Sukses Berbisnis Sesuai Tipe Kepribadian

0 484

Sebagian besar pakar bisnis atau sumber dari buku tentang bisnis mengatakan, hanya orang-orang tertentu yang mampu menjadi pengusaha. Mereka mengatakan jika Anda ingin menjadi pengusaha, maka Anda harus ramah, berani mengambil risiko, dan mampu menjual. Apakah itu ada benarnya? Mungkin sedikit benar, tetapi lihatlah sekeliling. Mungkin Anda mengenal seorang pengusaha sukses yang suka cemberut, menggerutu, tidak suka menghadapi risiko, atau tidak suka bangun pagi. Mereka bisa menjadi pengusaha jika menemukan bisnis yang sesuai dengan tipe kewirausahaan mereka.

Saat pertama kali membangun bisnis, sebagian besar orang pasti akan memikirkan tentang minat mereka. Misalkan, Anda tertarik dengan benda-benda antik. Apakah itu berarti Anda sebaiknya berjualan benda-benda antik, mengaguminya saja, atau berusaha agar benda-benda tersebut terlihat menarik? Selanjutnya, jika Anda ingin berjualan benda-benda, apakah Anda harus memiliki toko, menjualnya di internet, mencarinya di pasar tradisional lalu memperbaikinya, dan menjualnya di toko-toko? Di sini, minat Anda sudah jelas, tetapi Anda memiliki banyak cara berbeda untuk membangun bisnis berdasarkan minat tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tipe entrepreneur:

  • Penasihat

Banyak orang ingin memperoleh bayaran hanya dengan memberi nasihat. Tetapi untuk untuk bisa menjadi penasihat yang baik, Anda perlu segudang pengalaman atau pendidikan. Jenis-jenis penasihat yang populer di antaranya: pengacara, akuntan, dan perencana keuangan. Namun, banyak penjual yang menganggap diri mereka sendiri sebagai penasihat. Sebagai contoh, mendirikan usaha penasihat keuangan.

  • Perantara

Seorang perantara atau makelar adalah orang yang membantu orang lain dalam menemukan produk atau jasa yang mereka butuhkan. Mereka mungkin mematok biaya beberapa persen dari nilai barang  dari biaya tetap, atau biaya per jam. Agen properti mungkin banyak dikenal sebagai tipe ini. Anda bisa menjadi perantara untuk hampir semua jenis produk atau jasa. Sebagai contoh, Anda bisa menjadi perantara penjualan mobil, barang gadai, usaha bisnis, dll. Jika Anda memiliki keahlian atau minat yang kuat dalam bidang tertentu menjadi perantara adalah salah satu cara murah untuk berbisnis.

  • Pembangun

Salah satu segmen terbesar dari pengusaha adalah pekerja mandiri. Jika Anda termasuk orang yang senang melihat bagaimana proses terbentuknya sesuatu, dan punya keahlian, maka bisnis pembangun mungkin cocok untuk Anda. Contoh tipe seperti ini adalah kontraktor.

  • Pengurus

Semua kelompok masyarakat memerlukan orang yang mampu mengurus, memelihara, dan membantu yang lain. Ini membuka banyak sekali kesempatan bagi orang-orang yang memiliki sifat sabar dan dewasa (mampu mengasuh). Jika Anda tipe orang konsisten dan berkepribadian suka membantu, Anda mungkin termasuk tipe ini.

  • Pencipta

Anda mungkin adalah orang yang punya visi. Para pencipta di sini termasuk desainer grafis, penemu, dan pendiri bisnis. Kreativitas seperti ini seringkali perlu dipadukan dengan jenis usaha lain—jenis usaha yang memiliki kemampuan kuat dalam menjual atau melaksanakan operasi perusahaan—untuk membantu mereka dalam mengubah visi menjadi kenyataan yang menguntungkan.

  • Pemilik

Jika Anda punya uang untuk diinvestasikan, Anda bisa saja memanfaatkan uang tersebut agar menghasilkan uang lebih banyak. Anda bisa berinvestasi di bisnis waralaba. Investasi sekaligus pemilik bisnis. Menjadi pemilik seperti ini memungkinkan Anda menggunakan uang untuk memperoleh uang tambahan tanpa harus masuk kantor tiap hari.

  • Penjual

Jika Anda pandai menjual, Anda tidak akan pernah kelaparan. Para penjual yang handal selalu dibutuhkan dimana saja. Banyak di antara mereka yang mandiri dan bekerja dengan menggunakan sistem komisi. Jika Anda pandai menjual dan bersedia bekerja keras, Anda bisa memperoleh banyak uang dari menjual.

Jadi hampir semua orang bisa menjadi yang sukses. Kuncinya di sini adalah menemukan jenis bisnis yang sesuai dengan kepribadian dan keahlian Anda.

(CAA)

Loading...