesional biasanya memberikan seed loan. Dokumennya relatif mudah dan melibatkan biaya legal yang lebih murah daripada seed equity.

Suku bunga cenderung lebih rendah, dan aturan / ketentuan yang tidak menetapkan batasan. Juga, pembiayaan ekuitas masa depan dapat dikonversi pada tingkat yang lebih rendah dengan seed loan. Dalam beberapa kasus, jaminan dapat dikeluarkan sehingga investor malaikat profesional dapat berpartisipasi dalam pertumbuhan perusahaan.

Sebaliknya, ketika mengumpulkan lebih dari $ 1 juta, investor malaikat profesional biasanya menggunakan seed equity. Seed equity yaitu pelibatan investor dalam membeli saham preferen dengan hak suara dan menjadi pemilik bersama bisnis start-up.

Transaksi seed equity lebih kompleks dan mahal daripada seed loan, tetapi dapat dilihat lebih menguntungkan bagi investor ketika lebih banyak pendanaan modal benih diperlukan.

Contoh Seed Capital

Pada bulan April 2016, Google mengumumkan telah memberikan seed capital kepada Center for Resource Solutions untuk menyiapkan program sertifikasi energi terbarukan di Asia. Tujuan institusi ini adalah membantu perusahaan dalam membeli listrik dari sumber yang bersih.

Program ini akan dimulai di Taiwan dengan membuat sertifikat untuk energi terbarukan. Pendanaannya muncul sebagai konsekuensi dari Google yang ingin menggerakkan pusat data global dan juga operasionalnya, dengan energi terbarukan.

Pada bulan Desember 2015, Google mengumumkan akan bergerak maju pada lima kesepakatan yang melibatkan pembelian output dari pembangkit listrik di Amerika Serikat, Swedia, dan Chili. Google memperoleh 2 gigawatts energi terbarukan, memperluas pembelian daya bersih sebelumnya dari 781 megawatt tenaga surya dan angin yang akan tetap berlaku selama 10 hingga 20 tahun. Pembelian berikutnya pada bulan April ditambahkan ke portofolio pembelian daya Google.

Artikel terjemahan dari www.investopedia.com.

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail