Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.149
-0.13%
Rp15.784
-0.04%
Rp18.384
-0.19%
Rp130
-0%
Rp9.728
-0.43%
Rp3.772
-0.13%
Rp2.000
-0.24%
Rp10.400
-0.39%
Rp10.794
-0.28%
Rp14.362
+0.03%
Rp9.067
-0.49%

5 Tips Hemat Anggaran Saat Bulan Madu

0 296

Bulan madu akan selalu menjadi aspek penting dalam setiap rencana pernikahan tidak peduli seberapa ketat anggaran yang disediakan. Sementara, upacara pernikahan adalah puncak dari setiap hubungan, setiap pasangan tentu menginginkan adanya honeymoon.

Setiap pasangan yang akan menikah selalu merasa stres saat mempersiapkan pernikahan. Bahkan, pasangan yang cukup bijaksana dan menggunakan jasa wedding planner tidak akan terbebas dari stres pasca pernikahan.

Hampir semua pasangan akan selalu mempertimbangkan rencana honeymoon mereka sebagai bagian terbaik dari pernikahan.

Bisa dikatakan, honeymoon adalah waktu beristirahat setelah semua stres saat pesta pernikahan.

Ini adalah momen terbaik bagi setiap pasangan untuk terbebas dari kerumunan teman, kerabat, keluarga. Honeymoon adalah waktu bagi pasangan untuk saling mengenal satu sama lain lebih baik dan intim.

Mayoritas pasangan ingin momen honeymoon mereka menjadi indah. Tetapi, di sisi lain selalu ada aspek keuangan yang benar-benar harus dipertimbangkan.

Resepsi pernikahan mungkin menjadi titik fokus dari seluruh persiapan tetapi persiapan itu sendiri membutuhkan anggaran finansial.

Pasangan pengantin harus membayar untuk layanan pernikahan, sewa gedung, kue pengantin, katering dan berbagai biaya lainnya.

Apa yang biasanya terjadi adalah bahwa pasangan menghabiskan terlalu banyak biaya pada persiapan pernikahan dan akhirnya memiliki sedikit dan kadang-kadang tidak ada anggaran untuk bulan madu.

Tetapi, siapa yang mengatakan bahwa pasangan tidak menjalani bulan madu romantis jika mereka tidak memiliki anggaran yang cukup besar?

Momen honeymoon itu sendiri pada dasarnya sudah merupakan momen romantis. Ini saja tidak cukup untuk membuat bulan madu romantis dan berkesan.

Setidaknya ada lima cara untuk membuat bulan madu menjadi momen yang mengesankan, bahkan untuk anggaran yang sedikit atau dihemat.

Setiap pasangan harus mencatat lima tips menghemat anggaran bulan madu tanpa khawatir dengan anggaran yang tak terlalu besar.

1. Manfaatkan jasa Honeymoon Planner

Biasanya, jasa ini ditawarkan oleh beberapa bisnis travel. Melalui mereka, pasangan dapat memilih paket-paket honeymoon yang tersedia.

Adapun, jika anggaran yang tersedia masih tidak sesuai dengan paket yang ada, maka Anda bisa konsultasikan ke penyedia jasa tersebut.

Biasanya, mereka akan menyesuaikan item-item yang ada di paket bulan madu, dengan anggaran yang disediakan oleh Anda.

Dengan menggunakan jasa mereka, Anda bisa menghemat anggaran untuk momen honeymoon yang romantis dan berkesan.

2. Rencanakan momen honeymoon lebih awal

Masukkan momen honeymoon dalam anggaran persiapan pernikahan Anda dan pasangan. Dengan memasukkan dalam anggaran pernikahan, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai promosi yang ditawarkan oleh resort / penyedia paket bulan madu.

Anggaran persiapan pernikahan ini bisa dilakukan satu tahun hingga 6 bulan sebelum hari H pernikahan.

Ini salah satu cara terefektif untuk menghemat pengeluaran Anda melalui perencanaan yang tepat. Biasanya, terdapat banyak promosi yang ditawarkan oleh para pemilik resort ketika dipesan jauh sebelum waktunya.

Banyak yang menawarkan diskon hingga 50% untuk paket bulan madu yang dipesan 6 bulan sebelumnya.

Dengan adanya promosi ini, pasangan tidak akan hanya dapat menghemat keuangan mereka, tetapi juga akan dapat merencanakan jadwal bulan madu mereka di tepat waktu.

3. Cari homestay yang murah di pulau wisata

Jika rencana honeymoon Anda ke pulau-pulau wisata seperti Lombok, Bali, atau bahkan Papua, maka opsi menginap di homestay sangat direkomendasikan.

Alih-alih menyewa kamar hotel bintang empat atau lima, tinggal di homestay rumah-rumah penduduk di sekitar tempat wisata bisa jadi salah satu alternatif terbaik untuk menghemat anggaran.

Pada umumnya, akomodasi di homestay ini jauh lebih murah tarifnya dibandingkan hotel. Bahkan, homestay ini bisa menyediakan paket bulan madu yang tak kalah romantis dibandingkan jasa hotel.

Lakukan riset terlebih dahulu terhadap paket homestay yang ditawarkan. Bandingkan beberapa homestay tersebut, mana yang jauh lebih hemat dengan tawaran paket honeymoon yang tak jauh berbeda.

Riset dan cari paket bulan madu murah untuk menghemat anggaran
Riset dan cari paket bulan madu murah untuk menghemat anggaran

4. Backpacking di alam untuk momen bulan madu? Kenapa gak!

Pasangan suami istri yang mencintai alam bebas (outdoor activities) bisa melakukan petualangan alam sebagai momen honeymoon mereka.

Anda dan pasangan bisa menikmati indahnya alam, bintang dan bulan di malam hari, sebagai saksi indahnya momen honeymoon. Bahkan, itu bisa dilakukan di atas puncak gunung. Sangat romantis, bukan?

Ini bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk menghemat biaya bulan madu daripada harus menghabiskan jutaan rupiah untuk hotel atau tempat wisata yang sudah populer.

5. Rencanakan bulan madu di off-season.

Banyak tempat wisata dengan fasilitas bulan madu yang menawarkan diskon besar-besaran bagi pasangan yang berkunjung diluar waktu puncak liburan.

Biasanya, waktu-waktu liburan panjang, liburan lebaran atau Natal, liburan tahun baru, dan lain sebagainya, itu adalah waktu puncak bagi bagi tempat-tempat wisata.

Di waktu-waktu ini, biaya akan naik dua hingga tiga kali lipat dari waktu-waktu biasa. Selain biaya yang mahal, faktor privasi juga menjadi pertimbangan.

Anda tentu tak ingin melewatkan momen berdua dengan pasangan, dengan hiruk-pikuk para wisatawan lainnya bukan?

Itulah kelima tips penting untuk menghemat anggaran untuk momen bulan madu Anda dan pasangan. Anda punya tips lainnya?

Loading...