Partner Informasi Investasi, Bisnis dan Keuangan
Bitcoin (BTC)
Rp52.003.000
+4.13%
Ethereum (ETH)
Rp1.373.399
0%
Litecoin (LTC)
Rp373.434
DigitalCash (DASH)
Rp1.089.983
Monero (XMR)
Rp688.520
Nxt (NXT)
Rp427
Ethereum Classic (ETC)
Rp57.255
Dogecoin (DOGE)
Rp30
ZCash (ZEC)
Rp876.251
Bitshares (BTS)
Rp555
DigiByte (DGB)
Rp141
Ripple (XRP)
Rp4.530
0%
BitcoinDark (BTCD)
Rp130.633
PeerCoin (PPC)
Rp8.404
CraigsCoin (CRAIG)
Rp10

4 Langkah Menuju Kesuksesan Finansial Pribadi

0 255

Kesuksesan finansial sangat jarang merupakan hasil dari satu peristiwa yang menentukan dalam kehidupan seseorang. Sebaliknya, ini lebih mungkin hasil dari kebiasaan perencanaan uang yang teratur selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun. Ini tidak rumit: orang bisa meraih kesuksesan finansial dengan menunjukkan beberapa perilaku cerdas.

Berikut adalah empat langkah cerdas untuk membantu Anda mencapai kesuksesan finansial:

1. Disiplin dan Komitmen terhadap Tujuan Keuangan Anda

Kesuksesan finansial jangka panjang tidak terjadi dalam semalam. Sebenarnya, kesuksesan finansial yang mantap biasanya dampak dari berdisiplin dengan uang Anda dan berkomitmen pada tujuan keuangan Anda.

Mencapai tujuan keuangan, mirip dengan mencapai tujuan kesehatan jasmani, terjadi saat Anda berkomitmen pada rencana tindakan dan menaatinya.

Ini akan membutuhkan waktu di mana Anda mengatakan tidak pada jenis pengeluaran tertentu untuk memprioritaskan sasaran yang lebih besar.

Jika menyangkut uang Anda, ini adalah permainan zero-sum. Setiap rupiah yang dihasilkan hanya bisa dibelanjakan atau disimpan, yang berarti Anda hanya dapat mengalokasikan satu tujuan pada satu waktu.

Anda harus tetap berpegang pada perencanaan keuangan yang telah dibuat dan membuat pilihan yang lebih cermat. Jika terasa berat, itulah karakter dasarnya. Jika disiplin keuangan itu mudah, semua orang bisa melakukannya.

2. Kesabaran dalam Berinvestasi

Kesabaran adalah perilaku kunci yang sukses secara finansial. Mengapa? Karena saat Anda sabar dan tetap berpegang pada rencana investasi, Anda bisa memicu keuntungan terbesar sebagai investor dari portofolio investasi Anda.

Salah satunya adalah bunga majemuk. Meskipun bunga majemuk membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan keuntungan nyata. Ini tidak terjadi dalam semalam. Sebenarnya, rupiah Anda mulai tumbuh secara eksponensial setelah tahun 35 dan 40. Itu adalah waktu yang lama untuk berinvestasi dan naik naik turunnya pasar. Tapi itu sangat berharga.

3. Motivasi Mencapai Kemandirian Keuangan

Seiring dengan disiplin dan sabar, jalan menuju kesuksesan finansial dipenuhi oleh individu termotivasi yang antusias untuk mencapai visi mereka untuk kebebasan finansial. Motivasi adalah karakteristik yang akan membantu Anda terus maju bahkan ketika jalur keuangan Anda pasti terkena dampak oleh jalan memutar yang tak terduga.

Kejadian negatif seperti hilangnya pendapatan atau penyakit dapat mempengaruhi keuangan pribadi Anda, bahkan saat Anda siap dengan dana darurat atau cakupan asuransi yang memadai.

Peristiwa positif seperti kelahiran anak atau kebutuhan untuk pindah dengan pekerjaan baru atau promosi juga dapat menciptakan tantangan bagi kecepatan di jalan menuju kesuksesan finansial.

Jalan menuju tujuan keuangan Anda tidak akan menjadi garis lurus. Ini akan diisi dengan rintangan dan bahkan beberapa langkah mundur. Namun, tetap termotivasi untuk mencapai tujuan keuangan Anda dan membuat penyesuaian yang diperlukan untuk langkah Anda sepanjang jalan dapat membantu mencapai kesuksesan finansial jangka panjang yang dicari.

4. Tetap Tenang

Dunia investasi, terlepas dari apa yang Anda lihat di TV atau media massa, adalah tempat untuk kompromi dengan ketenangan, bukan keputusan tentang emosi. Ini bisa menjadi pelajaran yang sulit bagi beberapa orang untuk belajar, terutama mereka yang bergairah secara alami. Tapi tidak ada yang lebih penting bagi kesuksesan finansial Anda daripada menjalankan pengambilan keputusan yang obyektif.

Pasar akan tetap mengalami fluktuasi, apakah Anda menginginkannya atau tidak. Jadi, Anda harus bersiap untuk tetap mengikuti kursus sampai menjadi stabil lagi. Hal yang sama berlaku saat lonjakan mendadak terjadi. Penting untuk tidak bertindak secara reaksioner terhadap salah satu dari kondisi ini.

Tetap tenang dan percaya diri tidak peduli apa yang terjadi dan Anda akan memaksimalkan kesuksesan untuk jangka panjang.

Saat ketidaktenangan datang, orang merasa tidak aman mengenai keuangan mereka dan menginginkan kepuasan instan sehingga mereka dapat mengejar keuntungan dan mencoba untuk menilai pasar sehingga seringkali terjadi salah langkah.

Memenangkan Perilaku Keuangan Menuju Tujuan Anda

Ini adalah dunia yang tidak pasti, terutama bila menyangkut masalah keuangan. Wajar jika mengalami keraguan dan ketakutan saat mempertimbangkan masa depan keuangan Anda. Seharusnya kegelisahan ini tidak harus memaksa Anda membuat keputusan yang buruk. Dengan mengikuti panduan 4 langkah ini untuk memenangkan perilaku keuangan, Anda lebih dekat untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Artikel Terjemahan dari 4 Steps to Financial Independence oleh Paul Sydlansky, CFP

Loading...

Sumber www.investopedia.com
Berlangganan Newsletter!
Berlangganan Newsletter!
Daftarkan email Anda disini dan dapatkan informasi terbaru dari kami langsung ke email Anda.
Anda dapat membatalkan langganan kapanpun.

Website ini menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman Anda. Klik "Terima" untuk menyetujui kebijakan ini. Terima Baca Detail