PortalInvestasi.com
Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan

10 Aturan Emas Agar Sukses Trading Saham

Diperlukan konsistensi dan disiplin menerapkan aturan ini.

0 28

Aturan trading saham Anda adalah uang Anda. Bila mengikuti peraturan, Anda menghasilkan uang. Namun, jika melanggar aturan dalam trading saham Anda sendiri, kemungkinan besar hasilnya adalah Anda akan kehilangan uang. Berikut sepuluh aturan emas agar sukses trading saham.

Setelah Anda memiliki seperangkat aturan dalam melakukan perdagangan saham yang andal, penting untuk mengingatnya. Inilah salah satu disiplin yang bisa menghasilkan keuntungan lebih baik untuk Anda agar menjadi seorang trader saham sukses.

Berikut 10 aturan emas agar sukses trading saham, dibaca sebelum memulai berdagang saham dan juga saat selesai melakukan perdagangan saham.

  • Aturan 1: Saya harus mengikuti aturan yang sudah dibuat

Tentunya, jika Anda sudah membuat seperangkat aturan, maka aturan tersebut harus diikuti. Merupakan sifat manusia yang ingin berbeda-beda atau melanggar peraturan dan dibutuhkan disiplin untuk terus bertindak sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

  • Aturan 2: Saya tidak akan pernah mengambil risiko lebih dari 3% dari total portofolio pada satu perdagangan saham

Ada banyak trader saham senior. Ada banyak trader yang berani. Tapi tidak pernah ada trader berani yang sudah senior. Utamakan untuk melindungi basis modal Anda sangat penting bagi perdagangan pasar saham yang sukses dari waktu ke waktu.

  • Aturan 3: Saya akan memotong kerugian saya 5% sampai 15% ketika saya salah tanpa pertanyaan

Beberapa trader saham memiliki toleransi kerugian yang lebih rendah. Intinya di sini adalah menetapkan titik (stop loss) dalam batas toleransi Anda untuk kerugian.

Tetap memiliki informasi mendetail tentang kinerja saham Anda dan tetap berpegang pada titik stop loss yang sudah ditetapkan.

  • Aturan 4: Jangan pernah menetapkan target harga

Ini adalah gaya yang memungkinkan Anda mendapatkan hasil maksimal dari kenaikan saham. Cukup biarkan keuntungan berjalan. Secara realistis, Anda tidak pernah bisa memilih titik tertinggi sebuah harga saham.

Jangan pernah berasumsi saham naik terlalu tinggi terlalu cepat. Bersedia untuk memberikan kembali persentase keuntungan yang baik dengan harapan keuntungan jauh lebih besar.

Uang besar dari perdagangan saham dengan pergerakan BESAR yang terkadang bisa ditangkap.

  • Aturan 5: Menjadi Master untuk Satu Gaya

Terus belajar dan menjadi lebih baik dengan metode trading yang menjadi gaya Anda. Jangan pernah melompat dari satu metode trading ke metode trading lainnya.

Kuasai satu metode yang menjadi andalan daripada menerapkan beberapa metode yang tidak dikuasai.

  • Aturan 6: Biarkan harga dan volume menjadi pemandu

Jangan pernah mendengarkan pendapat apapun tentang pasar saham atau saham individu yang sedang Anda pertimbangkan untuk melakukan trading ataupun sudah diperdagangkan. Semuanya tercermin dalam harga dan volume.

  • Aturan 7: Ambillah semua sinyal valid yang muncul

Jangan membuat alasan. Jika sinyal entry sudah muncul, Anda tidak punya alasan untuk tidak memakainya.

  • Aturan 8: Jangan pernah melakukan perdagangan dari intra-day data

Selalu ada variasi harga saham dalam perdagangan saham di hari apapun. Hanya mengandalkan data ini untuk momentum trading dapat menyebabkan beberapa keputusan yang salah.

  • Aturan 9: Luangkan waktu

Sukses trading saham bukan semata-mata tentang perdagangan itu sendiri. Ini juga tentang kekuatan emosional dan kebugaran fisik.

Kurangi stres setiap hari dengan menjauhkan diri dari komputer dan lakukan refreshing. Seorang trader yang stres tidak akan berhasil dalam jangka panjang.

  • Aturan 10: Jadilah seorang trader di atas rata-rata

Agar sukses trading saham, Anda tidak perlu melakukan sesuatu yang luar biasa. Anda hanya perlu melakukan lebih dari apa yang dilakukan rata-rata trader. Trader rata-rata tidak konsisten dan tidak disiplin.

Tanyakan kepada diri sendiri setiap hari, “Apakah saya mengikuti metode saya hari ini?” Jika jawaban Anda tidak, maka Anda berada dalam masalah dan inilah saatnya untuk menyesuaikan diri dengan aturan perdagangan saham Anda.

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.
Loading...