Manfaat Investasi yang Bisa Diraih Meskipun Skala Kecil

manfaat investasi untuk masa depan

Tak banyak orang yang memahami dengan baik seperti apakah manfaat investasi bagi dirinya. Terlebih lagi, menjadikan investasi sebagai suatu kegiatan rutin. Apakah Anda termasuk salah satu yang masih ragu untuk berinvestasi?

Hal yang wajar bahwa berinvestasi masih merupakan aktivitas yang jarang dilakukan. Ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya.

Bisa jadi, salah satu faktor terbesar dalam memulai investasi adalah pola pikir yang menganggap bahwa investasi membutuhkan modal yang besar. Ini tidak sepenuhnya benar.

Ada banyak produk investasi dengan modal kecil yang sebenarnya bisa dilakukan. Ini sangat bergantung apakah orang tersebut mau mempelajarinya lebih mendalam atau tidak.

Setiap produk investasi tentu selalu diiringi dengan risiko yang perlu dipertimbangkan tatkala memilihnya. Namun, kita juga perlu tahu bahwa dibalik risiko tersebut ada manfaat investasi yang besar.

Setidaknya, minimal untuk diri kita sendiri berikut ini beberapa manfaat investasi yang perlu diketahui agar yakin untuk memulainya.

1. Memberikan penghasilan untuk jangka panjang

Ini salah satu manfaat dari investasi yang bisa Anda rasakan. Biasanya, investasi yang berpotensi untuk memberikan penghasilan untuk jangka panjang, adalah produk-produk investasi yang lebih berisiko.

Bisa kita sebutkan beberapa produk investasi yang bermanfaat memberikan penghasilan untuk jangka panjang, contohnya saham, reksadana, obligasi, dan lain sebagainya.

Produk-produk ini banyak memberikan penghasilan bagi para investor, walaupun tidak ada jaminan 100%.

Pastinya, memiliki uang tunai atau saldo tabungan akan jauh lebih aman dibandingkan produk tersebut, tetapi untuk jangka panjang pertumbuhan nilai investasinya akan jauh lebih signifikan dibandingkan dengan tabungan.

2. Memberikan penghasilan tetap

Manfaat investasi lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah berpotensi mendapatkan penghasilan tetap. Bagi Anda yang sudah merencanakan ingin memiliki penghasilan tetap saat masa pensiun, tentu harus mencari alternatif investasi.

Dan, ada beberapa produk investasi yang bisa dipilih seperti reksadana penghasilan tetap, ekuitas, properti, ataupun obligasi. Produk ini memberikan tingkat penghasilan tetap yang cuku menarik dan biasanya lebih tinggi dari inflasi.

3. Bisa berinvestasi sesuai dengan kondisi finansial

Ragam investasi yang berkembang dewasa ini, bisa memberikan alternatif pilihan bagi kita yang ingin memulainya dengan menyesuaikan kondisi keuangan pribadi kita.

Seiring berjalannya waktu, kondisi keuangan seseorang akan selalu berubah. Tentu, cara kita berinvestasi dapat fleksibel menyesuaikan dengan dinamisnya anggaran finansial kita.

Yang terpenting, jika kita sudah memiliki dana lebih, sebaiknya segera membuat anggaran pribadi dan memberikan pos khusus untuk berinvestasi.

Semakin dini kita mulai berinvestasi, maka akan semakin cepat kita merasakan manfaat investasi tersebut dengan pertumbuhan investasi dari waktu ke waktu.

Bisa juga dengan rutin berinvestasi setiap bulan di produk investasi, misalkan reksadana. Kebiasaan ini akan dipetik hasilnya di masa depan.

4. Berinvestasi mengungguli inflasi

Apakah kita hanya mengandalkan tabungan untuk masa depan? Tabungan memang penting, tetapi tabungan tidak akan pernah mendapatkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi dari tingkat inflasi.

Semakin lama, tingkat inflasi akan semakin naik. Efek yang paling terasa dari inflasi adalah semakin besar kebutuhan hidup. Dan mungkin saja tak akan mampu ditopang hanya dengan menabung.

Salah satu manfaat investasi adalah menjadi pelengkap dari tabungan tersebut. Dengan berinvestasi, kita berpotensi mendapatkan tingkat pengembalian setelah pajak yang jauh lebih tinggi dari inflasi.

5 manfaat investasi untuk masa depan

5. Dapat menyesuaikan dengan dinamisnya kebutuhan

Setiap portofolio investasi yang ditawarkan oleh perusahan investasi / manajer investasi, menyesuaikan dengan kebutuhan kita.

Jika usia kita masih muda, dan kita bisa memilih portofolio investasi yang jauh lebih progresif, misalkan saham dan forex. Portofolio ini juga bisa menyesuaikan dengan tujuan investasi Anda.

Jika kita sudah mulai memasuki usia mapan, maka biasanya banyak investor yang memilih portofolio investasi yang medium, return lumayan tetapi risiko tidak terlalu besar. Ini bisa didapatkan dari reksadana dan obligasi.

Jika sudah memasuki usia pensiun, maka keamanan investasi dan risiko yang minim menjadi pertimbangan utama. Ini bisa didapatkan dengan berinvestasi di emas, properti, tanah, dll.

Itulah lima manfaat investasi paling utama yang bisa kita dapatkan. Jadi, bisa dikatakan, mendapatkan manfaat dari investasi sebenarnya tidak hanya tergantung dari modal yang besar.

Dengan bermodalkan anggaran yang kecil, kita bisa memulainya dan membiasakan diri untuk rutin berinvestasi agar mendapatkan masa depan yang lebih cerah.

Komentar Facebook
Loading...

TINGGALKAN BALASAN

Berikan komentar Anda!
Masukkan nama Anda

satu × lima =