Menangkap Peluang Bisnis

0 54

Dalam kehidupan, biasanya lebih terbiasa untuk menunggu sesuatu yang dapat mengubah diri kita. Kecenderungan kita, tidak aktif mencari sesuatu yang menawarkan hal lebih baik. Kita cenderung untuk menanti keajaiban. Demikian juga dalam berbisnis. Kebanyakan berharap muncul keajaiban yang dapat mengubah bisnis seperti pelanggan baru, sambutan hangat atas produk bisnis, atau berkenalan dengan orang-orang penting.

Hidup tidak selamanya seperti itu. Sementara kita menunggu keberhasilan datang ke pangkuan, kehidupan terus berlanjut. Jika kita ingin segala sesuatunya berbeda, kita harus belajar mengenali peluang dan meraihnya. Kita harus melakukan sesuatu untuk mendapatkan peluang tersebut.

Ini faktanya. Jika Anda ingin bisnis atau hidup Anda berubah, Anda harus berperan aktif dalam perubahan tersebut. Tetapi bagaimana memulainya? Bagaimana cara mengenalinya saat peluang itu berada di depan mata?

  • Susun Rencana

Buatlah sebuah visi dari apa yang ingin Anda capai, lalu kembangkan sebuah rencana untuk mengubah visi tersebut menjadi kenyataan. Anda tidak bisa menentukan pencapaian visi—apakah peluang harus dimanfaatkan atau dibiarkan lewat—jika tidak memahami apakah peluang tersebut sesuai dengan tujuan Anda atau tidak. Menyusun rencana akan memberikan sebuah kerangka kerja bagi Anda dalam mengambil keputusan.

  • Biasakan Diri untuk Menetapkan Pilihan

Bergerak maju berarti menangkap sebagian peluang dan membiarkan yang lain lewat. Para pengusaha memiliki banyak ide bagus tentang bagaimana meningkatkan bisnis mereka, dan kehidupan ini akan terus menyajikan berbagai prospek yang menggoda. Anda tidak bisa melaksanakan semua ide bagus tersebut. Pilihlah yang terbaik untuk Anda.

  • Solusi yang Sempurna Tidak Pernah Ada

Kita gagal bertindak karena kita menunggu kesempatan atau waktu yang sempurna. Hidup ini tidak menawarkan kesempurnaan, melainkan kesempatan. Mencari kesempurnaan merupakan suatu cara untuk menghindari keharusan menentukan pilihan.

  • Keluarlah dari Tempat Anda yang Nyaman

Memang, Anda merasa nyaman dengan apa yang dilakukan, tetapi jika hal itu tidak bisa memberikan hasil seperti yang Anda harapkan, maka Anda harus mengubahnya. Perubahan selalu menyakitkan di awal, tetapi ketika sudah beradaptasi dengan perubahan tersebut, maka Anda akan menikmatinya.

  • Buatlah Komitmen

Biasakan untuk berkata tidak. Biasakan pula untuk berkata ya. Tetapi apa pun yang Anda lakukan, lakukan dengan komitmen dan keyakinan yang telah dibuat.

(CAA)

Loading...