PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

Cara Trading Saham yang Menguntungkan di Bear Market (Bearish)

0 73

Melakukan trading saham di kondisi Bull Market (bullish) akan jauh lebih mudah daripada trading di Bear Market (bearish). Banyak trader menemukan fakta bahwa mereka dapat menghasilkan keuntungan di pasar yang bullish. Namun, ketika ada koreksi besar yang sedang berlangsung atau ketika pasar bearish, mereka benar-benar beku dan tidak dapat melakukan transaksi dengan sukses atau menemukan keuntungan dalam perdagangan mereka. Berikut tips / cara trading saham yang menguntungkan di kondisi pasar bearish.

Apa yang perlu dilakukan? Setidaknya ikuti beberapa cara trading saham di kondisi pasar bearish yang dilakukan oleh para trader sukses berikut.

Pertama, ketika pasar ambruk, penting untuk menerima kenyataan bahwa tren pasar telah berubah dari bullish ke bearish. Adalah sifat manusia untuk menemukan kambing hitam atau untuk menemukan “alasan” atau untuk merasionalisasi fakta bahwa tren pasar telah berubah.

Akan tetapi, terkecuali trader tersebut menerima kenyataan bahwa dia bertanggung jawab untuk melakukan trading keluar dari pasar bearish, dia akan mendapati posisinya tidak dapat dipertahankan. Dan menemukan kerugian yang bertambah setiap hari seiring sentimen bearish market yang terus berlanjut.

Kebanyakan trader menolak tanggung jawab atas tindakan tradingnya sendiri dan menyalahkan broker atau teman yang telah memberikan tips yang dianggap menyebabkan kerugian.

Jika Anda dihadapkan pada kerugian dari keruntuhan harga secara tiba-tiba, terimalah bahwa Anda bertanggung jawab untuk kondisi tersebut dan selanjutnya melakukan tindakan untuk keluar dari situasi ini dengan keuntungan.

Kedua, sementara di pasar bullish mudah diperdagangkan dengan hanya membeli saham yang berada dalam penawaran harga awal dan hanya menahannya lalu kembali lagi setelah beberapa hari untuk menuai keuntungan. Hal ini tidak dapat dilakukan selama pasar bearish.

Di pasar bullish, Anda berdagang dengan tren, dan setelah trennya selesai, Anda berdiri untuk menghasilkan keuntungan yang mudah. Sebaliknya, di pasar bearish, pasar mengalami konsolidasi, dan trennya “lebih pendek” dalam durasi. Atau pasar akan masuk ke arah yang menyamping dengan harga bergerak di antara rentang.

Selama pasar bearish, kita lebih bias terhadap range trading ketimbang trend trading. Jadi, jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengubahnya dari menggunakan trend trading ke range trading, Anda bisa tertangkap dengan perubahan tren jangka pendek. Dan mengalami whipsaws dan kehilangan perdagangan saham selama pasar bearish.

Berdasarkan pengalaman banyak trader, dapat disimpulkan bahwa tidak ada ruang untuk perdagangan lesu selama pasar bearish. Margin of error untuk sinyal perdagangan jauh lebih rendah saat melakukan trading di pasar bearish.

Ada beberapa trader yang dapat dengan cepat mengubah atau beradaptasi dari perdagangan tren yang lebih lama dengan perdagangan yang lebih pendek di pasar atau perdagangan jarak jauh untuk dapat menghasilkan uang dari perdagangan mereka.

Di pasar bearish, trader tersebut sudah merasa puas dengan keuntungan yang lebih kecil. Namun, berdagang dengan lebih sering dan dalam volume yang lebih tinggi. Untuk membantu margin keuntungannya, mereka dapat menegosiasikan persyaratan broker terendah dengan broker saham atau menggunakan platform perdagangan saham online.

Di pasar bearish, trader yang memiliki range trading akan menjadi yang terbaik untuk memanfaatkan rebound yang lebih pendek dan lebih cepat yang terjadi saat saham mengalami oversold dan kembali ke atas.

Menerima tanggung jawab pribadi dan beradaptasi dengan range trading akan meningkatkan peluang menghasilkan uang di pasar bearish.

Itulah beberapa tips / cara trading saham yang menguntungkan di kondisi pasar bearish. Mungkin Anda salah satu trader yang memiliki tips lainnya? Mari berbagi disini!
Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.