Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp50.853.000
+1.71%
Ethereum (ETH)
Rp1.328.789
0%
Litecoin (LTC)
Rp362.175
DigitalCash (DASH)
Rp970.275
Monero (XMR)
Rp645.325
Nxt (NXT)
Rp407
Ethereum Classic (ETC)
Rp57.464
Dogecoin (DOGE)
Rp31
ZCash (ZEC)
Rp828.904
Bitshares (BTS)
Rp546
DigiByte (DGB)
Rp129
Ripple (XRP)
Rp4.506
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp127.744
PeerCoin (PPC)
Rp8.081
CraigsCoin (CRAIG)
Rp10

Perkenalan dan Strategi Day Trading

0 40

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan day trading (perdagangan harian) ini? Siapa saja yang dapat berpartisipasi dalam proses tersebut? Strategi day trading seperti apa yang bisa dilakukan? Berikut ulasannya untuk Anda.

Perdagangan harian (day trading) didefinisikan sebagai pembelian dan penjualan sekuritas dalam satu hari perdagangan. Perdagangan harian ini dapat terjadi di pasar mana pun, tetapi paling umum di pasar forex (valas) dan pasar saham.

Biasanya, pedagang harian (day trader) adalah individu berpengalaman dan memiliki modal yang cukup. Mereka memanfaatkan sejumlah besar leverage dan strategi perdagangan jangka pendek untuk memanfaatkan pergerakan harga yang kecil dalam saham atau mata uang yang sangat likuid.

Seorang day trader melayani dua fungsi penting di pasar: Mereka menjaga pasar berjalan efisien melalui arbitrasi, dan mereka menyediakan banyak likuiditas pasar (terutama di pasar saham). Artikel ini akan mengambil pandangan obyektif pada perdagangan harian, siapa yang melakukannya dan contoh strategi day trading yang dilakukan.

Kontroversi Perdagangan Harian (Day Trading)

Potensi keuntungan dari perdagangan harian mungkin salah satu topik yang paling diperdebatkan (dan disalahpahami) di bursa. Banyak penipuan internet telah memanfaatkan kebingungan ini dengan menjanjikan hasil yang sangat besar dalam waktu singkat. Sementara itu, media terus mempromosikan jenis perdagangan ini sebagai skema cepat kaya.

Ada orang-orang yang terlibat dalam jenis perdagangan ini tanpa pengetahuan yang memadai. Namun, ada pedagang harian (day trader) yang berhasil hidup meskipun harus berjibaku dengan risikonya.

Banyak manajer dana profesional dan penasihat keuangan menghindar dari perdagangan harian, dengan alasan bahwa, dalam banyak kasus, imbal hasilnya tidak sebanding dengan risiko yang harus ditanggung.

Sebaliknya, mereka yang melakukan day trading bersikeras bahwa ada keuntungan yang harus dibuat. Namun, mereka mengakui bahwa tingkat keberhasilan secara inheren lebih rendah sebagai akibat dari kompleksitas yang lebih tinggi dan risiko yang diperlukan dari perdagangan harian, dikombinasikan dengan semua penipuan.

Perdagangan harian bukan untuk semua orang dan melibatkan risiko yang signifikan. Selain itu, diperlukan pemahaman mendalam tentang bagaimana pasar bekerja dan berbagai strategi day trading untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek.

Karakteristik Seorang Day Trader

Artikel ini berfokus pada pedagang harian profesional, yaitu mereka yang berdagang untuk mencari nafkah, tidak hanya sebagai hobi atau untuk sekedar “spekulasi”. Para trader ini biasanya mapan di prakteknya dan memiliki pengetahuan mendalam tentang pasar.

Berikut ini beberapa prasyarat yang diperlukan untuk melakukan day trading:

  • Pengetahuan dan Pengalaman di Pasar: Individu yang mencoba berdagang tanpa memahami dasar-dasar pasar sering berakhir dengan kehilangan uang.
  • Modal yang Cukup: Seseorang tidak dapat berharap untuk menghasilkan uang dalam perdagangan harian. Pedagang harian hanya menggunakan modal risiko, yang dapat mereka pertaruhkan. Tidak hanya melindungi mereka dari kehancuran finansial, tetapi juga membantu menghilangkan emosi dari perdagangannya. Sejumlah besar modal sering diperlukan untuk memanfaatkan secara efektif pergerakan harga intraday.
  • Day trading strategi: Seorang day trader membutuhkan keunggulan atas pasar lainnya. Ada beberapa strategi day trading berbeda yang digunakan para pedagang harian itu, termasuk swing trader, arbitrase, dan berita perdagangan. Strategi ini disempurnakan sampai mereka menghasilkan keuntungan yang konsisten dan secara efektif membatasi kerugian.
  • Disiplin: Strategi day trading apapun yang menguntungkan tidak berguna tanpa disiplin. Banyak day trader berakhir kehilangan banyak uang karena mereka gagal melakukan perdagangan yang memenuhi kriterinya sendiri. Seperti yang dikatakan, “Rencanakan perdagangan dan perdagangkan rencananya.” Sukses itu mustahil tanpa disiplin.

contoh strategi day tradingDay Trading untuk Hidup

Ada dua divisi utama dari pedagang harian profesional: mereka yang bekerja sendiri dan / atau mereka yang bekerja untuk institusi yang lebih besar. Kebanyakan day trader yang berdagang untuk hidup bekerja pada lembaga besar. Faktanya adalah, orang-orang ini memiliki akses ke hal-hal yang hanya dapat diimpikan oleh para trader individu, seperti akses langsung ke trading desk, modal dan leverage dalam jumlah besar, perangkat lunak analitis yang mahal, dan banyak lagi.

Trader ini biasanya yang mencari keuntungan mudah yang dapat dibuat dari peluang arbitrase dan berita. Selain itu, sumber daya ini memungkinkan mereka untuk memanfaatkan perdagangan harian yang kurang berisiko sebelum trader individu dapat bereaksi.

Trader individu sering mengelola uang orang lain atau hanya berdagang dengan dananya sendiri. Beberapa dari mereka memiliki akses ke trading desk, tetapi mereka sering memiliki hubungan yang kuat dengan broker (karena jumlah besar yang dikeluarkan untuk komisi) dan akses ke sumber daya lain.

Namun, ruang lingkup terbatas sumber daya ini mencegah mereka dari bersaing langsung dengan pedagang harian institusional. Sebaliknya, mereka terpaksa mengambil lebih banyak risiko. Trader individu biasanya melakukan perdagangan harian menggunakan analisis teknikal dan swing trading dikombinasikan dengan leverage. Hal ini untuk menghasilkan laba yang memadai pada pergerakan harga yang kecil di saham yang sangat likuid.

Day trading menuntut akses ke beberapa layanan dan instrumen keuangan paling kompleks di pasar. Seorang trader harian membutuhkan:

  • Akses ke Trading Desk

Ini biasanya disediakan untuk para trader yang bekerja untuk institusi yang lebih besar atau mereka yang mengelola uang dalam jumlah besar. Trading desk menyediakan fasilitas bagi trader ini dengan eksekusi order seketika, yang dapat menjadi penting, terutama ketika pergerakan harga yang tajam terjadi.

  • Beberapa Sumber Berita

Dalam film “Wall Street,” Gordon Gekko mengatakan bahwa “informasi adalah komoditas paling penting saat berdagang.” Berita menyediakan sebagian besar peluang yang dimanfaatkan para trader harian. Jadi sangat penting untuk menjadi yang pertama mengetahui kapan sesuatu yang besar terjadi.

  • Perangkat Lunak Analitis

Perangkat lunak perdagangan adalah kebutuhan yang mahal bagi kebanyakan trtader harian. Mereka yang mengandalkan indikator teknikal atau swing trading lebih mengandalkan perangkat lunak daripada berita. Perangkat lunak ini biasanya berisi banyak fitur, termasuk:

  • Pengenalan pola otomatis: Ini berarti bahwa program perdagangan mengidentifikasi indikator teknis seperti flags dan saluran, atau indikator yang lebih kompleks seperti pola Elliott Wave.
  • Aplikasi genetik dan saraf: Ini adalah program yang memanfaatkan jaringan syaraf tiruan dan algoritma genetika untuk menyempurnakan sistem perdagangan untuk membuat prediksi pergerakan harga masa depan yang lebih akurat.
  • Integrasi broker: Beberapa aplikasi ini bahkan berinteraksi langsung dengan broker, yang memungkinkan eksekusi perdagangan seketika dan bahkan otomatis. Ini berguna untuk menghilangkan emosi dari perdagangan dan meningkatkan waktu eksekusi.
  • Pengujian kembali (Backtesting): Hal ini memungkinkan bagi trader untuk melihat bagaimana day trading strategi tertentu akan dilakukan di masa lalu untuk memprediksi lebih akurat bagaimana kinerjanya di masa depan.

Kesimpulan

Meskipun day trading telah menjadi semacam fenomena kontroversial, kehadirannya tidak dapat disangkal. Trader harian, baik institusi maupun individu, memainkan peran penting di pasar dengan menjaga pasar tetap efisien dan likuid.

Meskipun populer di kalangan trader yang tidak berpengalaman, tetapi dibutuhkan wawasan dan pengalaman lebih agar berhasil. Jika menurut Anda perdagangan harian itu menarik, tentunya harus melakukan penelitian lebih lanjut untuk memilih broker yang mendukung day trading tersebut.

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail