Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Rp14.105
-0%
Rp15.537
+0.04%
Rp17.590
+0.01%
Rp131
0%
Rp9.548
0%
Rp3.759
0%
Rp1.989
0%
Rp10.248
-0.03%
Rp10.637
-0.02%
Rp14.231
+0.01%
Rp8.827
0%

Pengertian Letter of Credit (LC) dan Penjelasannya

0 368

Dalam transaksi perdagangan, terutama perdagangan internasional dikenal istilah Letter of Credit, apa itu? Bagaimana penjelasan lebih lanjut tentang Letter of Credit (LC) ini? Berikut pengertian Letter of Credit (LC) dan penjelasan singkat mengenai surat kredit tersebut.

Pengertian Letter of Credit

Surat kredit atau letter of credit adalah surat dari bank yang menjamin bahwa pembayaran pembeli kepada penjual akan diterima tepat waktu dan untuk jumlah yang benar.

Jika pembeli tidak dapat melakukan pembayaran atas pembelian tersebut, bank akan diminta untuk menutupi keseluruhan atau jumlah pembelian yang tersisa. Karena sifat hubungan internasional, termasuk faktor-faktor seperti jarak, hukum yang berbeda di setiap negara, dan kesulitan untuk mengetahui masing-masing pihak secara pribadi, penggunaan letter of credit telah menjadi aspek yang sangat penting dalam perdagangan internasional.

Penjelasan Tentang Letter of Credit

Karena letter of credit biasanya instrumen keuangan yang dapat dinegosiasikan, bank penerbit membayar beneficiary atau bank yang ditunjuk oleh penerima manfaat. Jika surat kredit dapat dialihkan, penerima manfaat dapat menugaskan entitas lain, seperti induk perusahaan atau pihak ketiga, hak untuk menarik manfaat tersebut.

Membiayai Letter of Credit

Bank biasanya memerlukan jaminan sekuritas atau uang tunai sebagai jaminan untuk menerbitkan letter of credit. Bank juga mengumpulkan biaya untuk layanan, biasanya persentase dari besaran letter of credit. (Baca Lebih Lanjut: Surat Perjanjian Kredit L/C)

Biasanya, institusi seperti Bea Cukai yang dikhususkan untuk dokumentasi kredit bertugas mengawasi surat kredit yang digunakan dalam transaksi internasional.

Contoh Letter of Credit

Citibank menawarkan letter of credit untuk pembeli di Amerika Latin, Afrika, Eropa Timur, Asia dan Timur Tengah yang mungkin mengalami kesulitan memperoleh kredit internasional sendiri.

Surat kredit Citibank membantu eksportir meminimalkan risiko negara importir dan risiko kredit komersial dari bank penerbit. Surat kredit biasanya diberikan dalam dua hari kerja, menjamin pembayaran oleh cabang Citibank yang mengkonfirmasinya. Manfaat ini sangat berharga bila klien berada di lingkungan ekonomi yang berpotensi tidak stabil.

Jenis Letter of Credit

Surat kredit komersial adalah metode pembayaran langsung dimana bank penerbit melakukan pembayaran kepada penerima manfaat. Di sisi lain, standby letter of credit merupakan metode pembayaran sekunder dimana bank membayar beneficiary (penerima manfaat) hanya jika pemegangnya tidak dapat melakukan hal tersebut.

Sebuah surat kredit memungkinkan pelanggan membuat sejumlah hasil imbal dalam batas tertentu selama jangka waktu tertentu. Surat kredit ini menjamin bank penerbit akan menghormati draf yang dibuat di bank asing tertentu.

Sebuah surat kredit melibatkan bank selain bank penerbit yang menjamin letter of credit. Bank kedua adalah bank yang mengkonfirmasi, biasanya bank penjual.

Bank yang mengonfirmasikan memastikan pembayaran di bawah letter of credit jika bank pemegang dan bank penerbitnya default. Bank penerbit dalam transaksi internasional biasanya meminta pengaturan ini.

Itulah sekilas tentang pengertian letter of credit dan penjelasan tentang hal tersebut. Sebagai tambahan wawasan, berikut artikel dari Wikipedia.

Artikel Terjemahan dari www.investopedia.com

Loading...
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.